3 Manfaat Sedekah Subuh, Hanya Sedikit Orang Yang Tahu

https://berbagiberkah.org/blog/sedekah-subuh-di-rumah-sendiri

Keistimewaan bersedekah di waktu subuh yaitu malaikat yang turun ke bumi akan langsung mendo’akan orang yang bersedekah tersebut. Sedekah subuh memiliki banyak manfaat, salah satunya terdapat dalam hadits berikut :       

Abu Hurairah RA berkata, Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan yang satu lagi berdoa “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Bukhari).

Bagaimana supaya kita senantiasa melakukan sedekah ?

Petama, dengan mengetahui betapa dahsyatnya manfaat dari bersedekah. Bahkan tidak sedikit ayat maupun hadits yang menerangkan tentang sedekah dan keutamaannya. Tidak sedikit hadits nabi Muhammad SAW yang menjelaskan bahwa orang yang bersedekah akan terhindar dari bala, dilipatgandakan rezekinya, hingga dijauhkan penyakit-penyakit. Manfaat sedekah tidak hanya dirasakan oleh penerima sedekah saja, namun pemberi sedekah juga merasakan manfaatnya.

Kedua, sedekah dapat menjadi terobosan yang tepat untuk mengentaskan kesenjangan sosial, memperbaiki perekonomian, dan meminimalisir angka kriminalitas yang tinggi di negeri ini.

Manfaat sedekah bagi pemberi sedekah di antaranya adalah sebagai lantaran Allah dalam menyembuhkan penyakit yang sedang diderita oleh pemberi sedekah, menghapus dosa, menambah rezeki, menghindarkan dari api neraka, memperoleh pahala yang besar dari Allah, serta dikabulkannya doa yang dipanjatkan oleh pemberi sedekah.

Namun dalam kitab Washiyatul Mushthofa di jelaskan ada 3 manfaat sedekah subuh, yakni :

1. Dapat Menolak Bala

“Wahai Ali, sedekah dengan cara tak diperlihatkan pada orang lain itu bisa memadamkan kemarahan Allah, dan bisa menarik berkah serta rezeki yang banyak. Wahai Ali, bersegeralah (pagi-pagi sekali) untuk bersedekah, karena sesungguhnya bala itu turun sebelum pagi buta. Maka dengan sedekah itu menolak qadha buruk di udara.”

2. Bersedekah meski sedikit maka itu lebih di cintai Allah

“Wahai Ali, jika kamu bersedekah maka sedekahlah dengan harta yang terbaik yang ada padamu. Karena sesungguhnya sedekah sesuap dengan harta yang halal itu lebih disenangi Allah SWT dari pada 100 mitsqal(100 dinar) dari barang yang haram, atau sedekah yang kamu berikan sebelum mati itu lebih utama daripada 100 mitsqal(100 dinar) yang diberikan setelah kamu mati.”

3. Bersedekah untuk orang yang sudah meninggal, maka akan membuat bahagia orang yang meninggal

“Wahai Ali, bersedekah lah engkau untuk orang-orang yang telah mati. Maka sesungguhnya Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk menyampaikan sedekahnya orang yang hidup kepada orang-orang yang telah mati. Sehingga orang-orang yang telah mati itu bahagia, bahkan lebih bahagia daripada ketika di dunia. Dan orang-orang yang mati itu berdo’a : Ya Allah ampunilah untuk orang yang menerangi kubur kami. Dan berikanlah kebahagiaan padanya dengan surga seperti dia telah membahagiakan kami dengan sedekahnya.”

Penjelasan diatas juga menjadi penguat bahwa bersedekah dengan niat supaya pahala sedekahnya untuk orang yang meninggal sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah SAW. 

Mengapa waktu subuh dipilih menjadi waktu yang istimewa untuk melakukan sedekah ?

Karna keutamaan sedekah subuh adalah saat sedekah dilakukan, malaikat akan mendoakan kepada Allah supaya diganti, sebaliknya, yang kikir didoakan supaya dibinasakan. Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Setiap pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satunya berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata ‘Ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah). 

Banyak cara sedekah subuh yang bisa kamu lakukan di rumah untuk memperoleh manfaat sedekah dari Allah SWT.

Mari rasakan manfaat sedekah subuh dengan menunaikan sedekah subuh Anda melalui rekening berikut :

 Bank Muamalat : 5310079232
 BSI : 38 151 62700 / 709 881 1995
 BPD DIY Syariah : 804 211 000044
 BRI : 01 034618 53 1

One comment

  1. […] yang bersifat sosial. Sedekah subuh dimulai sejak adzan subuh sampai terbit fajar. Oleh karena itu manfaat sedekah subuh sangat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *