Keutamaan Sedekah Subuh Yang Luar Biasa

keutamaan sedekah subuh

Sedekah merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan bagi seorang muslim yang memiliki harta lebih. Sedekah merupakan hak Allah berupa harta yang diberikan oleh si kaya kepada yang berhak menerimanya. Adapun mengeluarkan sedekah kapan saja itu lebih dianjurkan. Karena adanya keutamaan sedekah subuh yang luar biasa sehingga  dianjurkan dari al-Qur’an dan Hadits untuk mengeluarkan sedekah tidaklah terikat.

Bersedekah kepada keluarga yang paling memusuhi adalah lebih utama. Memberikan sedekah secara sirri (sembunyi – sembunyi) lebih afdhol daripada memberikan secara terang – terangan. Keluarga jauh hendaklah didahulukan dari pada tetangga yang bukan keluarga. Sebab, sedekah juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan silaturrahim. Dan diharamkan menyebut -nyebut nama orang yang menerima sedekah darinya, sehingga bisa menyakiti perasaan orang tersebut atau dengan berbuat riya’. Sebagaimana pada firman oleh Allah SWT surat Al-Baqarah ayat 264.

Redaksi sedekah subuh tidak tercantum dalam Al-Qur’an. Namun, banyak ulama yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan sedekah di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum terbit fajar. Sedekah di waktu subuh memiliki keutamaan luar biasa dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Disaat sebagian orang masih terjaga dalam lelapnya, kamu sudah sibuk meraih ridha Allah SWT dengan bersedekah. Tidak hanya berupa uang, sedekah subuh bisa dilakukan dengan berdzikir, membagi makanan, mengajar ngaji, atau melakukan kebajikan lain yang bersifat sosial. Sedekah subuh dimulai sejak adzan subuh sampai terbit fajar. Oleh karena itu manfaat sedekah subuh sangat dahsyat.

Zaman sekarang gerakan sedekah subuh telah menjadi gerakan yang masif dilakukan khususnya muslim di perkotaan. Tentu gerakan ini sangat baik untuk dilakukan, karna sedekah subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Keutamaan sedekah subuh bisa kita dapatkan dengan menerapkan cara sedekah subuh di rumah sehingga bisa menjadi mudah dan bisa dilakukan secara rutin. Dan berikut keutamaan sedekah subuh yang luar biasa untuk diketahui.

Keutamaan Sedekah Subuh

Rosulullah saw menjelaskan bahwa salah satu keutamaan sedekah subuh adalah terhindar dari musibah. Rasulullah bersabda yang artinya: “Segeralah untuk bersedekah se pagi mungkin, karena musibah tidak bisa melangkahi sedekah.”

Imam Abdurrauf Al-Manawi dalam salah satu kitab haditsnya menjelaskan bahwa hadits diatas merupakan anjuran untuk berbuat baik di waktu subuh. Beliau mengibaratkan bahwa sedekah dan musibah itu ibarat dua anak panah yang berbeda. Dari ibarat ini, bisa diilustrasikan apabila sedekah dan musibah ini sudah siap dilepaskan. Maka apabila sedekah meluncur terlebih dahulu maka musibah tidak akan bisa mengejar. Oleh karena itu, upaya terbaik untuk mencegah bencana adalah dengan sedekah subuh. Selain itu, sedekah juga mencegah dari musibah, salah satu keutamaan sedekah subuh adalah didoakan malaikat agar diberi kelimpahan harta. Bukankah suatu kebaikan yang tidak tertandingi apabila dido’akan malaikat.

Rasulullah bersabda yang artinya: “Tidak ada dari setiap pagi (subuh) hari yang dialami oleh hamba-hamba di dalamnya, kecuali terdapat dua malaikat yang turun. Malaikat satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang bersedekah.’ Sedangkan malaikat satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” [HR. Muslim]

Dengan melakukan sedekah subuh dengan istiqomah yakni dengan cara sedekah subuh di rumah, maka akan terhindar dari segala kemalangan dan kematian yang buruk (su’ul khotimah). Kematian mendadak juga bisa dicegah dengan bersedekah secara rutin. Nabi bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi)

Demikian keutamaan sedekah subuh yang luar bisa untuk diketahui. Semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah untuk bisa bersedekah subuh sesering mungkin. Yuk tunaikan sedekah anda subuh tanpa ribet hanya dengan melalui :

 Bank Muamalat      : 5310079232
 BSI                             : 38 151 62700 / 709 881 1995
 BPD DIY Syariah     : 804 211 000044
 BRI                             : 01 034618 53 1

One comment

  1. arsehole says:

    arsehole

    Keutamaan Sedekah Subuh Yang Luar Biasa – Challenging Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *