operasi cabut gigi

Kenapa Gigi Bungsu Harus Dioperasi?

Gigi bungsu yang perlahan tumbuh tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan operasi cabut gigi bungsu. Operasi ini akan mengurangi efek nyeri yang berkelanjutan akibat gigi bungsu yang berusaha tumbuh.

Efek nyeri akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu alasan mengapa gigi bungsu harus dicabut adalah untuk mengurangi efek nyeri tersebut. Selain itu, jika terus dibiarkan maka bisa menimbulkan infeksi lebih lanjut.

Alasan Gigi Bungsu Harus Dioperasi

Untuk memahami pentingnya proses cabut gigi bungsu, pahami beberapa alasannya berikut ini.

1. Mengatasi Infeksi, Karies, Pulpitis, dan Nyeri pada Gigi

Alasan pertama adalah untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigi bungsu yang tumbuh dan mencegah timbulnya infeksi. Biasanya jika terus dibiarkan, akan memperparah kondisi gigi yang tumbuh. Selanjutnya akan muncul impaksi gigi. Kondisi ini harus diatasi dengan operasi cabut gigi.

Selain itu, jika terus dibiarkan juga dapat menimbulkan karies gigi yang seterusnya akan menjadi pulpitis atau peradangan pada pulpa gigi dan dapat menyerang saraf gigi. Jika pulpitis tidak diobati maka bisa menyebabkan infeksi pada akar gigi.

Tanda-tanda umum gigi bungsu tumbuh:

  • Gusi bengkak, kemerahan dan terkadang sampai bernanah
  • Nyeri pada rahang dan rongga mulut
  • Nyeri sendi sampai ke telinga dan kepala

2. Impaksi Gigi

Melanjutkan penjelasan di atas, impaksi gigi akan muncul apabila pertumbuhan gigi bungsu miring dengan posisi yang berbeda-beda. Karena gigi bungsu biasanya akan tumbuh pada posisi yang tidak wajar tersebut dapat mengganggu posisi gigi dan gusi, inilah yang menimbulkan impaksi gigi.

3. Periodontitis

Periodontitis merupakan salah satu infeksi gusi dimana kondisinya sudah merusak jaringan dan tulang gigi sehingga gigi mudah copot. Ini juga diakibatkan oleh gigi bungsu yang tidak kunjung dicabut. Sehingga sangat penting untuk mencabut gigi bungsu.

4. Perikoronitis

Perikoronitis adalah radang yang muncul di sekitar gigi bungsu akibat tumbuhnya gigi bungsu. Untuk mengatasi masalah ini tentunya gigi bungsu harus dicabut.

Itulah mengapa harus dilakukan operasi cabut gigi bungsu agar tidak terjadi infeksi dan penyakit gigi lainnya. Jika Anda masih ragu untuk mencabut gigi bungsu, Anda bisa lakukan konsultasi gigi melalui situs https://klinikdenta.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *