Tips Menyusun Konten Booklet

Tips Menyusun Konten Booklet

Cara Menyusun konten booklet yang menarik ini ternyata mudah. Sebagai salah satu media berbentuk buku, booklet dapat memuat banyak informasi tentang bisnis atau perusahaan Anda. Sehingga banyak perusahaan masih mencetak booklet dan langganan di percetakan buku hingga sekarang.

Tips Menyusun Konten Booklet

Tips menyusun konten booklet sederhana ini dapat menjadi gambaran jika Anda nantinya akan mendesain booklet dan mencetaknya di percetakan buku. Anda dapat menjadikan booklet ini sebagai rancangan awal untuk booklet ideal kedepannya. Simak 4 tips menyusun konten booklet di bawah ini:

  • Buat Sampul Depan atauĀ CoverĀ Booklet

Hal paling penting dalam pembuatan booklet sebelum dibawa ke percetakan buku adalah bagaimana desain cover booklet. Pemilihan sampul depan atau cover ini perlu memperhatikan isi booklet dan tipe konsumen yang dituju jika booklet ini nantinya dibuat dalam jumlah banyak.

Jika pemilihan desain pada cover booklet unik dan bagus, pastinya akan mudah menarik perhatian dari calon konsumen. Selain desain, penting juga untuk memperhatikan jenis kertas yang akan dijadikan sebagai sampul. Sebab dapat mempengaruhi hasil cetakannya nanti.

  • Buat Daftar Isi Booklet

Jika misi membuat desain dan pemilihan cover selesai dilakukan, maka hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pembuatan daftar isi pada booklet. Pertama Anda haruslah menentukan tema booklet yang akan dibuat terlebih dahulu.

Setelah menentukan tema, Anda dapat membuat kerangka untuk daftar isi dahulu. Penulisan daftar isi di booklet untuk menentukan alur penulisan dari poin-poin booklet. Setelah semua isi booklet selesai, bisa ditambahkan nomor halaman dengan melengkapi tabel daftar isi.

  • Buat Isi Booklet

Setelah menentukan apa saja yang masuk dalam daftar isi booklet, maka hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah isi dari booklet tersebut. Booklet harus memiliki isi yang sesuai dengan apa yang akan dipromosikan. Informasi yang disampaikan harus ditulis secara mudah dipahami dan padat.

Inti informasi pada booklet perlu dituliskan dengan jelas dan lengkap dengan beragam gambar ilustrasi dan penjelasannya. Dengan harapan, agar pembaca dapat memahami isi dari booklet dengan lebih mudah.

  • Desain dan Tuliskan Penutup

Bagian penutup booklet umumnya berisi kata penutup, glosarium ataupun penjelasan tentang daftar pustaka, istilah asing, dan kontak yang dapat dihubungi. Tidak jarang juga ada tambahan slogan yang unik supaya bisa menarik perhatian calon konsumen agar mau membaca hingga akhir.

Anda dapat tambahkan sentuhan warna yang sesuai dengan tema produk atau jasa dengan gambar supaya booklet menjadi semakin menarik. Jadi pastikan Anda melakukan semua tips Menyusun konten booklet ini dengan baik sebelum kalian mencetaknya di percetakan buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *