http://resepicoklat.com/usaha-rumahan-sosis-bakar/

Budidaya Ikan Lele Di Rumah Beserta Langkah-Langkahnya

Budidaya ikan lele di rumah beserta langkah-langkahnya – Dari pada hanya mengonsumsi ikan lele saja, ada baiknya Anda membudidaya ikan lele sendiri di rumah. Ikan lele memiliki serat yang baik untuk menjaga kesehatan. Karena ikan lele kaya akan protein dan fosfor, sehingga ikan ini layak untuk dikonsumsi. Kini banyak yang membuka warung pecel lele, justru hal ini bisa Anda manfaatkan menjadi peluang bisnis. Peluang yang ada bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Bisnis budidaya ikan lele ini merupakan jenis usaha ternak dan penangkaran yang tak luput oleh waktu, karena banyaknya permintaan ikan lele yang tergolong sangat tinggi setiap harinya. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang bisa hidup dimanapun, sekalipun hidup didalam lumpur. Kalau usaha pertenakan lain yang memerlukan tanah yang cukup besar. Justru berbeda dengan bisnis lele ini yang tergolong jauh lebih mudah dan praktis.

Budidaya Ikan Lele Di Rumah Beserta Langkah-Langkahnya

Budidaya ikan lele di rumah
Budidaya Ikan Lele Di Rumah Beserta Langkah-Langkahnya

Ada beberapa media untuk Anda yang ingin melakukan budidaya ikan lele di rumah tanpa harus memakan tempat yang dalam jumlah besar. Bisnis ini berbeda dengan usaha rumahan sosis bakar. Berikut ini media budidaya ikan lele yang bisa Anda perhatikan:

1. Kolam Terpal

Ikan lele memang bisa hidup dimana saja, tak kecuali hidup di dalam kolam terpal yang berukuran besar. Penggunaan kolam terpal ini termasuk, kolam terpal yang tidak perlu memakan tempat yang berbasis tanah. Cukup saja membeli kolam portabel lalu ikan lele sudah siap untuk dibudidayakan dengan baik. Kolam terpal ini akan sangat cocok, apabila rumah Anda memiliki halaman yang lumayan besar, dengan target produksi ikan yang sangat banyak.

2. Drum Air

Kalau rumah Anda memiliki halaman rumah yang tidak terlalu besar, penggunaan drum air ini bisa untuk dijadikan budidaya ikan lele di rumah yang dimanfaatkan dengan baik. Di dalam drum air ini, ikan lele nantinya akan tumbuh dengan cepat dan bergerak kencang dalam proses perkembangannya. Anda tidak perlu khawatir dalam pemakaian drum air ini. Karena drum air ini merupakan salah satu media yang dapat menguntungkan dengan hasil masksimal.

3. Kolam Ikan Lele Untuk Ternak Ikan Lele Di Rumah

Ikan lele memiliki sifat yang bisa hidup dimana saja, membuat kolam ikan sendiri bisa menjadi pundi-pundi uang dalam budidaya ikan lele ini. Untuk tahapannya sangat mudah, Anda pun bisa menguras air terlebih dahulu. Kemudian kolam ini siap dijadikan proses penangkaran ikan lele. Penggunaan kolam ikan rumah ini merupakan salah satu hal yang sangat umum untuk berbisnis di dunia perikanan.

Cara Budidaya Ikan Lele Di Rumah Beserta Langkah-Langkahnya

Setelah Anda mengetahui jenis media dan budidaya kolam ikan lele yang bisa Anda pilih dan dilakukan di rumah. Kali ini ada beberapa tahapan dalam cara budidaya ikan lele di rumah. Berikut ini prosesnya:

1. Cara Mengisi Media Kolam 

Setelah Anda menentukan media kolam yang akan digunakan, langkah selanjutnya isi kolam menggunakan air yang bersih dengan permukaan setinggi 20-30 cm. Diamkan air pada media kolam tersebut selama 7-10 hari untuk pembentukan lumut dan fitoplankton. Setelah itu, tambahkan air ke permukaan sekitar 80-90 cm. Kalau air telah siap untuk digunakan, tambahkan sedikit beberapa riasan daun pepaya dan singkong untuk mengurangi bau air kolam.

2. Memilih Bibit Unggul Ikan Lele

Untuk pemilihan bibit ikan lele tidak boleh asal-asalan, oleh karena itu pilihlah bibit ikan lele yang unggul sehat dan berukuran besar. Umumnya dalam pemilihan bibit ikan lele yang unggul, memiliki ciri dari bibit ikan lele unggul yang bergerak cenderung agresif dan memiliki warna yang sedikit terang.

3. Penebaran Bibit Ikan Lele

Sebelum menebar bibit ikan lele, Anda pisahkan terlebih dahulu jenis lele yang berukuran kecil dan besar. Hal ini bertujuan supaya ikan lele tidak saling memakan satu sama lain, mengingat ikan lele yang bersifat kanibal. Yang harus Anda perhatikan adalah menebar bibit ikan lele tidak secara bersamaan, akan tetapi harus dalam proses bertahap agar ikan lele tidak stres dan mati.

Sebaiknya, gunakan ember yang berbeda untuk memasukkan bibit ikan lele ke dalam media kolam, pada saat penebaran memiliki waktu yang baik. Yaitu pada saat malam hari.

4. Pemeliharaan Ikan Lele

Setelah ikan lele berumur kurang dari 20 hari, Anda harus melakukan penyortiran dan memisahkan jenis ikan lele pada kolam atau drum air yang berbeda. Kualitas air yang bagus untuk ikan lele yaitu berwarna hijau alami, karena kemampuannya untuk hidup di dalam lumpur. Kalau air sudah terlihat kemerah-merahan, tandanya ikan lele siap untuk dipanen.

Pastikan jika tinggi permukaan kolam ikan lele atau drum air dalam posisi rata-rata air, yaitu maksimal 80cm. Ikan lele juga harus diberi pakan tiga kali sehari, yaitu pada saat jam 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam.

5. Panen Ikan Lele

Anda sudah bisa memanen ikan lele jika sudah berusia kurang lebih 90 hari dari masa pada saat penebaran bibit ikan lele. Pastikan Anda mengambil ikan lele dengan menggunakan sarung tangan atau jaring yang berukuran besar, dan pastikan Anda mengambil ikan lele yang berukuran besar. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *