Berbagai Jenis Pelet Ikan Untuk Mengacu Pertumbuhannya

Berbagai Jenis Pelet Ikan Untuk Mengacu Pertumbuhannya

Berbagai jenis pelet ikan untuk mengacu pertumbuhannya – Pelet ikan adalah pakan yang diberikan untuk ikan. Yang diberi untuk memenuhi asupan gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh ikan. Jadi pemberian pakan ikan tidak dilakukan secara sembarangan. Mungkin bagi pembudidaya ikan yang pemula, masih kebingunan mengenai pemberian pakan atau pelet ikan yang sesuai dengan umur dan ukuran tubuh ikannya. Pelet ikan sendiri termasuk pakan ikan buatan yang diproduksi dari pabrik.

Pelet ikan dibuat dari berbagai jenis macam komposisi bahan seperti tepung ( tepung ikan, tepung keledai, tepung terigu ), dedak halus, vitamin, bungkil kelapa, bekatul, garam mineral dan berbagai jenis bahan pelengkap lainnya. Secara umum, pelet ikan tergolong dalam dua jenis yaitu pelet ikan terapung dan tenggelam. Setiap jenis pelet memiliki kegunaan dan mengandung manfaat protein yang berbeda-beda.

Berbagai Jenis Pelet Ikan Untuk Mengacu Pertumbuhannya

Berbagai Jenis Pelet Ikan Untuk Mengacu Pertumbuhannya
Berbagai Jenis Pelet Ikan Untuk Mengacu Pertumbuhannya

Pelet ikan saat ini sedang banyak dicari atau digunakan oleh pembudidaya ikan. Usaha pelet ikan ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Namun pada dasarnya pelet ikan memiliki dua jenis yang paling umum digunakan oleh budidaya ikan, yaitu pelet ikan terapung dan tenggelam. Setiap pelet ikan memiliki kegunaan dan manfaat kandungan protein yang berbeda untuk mengacu pada pertumbuhan ikan. Dalam pembuatan pelet ikan ini membutuhkan modal yang lumayan banyak, berbeda dengan modal jualan sosis goreng di rumah. Berikut ini dua jenis pelet ikan:

Pelet Terapung

Sesuai dengan namanya, pelet ikan jenis terapung ini akan mengambang di permukaan kolam setelah ditebar. Kelebihan pada pemberian pelet ikan terapung ini, mudah mengontrol jumlah pemberian pakan ikan. Jadi untuk pemberian pakannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda tau pakan mana yang termakan atau tidaknya. Umumnya, formulasi pelet ikan lebih komplit serta sesuai dengan kebutuhan ikan sehingga pertumbuhan ikan akan lebih optimal.

Untuk harga jenis pelet ikan terapung ini lebih mahal dibandingkan dengan pelet ikan tenggelam. Pelet ikan terapung memiliki bentuk ukuran yang bervariasi dari mulai bentuk serbuk sampai berbentuk butiran. Protein yang terkandung pada pelet terapung ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pelet tenggelam. Maka, pelet yang mengandung protein yang tinggi memiliki harga jual lebih mahal.

Jadi umumnya, para pembudidaya ikan akan mengkombinasikan pelet terapung dan pelet tenggelam untuk diberikan pada ikan budidaya. Pada fase benih ikan, benih tersebut harus diberikan pakan atau pelet yang mengandung protein yang tinggi, jika dibandingkan dengan fase pembesaran ikan. Karena, benih ikan akan lebih membutuhkan asupan gizi atau protein yang tinggi dibandingkan dengan ikan yang sudah besar.

Oleh karena itu, pemberian pakan atau pelet harus memiliki kandungan protein yang tinggi untuk benih ikan. Maka pelet tersebut akan mengacu pada pertumbuhan dan perkembangan ikan.

Pelet Tenggelam

Seperti penjelasan diatas mengenai pelet terapung, pelet tenggelam ini memiliki protein yang lebih rendah dibandingkan dengan pelet ikan terapung. Jadi, tak heran lagi jika para pembudidaya banyak memberikan pelet tenggelam pada saat memasuki musim masa pemanenan. Pada saat pemberian pelet ikan, pelet tenggelam ini akan melayang dalam air beberapa saat. Kemudian pelet ini akan jatuh ke dasar kolam ikan.

Jenis-Jenis Pelet Ikan Yang diberikan Untuk Benih Atau Bibit Ikan

1. PF 500

Deskripsi produk PF 500:

  • Memiliki ukuran pakan sekitar 0,5-0,7 mm
  • Cocok diberikan untuk ikan yang berkonsumsi panjang tubuhnya sekitar 2-3 cm, dan juga untuk ikan hias seperti ikan cupang, guppy dan jenis ikan hias lainnya.

Komposisi Prima Feed atau PF 500:

  • Protein min 39-41%, lemak min 5%
  • Abu max 11%, kadar air max 10%, dan serat max 4%.

Kelebihan Prima Feed 500:

  • Memiliki komposisi dari bahan yang berkualitas
  • pakan yang aman untuk dikonsumsi  untuk mengoptimalkan pertumbuhan ikan
  • Menjaga kebersihan atau kestabilan kualitas air
  • Pertumbuhan ukuran ikan yang seragam.

2. PF 800

Kandungan nutrisi pada pakan PF 800 tidak usah diragukan lagi, sama halnya dengan jenis pelet ikan PF 500. Ukuran pelet ikan PF 800 ini berukuran 0,7-1 mm. PF 800 memiliki keunggulan yaitu membuat pertumbuhan dan perkembangan ikan menjadi seragam serta mengoptimalkan pada pertumbuhan ikan. Biasanya pelet ini diberikan untuk benih ikan yang sudah mencapai umur 30-45 hari.

Komposisi PF 800:

  • Kandungan protein min 39-41%, serat max 6%,
  • Kadar air max 10%, lemak min 5% dan abu max 16%. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *