Mengenal Printing Sublim Untuk Fashion

Mengenal Printing Sublim Untuk Fashion

Walalupun kepopuleran printing sublime belakangn mulai dikalahkan oleh printing digital. Namun ternyata printing sublime masih banyak digunakan untuk beberapa produk. Penggunaannya lebih banyak diaplikasikan pada bahan yang keras, seperti mug, keramik, kaca dan lainnya. Agar mengenal printing sublime lebih dekat. Mari kita lihat sejarah dan kegunaan printing sublime untuk industri.

Apa itu printing sublime?

Printing sublime adalah proses membuat corak pada suatu media dengan cara memberikan panas. Cara ini telah banyak digunakan untuk membuat corak pada pakaian ataupun pada media lainnya. Untuk dapat membuat corak pada kain maka terlebih dahulu harus membuat media pada kertas.

Media yang ada pada kertas tersebutlah yang nantinya akan dipindahkan pada kain dengan cara memberikan panas. Untuk pemindahan corak dari kertas pada kain biasanya menggunakan mesin sublime. Walaupun printing kain seiring waktu mengami perkembangan, namun printing sublime tetap popular dan masih digunakan hingga sekarang.

Cara kerja printing sublime

Berdasarkan namanya, sublimasi memiliki arti sebagai perubahan wujud dari gas kepadat atau dari padat ke gas. Hal ini merupakan konsep utama yang membangun printing sublimeasi. Jasa print kain biasanya menyediakan printing sublime unuk membuat desain pada kain.

Pertama yang harus dibua adalah desain pada kertas beserta dengan tinta yang sudah dilengkapi pada kertas. Kemudian dengan menggunaka printer khusus desain yang terdapat pada kertas akan pindah pada kain dengan cara dipanaskan melalui printer. Warna didapatkan dari kertas yang sebelumnya didesain. Jadi konsep print kain yang digunakan hanya memindahkan warna pada kain dengan memberikan panas.

Kelebihan Printing Sublim

Printing sublime memiliki banyak kelebihan, baik untuk mencetak kain maupun untuk mencetak berbagai kebutuhan desain pada keramik. Pertama printing sublime memiliki ragam varian warna, hal ini karena pembuatan warna dilakuan secara manual.

Kedua adalah waktu pengerjaan printing sublime sangat cepat dan dapat dikerjakan untuk keperluan cetak kain dalam jumlah yang banyak. Jasa print kain menggunaakn printing sublime untuk kebutuhan produk dalam jumlah yang banyak.

Kekurangan printing sublime

Disamping memiliki kelebihan, printing sublime juga memiliki kekurangan. Terutama untuk membuat desain pada kain. Printing sublime pada dasarnya hanya dapat diaplikasikan pada bahan dasar yang berwarna putih. Sehingga jika menggunakan kain dengan warna dasar lain akan membuat kesulitan.

Disamping itu kain sublime juga tidak dapat digunakan untuk membuat desain pada bahan katun. Padahal untuk pembuatan baju lebih banyak mengandalkan kain katun. Sehingga untuk membuat desain pada kain katun umumnya digunakan printing digital.

Keterbatasan ini membuat printing sublime lebih banyak diaplikasikan untuk kebutuhan yang lebih spesifik. Seperti untuk membuat corak pada gelas keramik atau membuat corak pada tumblr. Corak tersebut dibentuk dengan menggunakan printing sublime agar terlihat menarik.

Aplikasi dari printing sublime

Penggunaan printing sublime dapat kita temukan pada berbagai produk seperti untuk membuat desain pada pakaian, desain untuk mug, atau desain untuk kebutuhan keramik. Anda mungkin sudah sering melihat mug atau tumblr yang memiliki desain estetik. Hal tersebut merupakan salah satu dari contoh printing sublime yang sering ditemukan.

Nah, itulah informasi seputar printing sublime. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan printing sublime tentu dapat menggunakan jasa print kain bekasi. Kualitas dari printing yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi. Bahkan daya tahan tinta yang digunakan juga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *