Membuat Timus Singkong

Membuat Timus Singkong

Membuat timus singkong, timus merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia, yang berasal dari bahan-bahan yang diproduksi di nusantara. Makanan tradisional ini sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat karena terbuat dari ubi jalar.

Ubi jalar sering diolah menjadi berbagai kuliner yang unik dan khas. Ubi jalar merupakan salah satu hasil bumi yang melimpah terutama di Nusantara, meskipun merupakan tanaman asli Yogyakarta, timus terdapat di Jawa Tengah, termasuk Tegal. Sedangkan di Sundaland ada makanan yang disebut juga dengan “ketimus”.

Namun sedikit berbeda karena terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Timus Yam adalah makanan tradisional yang terbuat dari bahan utama ubi jalar dengan tambahan gula dan sedikit tepung tapioka. Proses pembuatan ubi timus cukup sederhana dan Anda bisa membuatnya sendiri. Mesin pemotong singkong.

Pembuatan timus dimulai dengan mengukus ubi yang sudah dicuci bersih kemudian dikupas dan dihaluskan, bisa dihaluskan atau menggunakan blender. Campurkan ubi jalar dengan tepung tapioka dan gula pasir, aduk hingga rata. Kemudian bentuk bola dari adonan.

Lalu goreng hingga kecoklatan. Ubi timus siap dinikmati. Mulut akan memberi Anda pengalaman rasa yang renyah lembut di luar, lembut di dalam. Timus Yam memiliki tekstur yang lembut, empuk dan perpaduan rasa asin-manis yang nikmat, apalagi saat dingin.

Karena kemudahan pembuatannya, pemasok ubi timus di Tegal semakin sedikit. Banyak orang memilih makanan ini, ubi jalar murah memiliki banyak manfaat kesehatan karena terbuat dari ubi jalar yang tinggi vitamin A dan C, beta-karoten, serat, dan rendah kalori sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Timus Singkong

Singkong bukanlah makanan desa dan juga tidak dikonsumsi oleh masyarakat miskin karena harganya yang relatif murah. Bahan makanan berbentuk akar ini bisa menggantikan nasi dan menjadi makanan pokok di beberapa tempat.

Yucca juga bisa dijadikan teman minum teh atau kopi di sore hari. Diolah dengan cara menggoreng, merebus, menggoreng, kolak, menjadi kue atau makanan lezat seperti getuk, tiwul, timus, keripik kentang atau tepung tapioka.

Karena banyak sekali manfaat kesehatan di balik bentuknya yang sederhana, yucca bar mengandung 30 persen karbohidrat, 18 persen kalori, 4 persen serat, 6 persen mangan, 2 persen kalsium, 1 persen fosfor, 1 persen asam pantotenat, dan 1 persen asam folat mdan mereka bebas gluten. Beberapa manfaat kesehatan dari singkong :

1. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi dalam singkong berperan dalam pembentukan sel darah merah, mencegah anemia serta melancarkan aliran darah dan oksigen yang menjaga sel-sel tersebut tetap sehat.

2. Bergizi untuk Ibu Hamil

Wanita hamil membutuhkan kadar vitamin B kompleks, termasuk asam folat, untuk mencegah cacat lahir.

3. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam yucca mendukung kesehatan pencernaan dan proteinnya juga baik untuk mendukung proses metabolisme.

4. Kesehatan Tulang

Singkong kaya akan vitamin K, kalsium dan zat besi, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Kesehatan Saraf

Kandungan vitamin K dalam singkong juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Singkong mengandung potasium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh yang merupakan vasodilator yang dapat menurunkan tekanan dan stres pada aliran darah dan pembuluh darah, membuat aliran darah dan sistem kardiovaskular menjadi lebih lancar.

7. Sumber Tenaga

Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Singkong kaya akan karbohidrat tetapi tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, sehingga sumber energi masih tersedia dan kita tidak cepat kelaparan.

Membuat Timus Singkong

Bahan untuk 5 porsi :

  • 1 kg singkong
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 250 gram gula merah, sisir
  • 3 sdm gula pasir
  • Sejumput garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Langkah-langkah membuat timus kukus :

  1. Parut singkong, peras airnya untuk mengurangi rasa pahit.
  2. Campur singkong parut, gula merah, kelapa parut, gula pasir, dan garam.
  3. Siapkan daun pisang, pastikan bersih, panaskan sebentar di atas kompor dengan api sangat kecil, ambil adonan yucca secukupnya, taruh di atas daun pisang, bungkus.
  4. Tumis timus sampai matang, sekitar 20 menit, angkat dan sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *