Fakta Menarik Tentang Cokelat

Fakta Menarik Tentang Cokelat yang Belum Kalian Ketahui

Fakta menarik tentang cokelat – Setiap tanggal 13 September diperingati sebagai Hari Cokelat Internasional, makanan yang disukai banyak orang ini mempunyai beragam fakta yang unik dan menarik.

Cokelat disukai karena dapat diolah ke dalam berbagai macam bentuk makanan, dan jika diberi pemanis maka rasa cokelat akan semakin kaya dan enak.

Salah satu fakta menarik tentang cokelat adalah sering di jadikan sebagai makanan penggugah mood karena cokelat menstimulasi endorfin untuk melahirkan hormon yang bahagia.

Cokelat tidak bisa dilepaskan dari bagian yang penting sejarah kehidupan manusia, terdapat banyak fakta menarik selain cokelat meningkatkan endorfin. Apa saja?. Simak berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Cokelat

Fakta Menarik Tentang Cokelat
600600

1. Cokelat Menstimulasi Endorfin

Cokelat dapat menstimulasi endorfin di dalam otak. Endorfin merupakan zat kimia yang di dalam tubuh dan dikaitkan dengan rasa yang gembira di hati termasuk hormon kebahagiaan saat mengonsumsi cokelat.

2. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan

Pohon kakao pertama kali di budidayakan di Amerika bagian tengah dan selatan pada tahun 1250 sebelum Masehi, bahkan lebih dari itu.

3. Arti Pohon Kakao

Nama ilmiah untuk pohon kakao untuk membuat cokelat merupakan Theobroma cacao. Secara harfiah, arti dari penamaan tersebut adalah ‘cacao, makanan para dewa’.

4. Sempat Menjadi Alat Pembayaran

Tidak disangka, cokelat pernah menjadi alat pembayaran di suku Maya dan Aztec. Biji kakao atau bahan baku cokelat merupakan sesuatu yang sangat berharga di masa itu.

5. Cokelat Terberat di Dunia

Berdasarkan catatan dari The Guinnes World Record, Thorntons PLC membuat cokelat batang terberat di dunia yang mencapai 5.792.50 di Inggris Raya pada 7 September 2011.

6. Cokelat Merupakan Sayuran

Cokelat merupakan sayuran bukanlah arti yang sebenarnya. Alasan ini digunakan karena cokelat di hasilkan dari biji kakao yang tumbuh di dalam buah pohon kakao.

Pohon kakao termasuk ke dalam keluarga Malvaceae, yang masih satu keluarga dengan okra dan kapas. Oleh karena itu, cokelat sering kali di sebut keluarga sayuran juga.

7. Produk Cokelat Pertama Merupkan Minuman Cokelat Panas

Tidak seperti sekarang, ternyata produk pertama cokelat yang tercipta merupakan cokelat panas.

Cokelat pertama kali ditemukan di Aztec dan Mexico, serta mereka menyeduhnya menjadi cokelat panas dan sangat pahit, yang dinikmati di acara penikahan dan acara penting lainnya.

8. Proses Pembuatan yang Lama

Memerlukan banyak waktu dalam memprosesnya untuk menghasilkan cokelat batang.

Contohnya, satu pohon kakao hanya dapat memproduksi biji kakao yang cukup untuk membuat 10 batang cokelat Hershey’s dalam kurung waktu satu tahun.

9. Mempunyai lebih dari 600 Komponen Rasa

Ternyata cokelat mempunyai lebih dari 600 komponen rasa. Karena hal ini, Aroma cokelat menjadi khas dan tentu saja cita rasa yang enak serta berbeda.

10. Asal Kata Cokelat

Chocolate merupakan Bahasa inggris dan cokelat merupakan Bahasa Indonesia, ternyata mempunyai kaitan dengan kata dari suku Aztec yaitu xocolatl yang berarti air pahit.

Penamaan ini dikarenakan sulitnya dalam menemukan gula di Amerika Tengah saat cokelat ditemukan, alhasil rasanya masih sangat murni yaitu rasa pahit .

11. Cokelat Batang Pertama Muncul Pada Tahun 1847

Cokelat batang pertama kali muncul pada tahun 1848, yang diciptakan oleh Joseph Fry dengan dibantu oleh anaknya. Mereka membuatnya menggunakan cocoa butter, cocoa powder, dan juga gula.

12. Cokelat Juga Mengandung Kafein

Rata-Rata cokelat batang mempunyai sedikit kandungan kafein di dalamnya. Diperkirakan, satu batang cokelat dapat mengandung 50 mg kafein yang lebih tinggi dari pada satu shot espresso.

Dan itulah dia pembahasaan tentang fakta menarik tentang cokelat, semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian dalam mengetahui apa saja fakta menarik seputar cokelat. Bagi kalian yang sedang mencari mesin cokelat kalian bisa klik tulisan yang berwarna. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *