cara membuat minyak kelapa sawit rumahan

Cara Membuat Minyak Kelapa Sawit Rumahan

Cara membuat minyak kelapa sawit rumahan ternyata menerapkan metode tradisional sederhana loh. Tanpa menggunakan alat – alat canggih seperti di pabrik – pabrik.

Apabila mempunyai pohon sawit di sekitar rumah dapat dibuat menjadi minyak goreng, lumayan ya bisa menghemat pengeluaran.

Proses pembuatan minyak goreng oleh pabrik dilakukan menggunakan banyak metode yang modern dan canggih.

Tujuannya untuk mengefektifkan anggaran produksi, mengefisienkan waktu, dan mengontrol kualitas produksi yang dilakukan secara massal.

Baca Juga: Cara Pembuatan Minyak Kelapa Sawit dan Faktanya

Proses Pembuatan Minyak Kelapa Sawit Rumahan

Alat dan Bahan :

  1. Buah Kelapa Sawit Segar.
  2. Panci untuk merebus.
  3. Tungku kayu atau Kompor gas.
  4. Lesung dan alu.
  5. Kain Katun untuk menyaring.
  6. Wajan.
  7. Irus atau dapat menggunakan centong.
  8. Botol plastik maupun kaca (menyesuaikan).
  9. Corong.

Langkah-langkah :

  1. Cuci bersih kelapa sawit dan kupas serabutnya, lalu pecahkan cangkangnya. Ambil daging buah kelapa sawit tersebut dan masukkan ke dalam panci.
  2. Rebus daging buah kelapa sawit di dalam air mendidih sampai memiliki tekstur menjadi benar-benar lunak. Lama perebusan umumnya memakan waktu hingga lebih dari 1 jam atau disesuaikan dengan banyaknya jumlah kelapa sawit yang direbus.
  3. Tuangkan daging buah kelapa sawit yang telah di masak ke dalam lesung. Kemudian tumbuk menggunakan alu hingga halus atau berubah menjadi seperti bubur.
  4. Bubur kelapa sawit ini lalu disaring memakai kain katun untuk memisahkan air sari dari ampasnya. Memeras daging kelapa sawit sama hal nya dengan memeras santan dengan menambahkan air secukupnya kurang lebih dua kali pemerasan.
  5. Setelah proses pemerasan air sari kelapa sawit selesai, selanjutnya air perasan tersebut direbus hingga mendidih. Aduk secara terus-menerus dan teratur agar santan kelapa sawit tidak pecah.
  6. Setelah menunggu beberapa waktu, dari santan yang sudah mendidih itu maka akan tampak lapisan minyak goreng berwarna kuning keemasan yang terbentuk di atas santan. Ambil minyak yang terlihat di atas lapisan santan tersebut menggunakan irus sedikit demi sedikit.
  7. Minyak goreng yang sudah terkumpul banyak lalu dinginkan dan masukkan ke dalam botol dengan bantuan corong. Agar lebih awet, botol itu sebaiknya perlu divakum terlebih dahulu sehingga kedap udara dan tidak ada udara yang keluar masuk. Simpan botol berisi minyak goreng ini di tempat yang sejuk, tidak lembab, dan terhindari dari sinar matahari langsung.

Ternyata cara membuat minyak kelapa sawit rumahan benar-benar dibutuhkan ketelitian. Selain terbuat dari kelapa sawit, ada beberapa bahan yang apabila diolah akan menghasilkan minyak dan dapat dijadikan sebagai minyak goreng untuk memasak.

Jenis – Jenis Minyak Sebagai Alternatif Pengganti Minyak Kelapa Sawit

cara membuat minyak kelapa sawit rumahan

1. Minyak Sayur

Dahulu minyak sayur terbuat dari minyak kedelai. Tetapi, makin kesini minyak sayur terbuat dari campuran berbagai jenis minyak – minyak.

Minyak sayur memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dari minyak kedelai sebesar 61%, lemak tak jenuh tunggal sebesar 24%, dan lemak jenuh sebesar 15%.

Minyak kedelai mengandung lemak omega 3 yang sangat baik untuk Kesehatan jantung. Selain itu, minyak dari kedelai ini tidak memiliki rasa dan aroma tertentu.

2. Minyak Kanola

Minyak kanola memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi yaitu 62% dan mengandung lemak tak jenuh ganda 32%. Ekstrak kanola ini hanya mengandung kurang lebih 7% lemak jenuh.

Selain itu, minyak kanola juga kaya akan omega 3. Dalam penelitian disebutkan bahwa minyak kanola dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat, serta mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat dari minyak kanola ini banyak sekali tetapi dari segi harga masih terjangkau.

3. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari memiliki ciri khas yaitu warna terang dengan aroma yang menyengat. Kandungan lemak tak jenuh gandanya sebesar 69% dan lemak tak jenuh tunggal sebesar 20%.

Sedangkan kandungan lemak jenuhnya sebesar 11%, sehingga dipercaya sebagai pilihan sehat untuk Kesehatan jantung. Minyak biji bunga matahari ini dapat digunakan pada suhu dengan temperature yang sangat tinggi.

4. Minyak Biji Anggur

Bahan dari pengolahan minyak ini menggunakan biji buah anggur yang tersisa dari proses pembuatan minuman anggur.

Minyak biji anggur ini dapat digunakan untuk menumis, menggoreng, atau aktivitas memasak lainnya. Minya ini dapat digunakan untuk menggoreng, menumis, dan berbagai ativitas memasak lainnya.

Memiliki kandungan yang terdiri dari 71% lemak tak jenuh ganda, 17% lemak tak jenuh tunggal, dan 12% lemak jenuh.

5. Minyak Zaitun

Jenis minyak yang banyak digunakan setelah minyak kelapa sawit adalah extra virgin dan minyak zaitun murni.

Minyak ekstra virgin ini didapatkan dari perasan pertama buah zaitun, sehingga rasa dan aromanya lebih kuat.

Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi, yaitu 77% serta mengandung zat antioksidan yang disebut polifenol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *