cara untuk mengurangi penggunaan plastik

Cara Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sehari-hari

Bagaimana cara untuk mengurangi penggunaan plastik?.Nah,maka dari itu lakukan cara berikut ini.sebelum ke caranya simak baik-baik pengertian plastik di bawah ini.

Pengertian plastik

Istilah plastik mencakup produk terpolimerisasi sintetik atau semi sintetik. Plastik dibuat melalui kondensasi organik atau penambahan polimer dan juga dapat terdiri dari bahan lain untuk meningkatkan kualitas plastik. Ada beberapa polimer alam yang termasuk plastik. Plastik dapat dicetak menjadi foil atau serat sintetis.

Cara untuk mengurangi penggunaan plastik

cara untuk mengurangi penggunaan plastik

1.Cara untuk mengurangi Penggunaan plastik-Jangan gunakan sedotan plastik

Sedotan plastik berkontribusi signifikan terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik, kamu bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang kamu hasilkan. Jika masih ingin menggunakan sedotan, maka gunakan sedotan & nbsp; tahan karat & nbsp; yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

2.Cara untuk mengurangi penggunaan plastik-Bawa tas belanja sendiri

Kantong belanja plastik juga merupakan salah satu sumber sampah plastik terbesar, yang berserakan di mana-mana. Kantong plastik biasanya hanya bisa digunakan beberapa kali dan akhirnya harus dibuang. Agar tidak berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan tas belanja kain sendiri. Selain bisa dibersihkan sendiri, tas kain tentunya lebih kuat dan bisa dipakai berulang kali.

3.Cara untuk mengurangi penggunaan plastik-Bawa botol minum sendiri

Jika Anda senang makan di luar, Anda dapat mengurangi penggunaan botol atau gelas plastik dengan menggunakan botol air minum Anda sendiri. Bawalah botol aluminium agar air minum tetap dingin atau hangat dan tahan lebih lama.

4.Biasakan masak sendiri di rumah

Siapa sangka dengan membiasakan memasak makanan sendiri di rumah bisa mengurangi konsumsi plastik. Ruang makan yang ditawarkan oleh restoran biasanya terbuat dari plastik HDPE. Agar bisa mengurangi konsumsi plastik, kamu bisa belajar memasak makanan sendiri tanpa harus makan di luar.

5.Pembatasan penggunaan plastik

Dalam kemasan kemasan Saat ini pengiriman paket sudah menjadi hal yang lumrah. Anda bisa mengganti plastik sebagai media pengemasan dengan menggunakan karton atau kardus sebagai alternatif. Letakkan kotak dengan tebal agar tidak tembus pandang dan air merembes ke dalam.

6.Menggunakan Bahan Bekas yang Bisa Dipakai Lagi

Apabila Anda sudah habis menggunakan sebotol sampo maka botol tersebut janganlah dibuang dan Anda cukup membeli sampo isi ulang saja dan mengisinya kembali pada botol yang sudah habis tersebut.

7.Membuat Tas Daur Ulang dari Pembungkus Plastik

Apabila Anda mempunyai banyak pembungkus plastik yang sudah tidak dipakai maka Anda masih bisa mengubahnya untuk menjadi sebuah tas daur ulang dengan mudah. Kumpulkanlah plastik tersebu dalam jumlah yang banyak agar menyerupai sebuah tas dan jahitlah dengan menggunakan benang.

Manfaat penggunaan plastik yang bijak

Ada juga manfaat dalam penggunaan plastik.berikut ini manfaat penggunaan plastik.

  1. Membantu menyelamatkan lingkungan
  2. Lebih menghemat pengeluaran
  3. Membuat bersih dan rapi
  4. Untuk keberlanjutan lingkungan masa depan
  5. Menjadi karya seni yang diolah dari limbah plastik

Bahaya plastik bagi kesehatan

Dalam kehidupan sehari-hari plastik merupakan produk yang dikemas dalam berbagai bentuk dan fungsi serta banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan berbagai jenis plastik secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan.penggunaan berbagai produk plastik dapat menimbulkan penyakit berbahaya.berikut bahaya plastik Bagi kesehatan.

  1. Kanker
  2. Gangguan kehamilan
  3. Kerusakan jaringan tubuh lainnya. 

Bahaya plastik bagi lingkungan

Bagi lingkungan, sampah dari plastik sangat sulit diolah dan terurai oleh tanah.dan Pada akhirnya mencemari lingkungan sekitar.berikut bahaya plastik bagi lingkungan.

  1. Merusak tanah
  2. Mencemari tanah
  3. Mencemari Sumber air

Baca Juga: Cara Penanggulangan Sampah Plastik di Rumah

Dari cara untuk mengurangi penggunaan plastik di atas dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita agar sampah plastik tidak semakin banyak di lingkungan serta tidak berbahaya bagi diri kita dan juga lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *