Pemerintah siapkan Rp 80 M bangun Bandara Ngloram di Blora

Bandara Ngloram Blora bakal jadi bandara ketiga yang dibangun di era Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dua bandara di awalnya yakni pembangunan di Bandara Ahmad Yani Semarang terhadap 2014 dan tinggal tunggu operasional menjelang lebaran th. ini. Serta, Bandara Jenderal Sudirman Purbalingga dipastikan dibangun usai groundbreaking ditunaikan Presiden Joko Widodo


Setelah itu, Bandara Ngloram menyusul dibangun dengan kepastian berasal dari Kementerian Perhubungan. “Wirasaba yang sekarang jadi Jenderal Sudirman tempo hari telah ground breaking pak Jokowi harapannya th. depan telah jadi.

Berikutnya kami dapat mengejar yang Ngloram ini,” kata Ganjar, sementara meninjau wilayah calon bandara di Desa Ngloram, Kecamatan CepuBandara Ngloram mengfungsikan lahan bekas Lapangan Terbang Ngloram yang dulu aktif di era 1980-an.

Lapangan ini merupakan aset Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) supaya mesti perpindahan aset ke Kementerian Perhubungan.

Saat dikunjungi Ganjar, lapangan terbang ini menyisakan bekas landasan yang telah rusak berat. Aspal telah mengelupas, tinggal tumpukan batu selama 900 mtr. dan lebatr30 meter.


“Saya telah bicara dengan Menteri Perhubungan pengalihan aset berasal dari ESDM ke Perhubungan telah proses, jikalau telah selesai dapat segera feasibility study kemudian ada DED-nya dan dikembangkan sampai pembuatan bandara,” papar Ganjar.

Rencananya, landas pacu bakal dilebarkan dengan ukuran panjang 1.350 mtr. dan lebar jadi 40 meter. Juga disiapkan daerah seluas 1.500 mtr. persegi untuk turning daerah atau daerah di ujung landas pacu bandara. Untuk pengerjaan berikut dibutuhkan anggaran Rp 40 miliar.

Kemudian Rp 40 miliar ulang untuk pengerjaan proyek lainnya. Seperti terminal penumpang, apron atau parkir pesawat dan taxiway. Total dana Rp 80 miliar itu berasal berasal dari Kementerian Perhubungan. Sedangkan Pemprov Jateng dan Pemkab Blora menghibahkan tanah untuk perluasan areal Bandara Ngloram.

“Kalau ini jadi, Cepu, Blora, sampai Bojonegoro bakal dapat memanfaatkan. Kita tahu di sini ada banyak sumber minyak maka ada transportasi memadai cepat bbisa masuk ke wilayah ini dan ini bakal jadi perkembangan konomi yang bagus utk Blora dan sekitarnya,” kata Ganjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *