Resep Ayam Panggang Oven

Salah satu kuliner masakan khas Indonesia. Resep ayam panggang oven ini merupakan olahan yang sangat terkenal hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Ayam Panggang Oven mempunyai banyak penggemar yang tidak hanya dari kalangan remaja tetapi juga dari kalangan orang tua, karena Ayam Panggang Oven memiliki cita rasa yang sangat lezat dan gurih.

Resep ayam oven tentunya hal yang menarik buat kamu karena bukan kue saja yang dioven, ayam pun bisa dimasak dengan oven. Seperti halnya cara bikin ayam bakar, Resep ayam oven tidak jauh berbeda hanya berbeda cara memasaknya. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam cara, dengan digoreng, dipepes, dipasak memakai kuah, dipanggang maupun dibakar.

Resep Ayam Panggang Oven sederhana

Daging ayam bisa diolah hanya dengan bumbu sederhana sampai bumbu yang special. Daging ayam bila sudah diolah akan menjadi makanan lezat yang menggoda, sehingga meningkatkan nafsu makan. Bagi kamu para pecinta kuliner olahan ayam yang sudah bosan dengan cara digoreng, kamu bisa mencoba Resep ayam oven dan mencoba cara bikin ayam bakar dengan sensasi rasa yang berbeda.

ayam bakar oven

Bahan Resep Ayam Oven Madu :

1 ekor ayam, dipotong 10 bagian

1 sendok makan air jeruk lemon

1 sendok makan saus tomat

4 sendok makan saus tiram

3 siung bawang putih, dihaluskan

4 sendok makan madu

1 sendok makan merica hitam kasar

1 sendok teh garam

3 sendok makan margarin, dilelehkan

Resep Ayam Panggang Oven Madu :

Campur air jeruk lemon, saus tomat, saus tiram, bawang putih, madu, merica hitam, garam, dan margarin. Aduk rata.

Lumuri ayam dengan campuran bumbu. Diamkan 1 jam dalam lemari es. Letakkan di loyang yang sudah dialas aluminium foil dan dioles margarin.

Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius sambil dioles sisa bumbu sampai matang dan kecokelatan.

Resep Ayam Oven

Bahan:

1 ekor ayam potong belah jadi dua

1 butir jeruk nipis

Bumbu halus:

4 siung bawang putih

3 siung bawang merah

1 batang serai, memarkan

2 lembar daun salamair secukupnya

Bumbu saus:

3 sdm kecap manis

2 sdm margarin

garam dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan serai dan daun salam, tuang air dan aduk rata hingga mendidih.

Masukkan ayam dan masak dengan bumbu hingga kira-kira matang.

Masukkan semua bumbu saus, aduk rata dengan bumbu dan masak ayam lagi hingga sedap. Tak perlu terlalu lama. Matikan.

Nyalakan oven, panaskan 200 derajat Celcius. Pindahkan ayam di atas ovengasmu sambil sesekali dioles bumbu. Panggang kurang lebih 20 menit.

Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.

Ayam adalah hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia, dan telah diternakkan dan dikonsumsi sudah selama ribuan tahun lalu. Hingga abad ke-19, ayam masih hanya dipelihara di rumah tangga, dengan tujuan untuk daging serta diambil telurnya. Dan pada akhir dari ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam untuk tujuan bisnis, karena permintaan pasar yang terus meningkat.

Skala peternakan ayam yang besar telah memunculkan banyak varian ayam untuk meningkatkan produksi ayam. Beberapa varian baru yang telah dikembangkan, beberapa di antaranya adalah ayam Amerika, Mediterania, Inggris, Asiatic, Plymouth Rock, Wyandotte, Rhode Island Red, New Hampshire, Black Cochin, Leghorn, dll.

Kandungan Gizi

Fakta kandungan gizi daging ayam Menurut USDA,100 g ayam mengandung :

Kandungan Mineral Dalam Daging Ayam :

Air (65 g)

Energi (215 kkal)

Protein (18 g)

Lemak (15 g)

lemak jenuh (4 g)

Kolesterol (75 mg)

Kalsium (11 mg)

Besi (0,9 mg)

Magnesium (20 mg)

Fosfor (147 mg)

Kalium (189 mg)

Natrium (70 mg)

Seng (1,3 mg).

Vitamin Dalam Daging Ayam :

Vitamin C

Vitamin B1 (hiamin)

Riboflavin

Niacin

Vitamin B-6(pyridoxamine)

Folat

Vitamin B-12

Vitamin A

Vitamin E (tocopherol)

Vitamin D

Vitamin K.

Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan: Kandungan protein yang tinggi: Ayam adalah salah satu bahan makanan berprotein tertinggi. Jumlah protein daging ayam adalah 18 g per 100 g ayam, ini sangat tinggi. Protein sangat penting dalam diet sehat kita. Protein yang ada pada ayam adalah asam amino yang bermanfaat untuk membangun blok otot kita.

Nilai yang disarankan kebutuhan protein dalam diet harian adalah 1 g per 1 kg berat badan, atau 0,4 g protein per pon berat badan. Jumlah ini bagi orang yang normal. Untuk atlet, kebutuhan harian protein adalah sekitar 0,6 g menjadi 0,9 g per kg, yang lebih dari dua kali lipat kebutuhan rutin.

Daging Ayam Sebagai Sumber Vitamin Dan Mineral

Ayam bukan hanya sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita.

Misalnya, vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang.

Vitamin A membantu menjaga penglihatan mata, dan mineral seperti zat besi sangat membantu untuk pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, mencegah anemia. Kalium dan natrium adalah elektrolit, fosfor sangat membantu dalam menanggulangi kelemahan, kesehatan tulang, fungsi otak, perawatan gigi dan metabolisme tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa membuka suatu peluang usaha dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah dengan membuka warung makan ataupun restoran.Dengan menggunakan Oven gas ayam panggang akan lebih tahan lama.

Nah itu dia resep ayam panggang Oven,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.Sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *