Cara Minum Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Cara Minum Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Apakah Anda sedang hamil? Ingin mengonsumsi minyak kelapa tapi ragu? Pada artikel ini saya berikan informasi tentang cara minum minyak kelapa untuk ibu hamil.

Di waktu hamil, seorang ibu butuh nutrisi yang perlu dipenuhi. Agar kondisi sang ibu dan si bayi dalam kandungan tetap sehat. Oleh karena itu seorang ibu yang sedang hamil perlu mencukupi gizi dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang banyak nutrisi. Salah satunya minyak kelapa.

Kandungan minyak jenuh yang sehat menjadikan minyak kelapa bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Di masa hamil, si bayi mendapatkan nutrisi serta kalori esensial dari si ibu.

Jadinya lemak yang berasal dari minyak kelapa akan membuat tubuh sang ibu memiliki energi serta memberi si bayi asupan dengan baik.

Lemak yang dikandung minyak kelapa bisa membantu tubuh dalam membakar lemak dan memberi Anda energi pada tubuh juga otak Anda. Kandungan itu bisa meningkatkan kolesterol HDL(baik) di tubuh Anda. Sehingga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit yang terkait dengan jantung.

Selain berkhasiat untuk tubuh, minyak kelapa klentik juga bermanfaat untuk wajah. Manfaat minyak klentik untuk wajah dapat dirasakan jika Anda menggunakannya secara rutin

Bahkan Anda bisa membuat minyak kelapa ini sendiri dirumah, tetapi jika membuat dalam skala besar tentu Anda membutuhkan mesin pembuat minyak kelapa.

Ketika mengonsumsi minyak kelapa tentu juga tidak boleh berlebihan, semua terdapat aturannya agar khasiat minyak kelapa bisa kita nikmati.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Dapat Mencegah Penyakit Umum

Senyawa yang terkandung minyak tersebut mempunyai sifat anti jamur serta anti virus yang efektif dalam mencegah penyakit umum seperti flu, batuk serta infeksi virus lainnya. Makanan tambahan yang satu ini bisa menjadi perisai pelindung untuk ibu yang sedang hamil, karena seseorang yang sedang hamil sistem imun tubuhnya rentan terganggu di saat sedang hamil.

Jika ibu hamil bisa mengkonsumsi minyak ini dengan teratur, tubuhnya bisa terhindar dari obat kimiawi yang berdampak pada kesehatan si bayi. Hanya dengan meminum sebanyak 2 sendok makan perharinya, maka dapat merasakan manfaatnya.

2. Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness kerap terjadi pada seseorang yang sedang hamil. Minyak kelapa mempunyai sifat yang menenangkan menjadikannya bisa menjadi obat untuk masalah kehamilan seperti morning sickness serta sembelit.

Sifatnya yang menenangkan bisa mengurangi dampak refluks asam yang menjadi penyebab terjadi rasa terbakar pada dada(heartburn). Dan juga membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak.

3. Menghilangkan Stretch Marks

Untuk mendukung perkembangan bayi dalam perut, kulit akan merenggang sehingga bisa menimbulkan stretch mark. Stretch mark sangat menggangu penampilan si penderita serta membuatnya kurang percaya diri.

Oleskan minyak kelapa pada kulit si ibu untuk melembabkan kulit serta meningkatkan elastisitas kulit sang ibu. Dengan kulit yang elastis tentu akan mencegah timbulnya stretch mark pada ibu hamil.

4. Mengatasi Kulit Kepala yang Kering

Hormon yang berfluktuasi di waktu hamil membuat kulit kepala jadi kering. Usap kulit kepala dengan minyak kelapa kemudian biarkan hingga semalam penuh.

Keesokan harinya Anda bisa membilas kepala Anda menggunaka air hangat. Dengan menggunakannya secara rutin, minyak kelapa bisa mengatasi masalah kulit kepala yang muncul di waktu kehamilan.

5. Membantu Menghasilkan ASI Berkualitas Baik

Memiliki ASI dengan kualitas baik tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan sang bayi. Dengan minyak kelapa Anda bisa menaikan kualitas ASI yang Anda hasilkan.

Kandungan di dalamnya terdapat asam laurat yang meningkatkan kualitas ASI sang ibu baik saat kehamilan maupun sesudah melahirkan. Anda perlu mengonsumsi minyak kelapa secara rutin supaya menghasilkan ASI yang berkualitas tinggi.

6. Membantu Penyerapan Vitamin

Lemak yang terdapat dalam minyak kelapa adalah lemak sehat sehingga bisa membantu penyerapan nutrisi serta vitamin ke dalam tubuh. Bila nutrisi serta vitamin terserap dengan baik oleh sang ibu, tentu akan berdampak baik pada pertumbuhan serta perkembangan si bayi.

Cara Minum Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Perhatikan Takarannya

Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk mengonsumsi minyak kelapa ini. Jika anda ingin merasakan manfaat dari minyak kelapa, atur seberapa banyak anda mengonsumsinya dalam sehari. Jangan sampai Anda mengonsuminya terlalu banyak.

Anda hanya perlu mengonsumsi minyak kelapa paling banyak 2 sendok makan atau setara dengan 30 mililiter per harinya.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Lemak Jenuh

Lemak jenuh yang terkandung di dalam minyak kelapa menjadikannya diminati untuk dikonsumsi. Namun di waktu kehamilan, tubuh seorang ibu serta si bayi membutuhkan lebih dari lemak jenuh. Penuhi kebutuhan nutrisi lainnya contohnya zat besi, protein serta serat.

3. Jangan Lupa Olahraga

Tidak hanya dengan menjaga pola makan, menjaga kesehatan juga memerlukan olahraga. Tubuh yang kerap berolahraga akan memperkuat tulang, melancarkan sirkulasi darah serta menyehatkan tubuh. Namun, pastikan anda berolahraga yang cocok untuk ibu hamil ya!

Apakah Minum Minyak Kelapa bisa Memperlancar Persalinan?

Seperti yang kita ketahui minyak kelapa mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Banyak orang percaya bila minyak kelapa bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan.

Minum minyak kelapa dikatakan cara yang ampuh untuk melancarkan proses persalinan seorang ibu hamil. Asumsi ini menjadi tradisi yang sering dilakukan warga indonesia secara turun-temurun.

Karena percaya serta ingin menjalani proses persalinan tanpa hambatan, banyak ibu hamil yang ikut meminum minyak kelapa. Kenyataannya, meminum minyak kelapa untuk melancarkan proses melahirkan tidak terbukti secara ilmiah. Jadi asumsi tersebut merupakan mitos yang tidak dipercayai sepenuhnya.

Walau begitu, minyak kelapa tetap boleh dikonsumsi sewaktu hamil. Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang penuh dengan nutrisi serta antioksidan seperti lemak sehat, asam laurat, vitamin dan mineral. Dengan begitu minyak kelapa bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk si ibu dan sang bayi.

Penggunaan Minyak Kelapa

1. Digunakan Memasak

Minyak kelapa adalah minyak yang dapat dimanfaatkan untuk memasak. Karena sebagian besar dari minyak kelapa merupakan minyak jenuh. Minyak jenuh mempunyai struktur yang tetap serta stabil walau dipanaskan.

Bila dibandingkan dengan minyak tidak jenuh, minyak kelapa tidak mengeluarkan radikal bebas berbahaya sewaktu digunakan memasak.  Berikut merupakan cara memasak dengan minyak kelapa :

  • Menumis. Ambil 1 sampai 2 sendok makan minyak kelapa lalu gunakan untuk menggoreng telur, menumis daging maupun sayuran kangkung, jagung atau jamur.
  • Memanggang. Lumuri daging sapi atau ayam menggunakan minyak kelapa serta bumbu memasak lainnya sebelum mulai dipanggang.

2. Campurkan Langsung pada Makanan

Jika dalam memasak terdapat bahan mentega, minyak kelapa bisa mengganti mentega yang ada pada resep itu.

Apabila anda ingin menambahkan langsung pada makanan, dinginkan makanan Anda terlebih dahulu sebelum menambahkan minyak kelapa di dalam suhu ruang supaya tidak merusak rasa serta tekstur makanan tersebut.

3. Campuran pada Minuman

Campurkan minyak kelapa pada teh, kopi atau smoothies. Tambahkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok teh ke dalam protein shake atau smoothies sedikit-sedikit. Dengan menambahkan minyak kelapa, bisa membuat tekstur smoothies lebih kental serta padat.

Bisa juga mencampurkan minyak ini ke dalam teh maupun kopi Anda. Masukkan dalam takaran kecil saja kurang lebih 1 hingga 2 sendok teh.

4. Minum Langsung

Minyak kelapa dapat langsung diminum tidak perlu ditambahkan ke dalam makanan maupun minuman anda. Minyak kelapa memiliki aroma serta rasa. Sehingga lidah anda dapat menerima rasa dari minyak kelapa.

Cukup sekian yang dapat saya bagikan ke Anda, semoga seluruh kata yang tertulis pada artikel ini bisa bermanfaat untuk orang banyak. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *