cara membuat gula kapas tanpa mesin

Cara Membuat Gula Kapas Tanpa Mesin Yang Mudah Dicoba Di Rumah

Cara membuat gula kapas tanpa mesin banyak metode yang cukup mudah untuk dipraktikkan dari rumah dan untuk bahannya pun juga sangat mudah untuk didapatkan di pasaran.

Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan jajanan legendaris gula kapas rambut nenek? Rambut nenek merupakan salah satu jajanan tradisional legendaris yang telah mulai mengalami kelangkaan untuk kita temui.

Rambut nenek mempunyai cita rasa yang manis karena menggunakan bahan dasar dari gula pasir. Sehingga tidak hanya anak-anak yang menyukai makanan jajanan yang satu ini, tapi orang dewasa pun juga sangat gemar makan rambut nenek.

Nah jika kalian ingin mencoba mengolah gula kapas rambut nenek sendiri di rumah, kalian bisa memperhatikan resep di bawah. Resep dan cara membuatnya juga sangat mudah dan juga hanya membutuhkan sedikit bahan. Supaya bisa menghasilkan tekstur seperti rambut, tarik-tarik adonan gulali hingga berulang kali dalam adonan tepung ketan sampai gulali berserat.

Arum manis atau yang biasa disebut dengan nama lain gulali mempunyai berbagi macam jenis mulai dari jenis yang tradisional sampai yang sudah dikemas semakin modern.

Cara membuat gula kapas yang pertama terbuat dari bahan gula Jawa dengan memiliki warna yang cokelat kehitaman dengan ditusuk dengan menggunakan kayu atau bambu. Tekstur dari permen gulali ini hampir sama seperti permen lolipop dengan tekstur lengket karena memang bahannya yang berasal langsung dari bahan gula yang diolah.

Gula kapas memiliki rasa yang manis, gula kapas juga mempunyai macam varian warna-warna yang menarik pandangan. Tetapi sayang di negara Indonesia kita ini banyak oknum jahat yang bisa memanipulasi warna yang dihasilkan dari arum manis ini dengan mencampurkan bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan konsumen. Di bawah ini kita akan membahas mengenai  cara membuat arum manis tanpa menggunakan mesin dan yang pasti aman bagi kesehatan konsumen.

Cara membuat gula kapas tanpa mesin bukan hal yang susah. Banyak camilan yang memiliki rasa yang gurih atau pedas, oleh karena itu arum manis bisa menjadi salah satu jalan alternatif jajanan  dengan rasa yang manis. Harganya yang sedikit terjangkau, membuat jajanan ini lumayan laku ternyata. Cara membuat gula kapas tanpa mesin yang menarik dan pengemasan yang juga menjadi khas daya tarik tersendiri.

Daripada membeli gula kapas, sebenarnya untuk cara membuat arum manis sendiri dari rumah sangat mudah. Barangkali Anda pun bisa memanfaatkan ketenaran gula kapas dan menjadikannya sebagai ladang rezeki bagi Anda.

Gula kapas merupakan jajanan yang banyak disukai oleh kalangan anak-anak. Walaupun demikian, jajanan ini sangat cocok bagi semua kalangan umur dan tekstur lembut yang dimilikinya membuatnya cukup menarik dan banyak disukai oleh semua kalangan.

Ditambah lagi bahwa arum manis lumayan aman karena hanya terbuat dari bahan dasar gula pasir yang murni. Namun Anda juga dapat mencoba membuat gula kapas dengan gula semut. Selain karena rasanya yang manis, di samping itu gula kapas juga mempunyai jenis varian warna-warna yang menarik. Tetapi sayangnya di negara Indonesia kita ini banyak oknum jahat yang dapat memanipulasi warna dari gula kapas ini dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh konsumen.

Bahan 1 :

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram (bisa diganti dengan memakai tepung gandum atau bisa dicampur dengan keduanya)
  • Bubuk vanila secukupnya (opsional)

Bahan 2 :

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya (opsional)

Cara Membuat Gula Kapas:

cara membuat gula kapas tanpa mesin
  1. Panaskan minyak dengan menyalakan api sedang, lalu masukkan tepung ke dalamnya. Aduk hingga rata sempurna.
  2. Masukkan sedikit saja bubuk vanila (hanya opsional), lalu  kalian masak sampai berubah warna menjadi warna yang kecokelatan. Matikan api, dan kemudian sisihkan.
  3. Sambil menunggu vanilanya menjadi dingin, mari kita membuat adonan gulalinya dulu dengan memakai wajan anti lengket. Kemudian kalian Lelehkan gula pasir dengan menggunakan air 400 ml, kemudian panaskan dengan menggunakan api yang sedang kurang lebih selama 20-22 menit. Sesekali aduk supaya gula tidak menggumpal.
  4. Tekstur gula untuk pembuatan arumanis rambut nenek harus pas jangan kurang atau jangan lebih, dan tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras. Dan Jika gulanya telah mengental dan warnanya juga sudah berubah menjadi berwarna kecokelatan, matikan api.
  5.  Siapkan tempat berisi dengan air dingin, lalu letakkan wajannya di bagian atasnya sambil kalian aduk-aduk gulali sampai berbentuk bulat atau seperti bola-bola.
  6. Sesudah itu Angkat gulali dan letakkan ke bagian dalam kneading board. Lalu kalian Tarik beberapa kali sampai teksturnya menjadi lentur, kemudian di bentuk menjadi lingkaran yang berukuran besar.
  7. kalian Lumuri dengan menggunakan adonan tepung dan minyak yang telah menjadi dingin, bentuklah dengan cara dilipat sampai membentuk seperti angka 8 dan sambil terus ditarik-tarik.
  8.  ulangi langkah-langkah tersebut sampai gulali membentuk seperti helaian-helaian panjang yang tipis.

Selain itu hindari penggunaan pemanis buatan supaya aman bagi konsumen. Untuk pewarna juga hanya pakai pewarna makanan saja. Selamat mencoba cara membuat gula kapas tanpa mesin. Semoga sukses dengan gula kapas Anda.

Tips Cara Membuat Gula Kapas

cara membuat gula kapas tanpa mesin
  1. Untuk membuat rambut nenek, perlu di butuh tenaga yang lumayan ekstra cepat dan kuat. Jadi lebih baik bagi jika adonannya gulali menjadi dua atau tiga supaya lebih mudah.
  2. Dan Kamu dapat menambahkan pewarna makanan pada saat membuat adonan permen gulalinya.
  3.  juga terdapat cara yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui apakah cairan gulanya sudah siap untuk ditiriskan.
  4.  Siapkan wadah kaca yang berisi dengan air dingin atau air es, lalu kalian tuangkan satu sendok makan cairan gulanya tadi ke dalamnya. Sesudah itu Biarkan hingga beberapa menit saja sebelum diambil. Jika terlalu cair itu akan tidak bisa dibentuk menjadi bulat, artinya gulali masih belum siap.
  5. Jika teksturnya sudah sedikit kaku, bisa kalian bentuk menjadi bulat seperti bola- bola, tapi jika masih cair dan garisnya turun pada saat ditarik horizontal, berarti permen gulali masih belum siap.
  6. Jika teksturnya sudah menjadi kalis, bisa dibentuk menjadi bola, dan bisa membentuk garis yang kokoh pada saat ditarik secara memanjang, artinya gulali sudah siap untuk dibentuk.

      7. Tapi Jika kalian tidak ingin ribet maunya yang simple saja tenang sekarang sudah ada mesin arum manis rambut nenek yang bisa membuat arumanis tanpa ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *