Cara Bikin CV Magang untuk Mahasiswa

Cara Bikin CV Magang untuk Mahasiswa

Internship merupakan program kegiatan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh suatu lembaga. Biasanya, pengalaman ini dapat menjadikan suatu CV lebih unggul. Lantas bagaimana cara bikin CV untuk magang agar dapat dilirik oleh perusahaan?

Cara Bikin CV Magang untuk Mahasiswa

Memiliki pengalaman dan portofolio merupakan kunci mendapatkan pekerjaan. Agar dapat mempunyai pengalaman, mahasiswa disarankan untuk mengikuti program internship. Berikut ini adalah beberapa cara bikin CV magang yang dapat kamu ikuti.

  • Buat tujuan CV secara Menarik

Salah satu cara bikin cv menarik adalah dengan mencantumkan tujuan mengikuti magang. Jelaskan secara tepat mengenai apa yang dapat diberikan dan bagaimana cara membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

  • Cantumkan Soft Skill

Terbatasnya soft skill yang dimiliki biasanya membuat perusahaan menolak untuk menerima anak magang. Cobalah untuk melampirkan sertifikat pelatihan jika ada. Namun, apabila tidak memilikinya, jangan berkecil hati karena ada banyak pelatihan yang dapat diikuti.

  • Tulis Pengalaman Event dan Organisasi

Sebagai anak kuliahan tentu belum memiliki pengalaman bekerja, sehingga dapat diganti dengan pengalaman organisasi atau event yang pernah diikuti. Jadilah mahasiswa aktif mengikuti aktivitas kampus agar terbiasa dengan kerja sama tim dan kepemimpinan,

  • Sertakan Portofolio

Portofolio merupakan contoh pekerjaan yang pernah dikerjakan. Bila belum memilikinya, bisa diganti dengan tugas kuliah yang pernah dibuat. Nantinya berkas ini dilampirkan dalam CV untuk dinilai oleh recruiter.

  • Meminta Rekomendasi Dosen

Mintalah rekomendasi pada dosen untuk meyakinkan perusahaan terhadap kemampuan yang dimiliki. CV yang direkomendasikan pengajar memiliki kesan lebih menarik.

  • Membuat Biodata Sederhana

Buatlah biodata yang sederhana tanpa mengurangi informasi yang ada. Untuk bahasa yang digunakan dalam CV, sesuaikan dengan kebutuhan dan perusahaan incaran. Perlu dicatat bila ada beberapa istilah yang tidak perlu di translate menjadi bahasa Inggris.

  • Menyertakan Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung biasanya dapat menjadi pertimbangan recruiter untuk menerima seorang kandidat. Sebagai mahasiswa, berkas yang bisa dilampirkan antara lain, transkrip nilai, pelatihan, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara bikin CV magang yang dapat kamu ikuti. Cobalah untuk mengikuti beberapa pelatihan soft skill untuk memperkaya kemampuan yang dimiliki. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *