MembuatCara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik yang Mudah dan Enak

Hai Sobat, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat bolu gulung kukus batik yang mudah dan enak tentunya. Bolu pandan kukus merupakan salah satu makanan atau kue yang sangat digemari banyak orang. Semoga setelah membaca artikel ini menambah wawasan tentang cara membuat bolu guung kukus batik, simak lanjutannya di bawah ini.

Resep Membuat Bolu Gulung Kukus Batik

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik

Bahan :

  • 6 butir – telur.
  • 12 sendok makan – gula pasir.
  • 1 sendok makan – Sp.
  • 2 sachet – susu indomilk.
  • 12 sendok makan – tepung terigu.
  • Pewarna coklat.
  • Isi an sesui selera me pakai selai strawberry..

Langkah-Langkah Resep Bolu gulung kukus batik :

  1. Mixer gula telur vanili garam so sampai putih berjejak.
  2. Kemudian masuk kan tep tligu berbarengan dg susu aduk sampai rata.
  3. Ambil sedikit adonan kasih warna coklat, masuk kan plastik segitiga ambil juga adonan putih secukupnya masuk plastik segitiga juga.
  4. Ambil kertas roti alasi kertas roti kemudian bentuk gambar batiknya lakukan di kedua loyang.
  5. Kemudian kukus 5 menit adonan yg sudah d batik. angkat masuk kan adonan sisa.
  6. kukus lagi 10 menit, angkat ambil alas kertas roti nya kemudian balik yang ada batik nya taruh bawah..
  7. Olesi selai kemudian gulung dengan kertas roti yang baru. diam kan dulu sampai set, kemudian buka bungkus nya..rapikan siap d bungkus.

Bolu Gulung Khas Dari Berbagai Penjuru Dunia

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Batik

Sebelum kita masuk ke resep cara membuat bolu gulung kukus batik alangkah baiknya kita mengenal Bolu Gulung. Mungkin tak banyak dari kita yang tahu kalau bolu gulung sejatinya adalah variasi olahan kue sponge yang klasik dan telah ada sejak lama.

Kue ini konon berasal dari Austria dan pertama kali muncul pada sekitar abad ke 19 sebelum kemudian menyebar ke seluruh dunia. Seakan tak kehilangan pesona, kue Bolu Gulung kemudian memiliki variasi khasnya masing-masing di berbagai negara. Lalu seperti apa saja ya bolu gulung khas dari berbagai penjuru dunia tersebut?

1. Gulungan Swiss

Swiss Roll menjadi sebutan yang paling banyak digunakan untuk menamai kue bolu gulung hampir setiap negara di benua Eropa dan Amerika, serta memiliki variasi yang cukup beragam. Seperti di Inggris dan Kanada misalnya, menggunakan isian jelly yang mana membuatnya terkadang disebut juga dengan Jelly Roll.

Sementara versi Amerika Serikat, Swiss Roll seringkali dibuat dengan krim dan ganache coklat. Swiss Roll di Amerika Serikat menjadi kudapan manis populer, bahkan diproduksi oleh banyak perusahaan kue komersial dan dibuat dalam ukuran sekali suap.

2. Buche de Noel

Terkenal sebagai salah satu ikon hidangan natal di berbagai negara, varian bolu gulung satu ini berasal dari Perancis. Kue ini terbuat dari gulungan sponge cake yang berisi krim atau selai berbalut buttercream coklat dan dibentuk seperti bongkahan kayu sebelum kemudian dihias sedemikian rupa.

Buche de Noel konon pertama kali dibuat pada abad 19. Menurut sejarah, kue berbentuk bongkahan kayu ini dibuat untuk merepresentasikan tradisi membuat perapian dengan yule log oleh orang-orang zaman dahulu di malam natal. Menarik ya?

3. Gulungan Kulit Harimau

Tiger skin rolls, alias 虎皮蛋糕 (dibaca: Hǔ pí dàngāo) dalam bahasa mandarin, adalah kue bolu gulung bercorak loreng seperti bulu harimau. Kue ini adalah variasi bolu gulung dengan pengaruh kebudayaan Tionghoa, khususnya Tionghoa peranakan. Bolu gulung dengan tampilan unik ini biasanya terdiri atas 2 lapisan, yaitu lapisan dalam yang berisi bolu gulung biasa dan lapisan luar yakni bolu yang dibuat mengkerut dan berwarna salur kecoklatan di lapisan luarnya.

4. Pianono

Pianono adalah varian bolu gulung yang populer di Spanyol, Amerika Selatan, dan Filipina. Kue ini pada awalnya berasal dari Granada, Spanyol, dan nama Pianono sendiri diambil dari kata “Pio Nono” yang mana dalam bahasa Itali merujuk pada nama Pope Pius IX .

Dalam Membuat Pianono bisa dibuat 2 versi, manis atau gurih. Versi gurih biasanya dibuat dengan isian keju atau daging ham, sementara isian manis biasa dibuat dengan krim, selai, bahkan buah-buahan segar. Uniknya, masing-masing negara  memilki Pianono khasnya masing-masing. Seperti di Filipina contohnya, memiliki khas berisikan olesan margarin dengan gula saja.

5. Bolu Gulung

Di Indonesia, bolu gulung biasa dibuat dengan varian rasa yang beragam. Rasa pandan menjadi salah satu varian yang paling banyak diminati. Kebiasaan membuat kue bolu seperti ini juga hadir berkat pengaruh masuknya kebudayaan Eropa pada masa penjajahan Indonesia berabad silam.

Selain untuk santapan atau jamuan pada hari-hari khusus, bolu lezat ini juga jarang menjadi oleh-oleh andalan berbagai kota di Indonesia lho seperti bolu meranti, bolu gulung Surabaya, dan bolu gulung batik.

Klik tautan ini : Cara Membuat Roti Gulung Panggang yang Bantet, Harum, dan Lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *