Cara Memilih Kelapa Muda Berkualitas Baik da Segar

5 Cara Memilih Kelapa Muda Berkualitas Baik dan Segar

Cara Memilih Kelapa Muda – Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Oleh masyarakat kita, pohon kelapa dianggap sebagai pohon seribu guna. Pasalnya hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat di manfaatkan untuk kebutuhan manusia, tak terkecuali buahnya.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Kelapa Agar Cepat Berbuah Serta Syarat-Syarat Pertumbuhannya

Buah kelapa yang masih muda, banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan minuman seperti es kelapa muda, es campur, maupun es kopyor.

Tak hanya enak dan menyegarkan, minuman dari kelapa muda juga berkhasiat bagi kesehatan. Diantaranya yaitu dapat mengatasi dehidrasi tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Kelapa Muda

Di samping begitu banyaknya manfaat dari buah kelapa muda, tahukah Anda bagaimana cara memilih buah kelapa muda yang baik dan segar? yuk kita simak informasinya berikut ini.

1. Perhatikan Warna Kulit Kelapa

Perhatikan Warna Kulit Kelapa Muda

Masih banyak yang menganggap bahwa buah kelapa yang masih muda harus berwarna hijau merata. Padahal, selain dipengaruhi oleh jenis kelapa, warna buah kelapa juga dipengaruhi oleh tempat tumbuhnya.

Kelapa yang tubuh di daerah pesisir pantai biasanya memiliki warna yang agak kekuningan. Sedangkan kelapa yang tumbuh di daerah pegunungan cenderung berwarna hijau muda.

Meskipun demikian, rasa kelapa muda yang berasal dari daerah pegunungan dirasa lebih enak dibandingkan dengan buah kelapa muda dari daerah pesisir pantai. Pasalnya, buah kelapa muda dari pegunungan mengandung air yang lebih banyak serta daging yang lembut dan manis.

2. Perhatikan Ujung Batok Kelapa

Perhatikan Ujung Batok Kelapa Muda

Perhatikan juga bagain ujung batok kelapa. Di ujung batok kelapa, terdapat lingkaran dengan warna yang lebih terang menyatu dengan tangkainya.

Lingkaran tersebut dapat menjadi sebuah penanda usia buah kelapa. Kelapa muda sendiri memiliki diameter lingkaran yang tidak terlalu lebar. Namun sebaliknya, buah kelapa yang sudah terlalu tua cenderung memiliki diameter lingkaran pada ujung batok yang sangat lebar.

3. Perhatikan Serat Kelapa

Perhatikan Serat Buah Kelapa

Anda juga dapat memperhatikan serat buah kelapanya. Kelapa muda yang memiliki serat kulit berwarna coklat menandakan bahwa kelapa tersebut telah mengalami pematangan yang cukup saat berada di pohon.

Oleh karena itu, jika terdapat buah kelapa yang berwarna hijau dengan sedikit serat kulit berwarna kecoklatan, maka kelapa tersebut adalah kelapa muda yang segar dan baik untuk dikonsumsi.

4. Mengguncangkan Kelapa

Mengguncagkan Kelapa Muda

Cara yang paling sering digunakan untuk memilih buah kelapa muda yang baik yaitu dengan mengguncangkan buah kelapanya.

Hal ini biasanya dilakukan untuk mengira-ngira banyaknya air yang ada di dalam buah kelapa. Buah kelapa muda cenderung lebih banyak mengandung air dibanding dengan buah kelapa tua.

Saat mengguncang-guncangkan buah kelapa, Anda bisa mendekatkan telinga buah kelapa tersebut. Jika terdengar bunyi gemercik air di dalam buah kelapa, itu berarti buah kelapa masih segar.

Namun, jika tidak terdengar bunyi apapun dari dalam buah kelapa, atau hanya terdengar bunyi yang agak lirih, maka itu tandanya buah kelapa memiliki sedikit air dan sudah tergolong ke kelapa tua.

5. Menepuk-Nepuk Kelapa | Cara Memilih Kelapa Muda

Menepuk-nepuk buah kelapa muda

Selain dengan mengguncang-guncangkan kelapa, cara ini juga sering dilakukan dalam pemilihan buah kelapa muda, yaitu dengan menepuk-nepuk buah kelapa. Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam memilih buah kelapa yang baik dan segar.

Saat ditepuk-tepuk, Anda bisa merasakan getaran yang ditimbulkan pada buah kelapa tersebut.

Jika Anda merasakan getaran pada buah kelapa, maka bisa dipastikan bahwa buah kelapa tersebut mengandung daging yang masih sangat tipis dan sangat mudah disendok.

Sementara itu, jika saat ditepuk-tepuk getaran di dalam buah kelapa tidak terlalu terasa, maka hal itu menandakan daging buah kelapa sudah agak tebal dan agak susah disendok.

Buah kelapa dengan daging tebal merupakan salah satu ciri buah kelapa yang sudah tua. Dengan beberapa informasi mengenai cara memilih buah kelapa muda seperti di atas, semoga bisa membantu Anda saat akan membeli buah kelapa muda dan terhindar dari oknum penjual yang tidak jujur. Selamat mencoba!

Untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya, jangan lupa kunjungi halaman utama website kami hanya Challenging Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *