Definisi Laporan Keuangan Beserta Jenisnya

Bagaimana cara sebabkan atau menyusun laporan keuangan sederhana sesuai bersama rangkaian atau rangkaian yang benar?

Baca tetap artikel ini untuk sadar lebih sadar perihal cara bikin laporan keuangan khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam perihal ini.

Salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder yakni sebabkan laporan keuangan.

Sayangnya, banyak perusahaan yang belum menemukan dan mempunyai cara pembuatan laporannya sendiri.

Ada banyak faktor yang sebabkan perusahaan tidak memilikinya.

Salah satunya dikarenakan mereka tidak sadar bersama sadar bagaimana cara menyusun informasi keuangan bersama benar dan mudah. 

Untuk menyusun laporan keuangan, Anda lumayan jalankan proses jurnal transaksi dan mengelompokannya ke dalam buku besar dari tiap-tiap akun group aktiva, pasiva, dan laba-rugi yang terdiri dari penjualan dan seluruh biaya. Bisa juga menggunakan Jasa laporan keuangan di Bali.

Definisi Laporan Keuangan

Menurut PSAK No.1 Tahun 2015, laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.

Lebih sadar dalam buku Intermediate Accounting, laporan keuangan didefinisikan sebagai ringkasan suatu proses proses pencatatan transaksi keuangan dan ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang berlangsung sepanjang satu tahun buku yang mengenai (Baridwan, 2004).

Baik untuk perusahaan dalam skala besar maupun dalam skala kecil, laporan keuangan merupakan kewajiban yang mesti dibuat pada tiap-tiap periode.

Jika diibaratkan, jurnal keuangan merupakan jantung dari sebuah perusahaan.

Sebagai pengusaha, Anda mesti bisa membacanya untuk menunjang Anda dalam sadar situasi keuangan perusahaan dan menilai kinerja perusahaan dalam tahun berjalan.

Kemudian Anda bisa mengambil keputusan bersama benar untuk operasional perusahaan sesudah itu berdasarkan laporan tersebut.

Jenis Laporan Keuangan
Sebelum sadar cara sebabkan laporan keuangan, mari ketahui khususnya dahulu jenis-jenis laporan keuangan yang bisa dibagi menjadi:

a. Laporan Laba Rugi, yang mencantumkan transaksi individu dan total duwit yang Anda peroleh (pendapatan) dan duwit yang Anda keluarkan (pengeluaran).

b. Laporan Perubahan Modal, yang menyajikan rangkuman pergantian yang berlangsung dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.

c. Laporan Neraca adalah informasi bagaimana laporan posisi keuangan dari perusahaan/entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun.

d. Laporan Arus Kas, yang menggambarkan perputaran kas perusahaan, perihal jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *