fitur serp

Fitur SERP Yang Sering Dijumpai pada Mesin Pencarian

SERP memiliki banyak fitur, kita akan membahas mengenai beberapa fitur yang dimiliki SERP. Fitur fitur ini dapat membantu anda meningkatkan visibilitas website. Fitur apa saja yang disediakan oleh SERP? Mari lihat penjelasan berikut.

Fitur SERP

fitur serp

1. Sitelinks

Fitur yang pertama ini dapat membantu pengguna untuk menemukan halaman spesifik yang diinginkan pada sebuah website. Misalkan, anda melakukan pencarian untuk “Google Support”, maka fitur ini akan menampilkan bermacam halaman spesifik lainnya yang berkaitan dengan halaman utama yang dicari.

Dengan fitur ini tentunya pengguna akan lebih mudah dalam menemukan halaman yang dicari. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan sitelink pada SERP? sitelinks sendiri akan ditentukan oleh web crawler. Sehingga, pastikan untuk setiap halaman web anda memiliki judul yang jelas dan sesuai dengan konten yang ada di dalamnya.

2. Featured Snippet

Fitur ini berkaitan dengan organic result. Apabila website anda berada di peringkat tereatas SERP berdasarkan hasil organik dan dirasa sangat informatif oleh mesin pencari, maka mesin pencari akan menjadikannya sbagai featured snippet.

Featured snippet ini seringkali muncul di bagian paling atas SERP, sehingga dikenal juga sebagai peringkat #0 Google. Fitur ini biasanya berada di dalam sebuah box dan terpisah dari daftar hasil pencarian lainnya.

Sehingga hal ini membuat web atau konten yang dijadikan snippet akan sangat mudah untuk ditemukan.

Anda juga bisa membaca : Jenis SEO dan Bagaimana Cara Kerja Mereka

3. Direct Answer

Fitur ini langsung memberikan jawaban terkait pertanyaan apa yang diberikan, tanpa memberikan link atau sumber lainnya. Jawaban ini muncul di bagian paling atas halaman pencarian, bagian ini muncul untuk menanggapi pertanyaan yang dijawab secara singkat atau merupakan informasi yang tersedia secara umum.

4. People Also Ask

Ketika sedang melakukan pencarian atau mengajukan sebuah pertanyaan pada mesin pencari, biasanya akan muncul fitur people also ask atau orang juga bertanya. Fitur ini akan menampilkan sekumpulan pertanyaan beserta jawaban yang masih berkaitan dengan pertanyaan yang sebelumnya diajukan oleh pengguna.

Jumlah pertanyaan yang muncul juga akan terus bertambah setiap kali anda mengklik pertanyaan yang disediakan pada kolom tersebut.

5. Top Stories

Jenis fitur ini akan menampilkan hasil pencarian yang berkaitan dengan berita yang sedang trending saat ini. Berita yang muncul di dalam top stories ini umumnya mengacu pada Google News. Sehingga, Google paham dan akan menampilkan top stories atau artikel lain seputar topik yang dicari oleh user.

6. Knowledge panel

Knowledge panel adalah salah satu fitur Google yang bekerja sama dengan organisasi pengumpulan data (Wikipedia). Fitur satu ini biasanya muncul pada bagian samping halaman pada situs desktop dan bagian atas hasil pencarian bila menggunakan mobile.

Fitur ini berisikan informasi tambahan seperti gambar, tanggal, atau informasi ensiklopedis, mengenai berbagai topik yang sedang dicari oleh pengguna (tempat, film, organisasi, aktor/aktris)

7. Shopping Result

Shopping result adakah jenis fitur yang menampilkan hasil pencarian yang transaksional. Fitur ini seringkali muncul di bagian atas halaman, dan merupakan gambar dari beberapa produk sekaligus.

Seperti halnya dngan paid result (Ad), agar produk dari bisnis anda muncul pada fitur ini, maka anda harus memberikan penawaran (bid) yang lumayan tinggi pada Google.

8. Location specific result

Google bisa mengetahui keberadaan pengguna berdasarkan pengaturan privacy. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan pencarian pada beberapa tempat yang beerada di sekitar (near me).

Informasi ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna ketika mengajukan pertanyaan berbasis lokasi. Fitur ini akan menampilkan peta dari lokasi yang ditanyakan.

3 comments

  1. […] Baca Juga : Fitur SERP Yang Sering Dijumpai pada Mesin Pencarian […]

  2. I am a website designer. Recently, I am designing a website template about gate.io. The boss’s requirements are very strange, which makes me very difficult. I have consulted many websites, and later I discovered your blog, which is the style I hope to need. thank you very much. Would you allow me to use your blog style as a reference? thank you!

  3. I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article. https://accounts.binance.com/pt-BR/register?ref=RQUR4BEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *