Fungsi Keset dari Sabut Kelapa

Hai readers dimanapun kamu berada. Pada artikel ini akan kita bahas salah satu manfaat yang ada pada sabut kelapa readers, misalnya bisa dibuat keset. Akan kita bahas juga fungsi keset dari sabut kelapa sampai dengan cara pembuatannya. Complete Information on Cocomesh Products, Yogyakarta Coir House

Manfaat Tali Sabut Kelapa

Readers udah ga asing lagi dong ya dengan ciri khas pohon kelapa yang memiliki seribu manfaat.

Negara kita Indonesia ini merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pohon kelapa. Sejak kecil, kita sudah dikenalkan bahwa pohon kelapa sangat bermanfaat, mulai dari akar sampai daunnya.

Contohnya saja serabut kelapa yang biasanya hanya dibuang begitu saja, ternyata bisa diolah kembali menjadi keset dari sabut kelapa. Tentunya yang akan kita bahas setelah ini readers.

Selain itu pemanfaatannya selama ini, seperti buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya bisa untuk kayu bangunan dan daunnya juga bisa dijadikan kerajinan sapu, dan masih banyak lagi readers.

Limbah kulit buah kelapa yang selama ini hanya dibuang, bisa kamu jadikan produk yang bermanfaat untuk lingkungan dan membawa nilai ekonomis di perdesaan readers. Cukup menguntungkan bukan.

Limbah dari kulit kelapa ini bisa kamu olah menjadi serabut kelapa yang merupakan bahan dasar dari sapu, tali, dan juga keset readers.

Pembuatan keset dari sabut kelapa ini semuanya pure dikerjakan dengan tenaga manusia, kecuali pemisahan sabut/serabut kelapa dengan serbuknya menggunakan.

Berikut Proses pembuatannya :

Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa

Peralatan dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pusau/Gunting besar buat finishing

Proses Pembuatan :

  1. Pertama – tama bisa kamu siapakan tempat untuk menganyam sabut (bisa dengan tiang memanjang)
  2. Langkah yang kedua siapkan tali yang akan dijadikaan alur untuk di anyam.
  3. Anyam sabut kelapa (seperti orang menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi dengan penuh.
  4. Setiap kali kamu dapat satu baris, repatkan dengan memukul – mukul dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa nya tadi.

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri ini, merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa kering akan tetapi dibuang begitu saja loh readers. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk proses pembakaran nya.

Akan tetapi apakah sabut kelapa hanya bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk memasak, pembuatan batu bata, genteng saja ? Tentu saja tidak readers.

Para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang – barang yang berguna readers, contohnya sapu lantai dan keset kaki. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang inovatif, sabut kelapa ini bisa menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi loh readers.

Seperti contohnya pemanfaatan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil sabut kelapa, kasur sabut kelapa, sofa sabut kelapa, pot sabut kelapa, dan aneka kerajinan sabutret yang lainnya readers. Akan tetapi, dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga bisnis yang dijalankan tersebut tidak bisa berkembang.

Dengan ketersediaan mesin – mesin industri skala rumahan atau pabrik seperti mesin pengurai sabut kelapa ini, maka peluang di dalam usaha satu ini cukup menjanjikan dan prospektif.

Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa. – Toko Mesin Kelapa

Untuk detil mengenai Cocomesh dengan harga murah berkualitas langsung dari produsennya! kamu bisa mengeceknya di link berikut readers. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu ya readers. Selamat mencoba semoga berhasil !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *