cara bikin abon ikan tuna

Cara Bikin Abon Ikan Tuna Anti Amis

Cara bikin abon ikan tuna dijamin lezat dan tidak amis untuk keluarga sendiri daripada harus membeli abon tuna kemasan. Di waktu saat ini, memang membeli masakan kemasan sangat praktis tanpa repot harus memasak terlebih dahulu. Namun, kita dapat menyajikan masakan yang sitimewa untuk keluarga maka lebih baik memasak sendiri agar dapat menyesuaikan dengan selera keluarga.

Jika kamu sedang mencari cara bikin abon tuna yang lezat dan tidak amis, maka ini adalah pilihan tepat untuk kamu pilih. Cara membuat abon ikan tuna sebenarnya mudah dibuat jika dimasak dengan cara yang tepat.

Nah sebelum memulai memasak abon tuna maka ada beberapa hal yang harus dperhatikan seperti memilih jenis bahan dan kesegaran bahan, kemudian cara mengolah dan menyajikannya.

Di bawah ini, beberapa cara praktis dalam memasak abon ikan tuna yang siap dihidangkan. Abon ikan tun memiliki mandaat yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kita.

Baca Juga: Cara Pembuatan Abon Ayam Buat Stok Lauk Dirumah

Cara Bikin Abon Ikan Tuna

cara bikin abon ikan tuna

A. Bahan Utama

  1. Ikan tuna segar.
  2. Gula merah.
  3. Daun salam.
  4. Serai lalu memarkan.
  5. Daun jeruk.
  6. Lengkuas.
  7. Air asam jawa (jika ada).
  8. Santan.
  9. Air bersih (lebih baik menggunakan air siap minum).
  10. Garam secukupnya.
  11. Minyak Goreng.

B. Bumbu Halus

  1. Bawang putih.
  2. Bawang merah.
  3. Kunyit.
  4. Ketumbar.
  5. Kemiri.

C. Cara Membuat Abon Ikan Tuna

  1. Bersihkan ikan tuna segar lalu kukus. Tunggu sampai matang lalu angkat. Digingkan dan pisahkan daging ikan dari tulang dan duri nya. Daging ikan tuna yang telah dipisahkan lalu di suwir – suwir hingga berbentuk serat – serat halus. Sisihkan.
  2. Siapkan bumbu yng telah dihaluskan lalu tumis bumbu – bumbu tersebut hingga mengeluarkan bau wangi. Kemudian masukan daun salam, daun jeruk, sere, lengkuas, air asam jawa. Tumis sebentar agar bumbu tercampur merata.
  3. Tambahkan air, santan, gula jawa, garam, dan gula pasir secukupnya. Aduk terus hingga mendidih. Cek rasa abon tuna apabila kurang asin dapat ditambahkan garam.
  4. Masukan daging ikan yang telah di suwir – suwir ke dalam bumbu sedikit demi sedikit. Masak menggunakan api sedang dan aduk terus hingga air menyusut dan ikan setengah kering.
  5. Siapkan wajan lalu panaskan minyak secukupnya. Penggunaan minyak jangan terlalu banyak hingga abon terendam. Aduk – aduk terus hingga mengering. Apabila dalam proses penggorengan dirasa kekurangan minyak maka tambahkan sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak membuat minyak langsung terserap oleh abon.
  6. Apabil sudah kering angkat dan tiriskan. Siapkan tempat yang telah di beri alas tisu atau kain penyerap minyak. Tiriskan hingga tidak ada minyak yang tersisa. Dinginkan kemudian abon tuna dapat di simpan ke dalam toples kedap udara.

Salah satu olahan ikan tuna adalah abon tuna. Selain praktis, abon tuna memiliki rasa yang sangat gurih. rasa abon tuna sangat gurih.

Abon ikan tuna adalah jenis makanan yang terbuat dari olahan ikan tuna yang diberi bumbu dan diolah dengan cara dikukus dan digoreng kemudian melalui beberapa langkah proses pengolahan.

Biasanya memilii rasa yang khas yaitu pedas dan manis gurih. Abon ikan tuna unik ini memiliki rasa yang lezat, cocok sebagai pendamping nasi atau isian roti dan lemper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *