Cara Mempromosikan Produk Makanan Secara Online

cara mempromosikan produk makanan

Marketing merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberhasilan suatu bisnis. 

Cara Mempromosikan Produk Makanan #1 Run Brand Awareness Ads

Jalankan iklan yang membangun brand awareness perusahaan Anda. Hal ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cepat. Dengan menjalankan iklan ini, Anda bisa membangun brand awareness dan produk Anda kepada pembeli yang tertarget, sehingga potensi untuk closing tinggi.

Jalankan iklan brand awareness seputar produk makanan Anda di Facebook, Instagram, Tiktok untuk menjangkau target audiens Anda. Saat menjalankan iklan ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Paparkan cita rasa produk Anda
  • Fokus pada value produk dan mengapa konsumen harus membelinya?
  • Perhatikan value proposition Anda.
  • Tampilkan produk Anda di iklan, tidak hanya kemasannya saja.

Jika Anda ingin audiens baru untuk melihat berbagai produk, Anda bisa menyiapkan katalog produk untuk memberi kemudahan audiens melihat lebih banyak produk yang Anda tawarkan.

Cara Mempromosikan Produk Makanan #2 Share Konten Anda di Pinterest

Banyak brand yang bisa memperoleh transaksi melalui aktivitas organic di Pinterest. Banyak bisnis yang share foto produk mereka sehingga konsumen dengan minat yang relevan bisa dengan mudah menemukannya di platform, mengikuti mereka, dan bahkan membeli produk mereka. 83% pengepin pekanan melakukan pembelian berdasarkan konten yang mereka lihat dari brand di Pinterest.

Anda bisa memulai menggunakan pinterest sebagai salah satu pemasaran dengan tips sebagai berikut:

  • Instal aplikasi Pinterest. Anda dapat dengan mudah menyambungkan katalog produk Anda ke Pinterest dengan ini.
  • Bagikan foto pelanggan yang menggunakan produk Anda. Bukti sosial ini adalah pemberi pengaruh yang kuat bagi audiens baru yang sedang mempertimbangkan produk Anda.
  • Bagikan konten berbasis gaya hidup. Misalnya, jika Anda adalah merek yang mengutamakan kesehatan, Anda dapat membagikan kiat kesehatan. Atau, jika merek Anda terkenal dengan harganya, Anda dapat membagikan ide makanan ramah anggaran.
  • Bagikan resep yang dapat dibuat audiens menggunakan produk Anda. Manfaat ganda ini pasti membuat pembeli ingin mencoba produk Anda.

Cara Mempromosikan Produk Makanan #3 Menjalin Hubungan Baik kepada Audiens Menggunakan Instagram

Berikut beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai mempromosikan bisnis makanan Anda di Instagram:

  • Instal aplikasi Facebook untuk memasang katalog produk Anda di Instagram bisnis Anda.
  • Jangan hanya memposting gambar produk! Tunjukkan bagaimana produk Anda dimakan melalui video yang menunjukkan resep.
  • Bagikan konten yang dibuat pengguna dan dorong pelanggan Anda untuk membagikan produk mereka dengan tagar unik.
  • Tambahkan tagar ke postingan Anda yang sejalan dengan apa yang Anda promosikan. Anda dapat merencanakan tagar Anda dengan lebih baik dengan melihat apa yang diikuti audiens target Anda.
  • Padukan format Anda dan poskan video, Reel, dan cerita.
  • Terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar, menyelenggarakan acara langsung, dan bahkan menyiapkan tantangan.

Cara Mempromosikan Produk Makanan #4 Buat Konten Melalui Blogging

Blogging untuk bisnis makanan terlihat sedikit berbeda. Berikut sedikit panduan untuk membantu Anda mengetahui strategi pemasaran konten Anda:

Rencanakan topik blog Anda dengan melihat minat pembeli Anda. Misalnya, jika Anda adalah merek yang sehat, pembeli Anda mungkin tertarik dengan resep makanan sehat atau mereka mungkin lebih cenderung membaca tentang perubahan gaya hidup atau olahraga.

Anda dapat melakukan wawancara atau survei pelanggan untuk memahami apa yang mereka sukai. Anda juga dapat membuat berbagai jenis konten dan menganalisis kinerjanya setelahnya.

Jangan hanya terpaku pada konten tertulis. Anda juga dapat membuat video dan mengunggahnya di Youtube. Karena Google mengindeks video, memberi peringkat untuk kata kunci yang relevan menjadi mudah.

Nah itu tadi cara mempromosikan produk makanan yang bisa Anda aplikasikan dalam bisnis Anda, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *