cara membuat minyak sawit sendiri

Cara Membuat Minyak Sawit Sendiri Dirumah Dengan Alat Sederhana

Cara membuat minyak sawit sendiri menjadi minyak goreng yang dihasilkan jenis minyak goreng nabati, yang memiliki nilai ekonomis tinggi.Dari kebun kelapa sawit memberikan keuntungan yang tinggi kepada petani sawit maupun pengusaha yang mengelola buah sawit ke tahap selanjutnya.

Dalam proses pembuatan minyak goreng kelapa sawit hanya membutuhkan beberapa langkah mulai dari tahap pengambilan buah hingga penyimpanan minyak murni yang telah di saring.

Baca Juga: Cara Membuat Minyak Goreng dari CPO Sederhana

Ciri – Ciri Sawit Yang Berkualitas

  1. Tunas kelapa sawit yang normal berwarna putih.
  2. Anak daunnya memiliki bentuk yang melebar serta tidak kusut.
  3. Tempurung bibit kelapa sawit berwarna hitam gelap.
  4. Akar panjangnya yang ideal tidak lebih dari 3 cm.
  5. Batang dibagian bawah gemuk dan pendek.
  6. Warna calon akar cenderung kuning hampir mendekati hijau sedangkan warna batang dan daun bersih keputih-putihan.
  7. Panjang batang bibit kelapa sawit yang ideal antara 2 sampai 3 meter.
  8. Bibit kelapa sawit yang ideal berbentuk bulat atau lonjong seperti buah melinjo.
  9. Telah diperiksa dan telah dinyatakan sehat atau sempurna oleh tim karantina

Kesalahan dalam memilih benih akan berdampak sangat fatal, yang akan disesali oleh petani 20 tahun kemudian. Benih dan perawatan yang maksimal akan menghasilkan buah sawit yang berkualitas tinggi. .

Cara Membuat Minyak Sawit Sendiri

1. Pengumpulan Buah Kelapa Sawit

Pada tahap ini, kelapa sawit yang telah matang, di ambil atau biasa di sebut pengumpulan tandan buah segar atau TBS.

Pemilihan buah yang memiliki kualitas baik karena akan berpengaruh pada kualitas minyak yang dihasilkan. Pengangkutan buah inimenggunakan truk untuk di bwa ke pabrik.

2. Perebusan Buah Kelapa Sawit

Sesudah di timbang, lalu buah di rebus memakai uap air panas yang membutuhkan waktu selama kurang lebih 90 menit. Perebusan ini berguna untuk memudahkan saat peremasan buah untuk di ambil minyaknya.

3. Perontokan Buah

Buah kelapa sawit yang di bawa ke dalam pabrik masih tertancap pada tangkai sehingga harus di rontokkan terlebih dahulu.

Buah yang telah di rebus lebih mudah untuk di rontokkan dari tangkainya. Biasanya buah dirontokkan dengan cara dibanting.

Pisahkan antara daging buah kelapa sawit dengan cangkangnya sampai benar – benar bersih.  Hasilnyadaging buah yang terkelupas dan dapat di peras pada tahap selanjutnya.

4. Pemerasan Daging Buah

Sebelum buah di peras, daging buah dan biji buah di pisahkan. Dapat dimasukkan ke dalm wadh dengan tekanan uap antara 80 hingga 90 derajat.

Lalu press daging buah hingga mengeluarkan minyak. Minyak yang dihasilkan adalah minyak kasar yang tercampur dengan ampas daging buah.

5. Penyaringan Minyak Kasar Dan Pemurnian

Minyak kasar disaring untuk memisahkan minyak yang terbebas dari ampas kelapa sawit.

Dalam proses sederhana dapat menggunakan kain untuk menyaring nya. Saring berulang kali sampai minyak benar – bnar murni.

Jenis-jenis Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan

Ternyata cara membuat minyak goreng dari kelapa sawit dapat dilakukan sendiri ya, namun proses nya yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Di industry membuat minyaak goreng dari kelapa sawit menggunakan mesin – mesin khusus sehingga terbukti higienis dan aman di konsumsi.

Akhir – akhir ini sulit mencari minyak goreng kelapa sawit akibat kelangkaan. Ada beberapa bahan lainnya yang ternyata dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan minyak goreng loh.

  1. Minyak sayur.
  2. Minyak kanola.
  3. Minyak biji bunga matahari.
  4. Minyak biji anggur.
  5. Minyak zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *