cara membuat kue rangi khas betawi

Cara Membuat Kue Rangi Khas Betawi Yang Manis Dan Gurih Saat Dimakan

Cara membuat kue rangi khas betawi cukup mudah dan bahan yang di gunakan sangat sederhana. Pedagang kue rangi dulu mudah ditemui di daerah Jakarta.

Biasanya, mereka berjualan dengan jalan kaki berkeliling jelang sore sampai malam hari. Sayangnya, pedagang kue rangi sekarang sulit dijumpai di Jakarta.

Sejarah Kue Rangi Khas Betawi

cara membuat kue rangi khas betawi

Kue rangi, atau juga biasa disebut sagu rangi, merupakan salah satu kue tradisional Betawi. Makanan ini terbuat dari campuran tepung sagu atau tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang menggunakan cetakan khusus di atas tungku kecil dan ditutup agar cepat matang.

Kue rangi dihidangkan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji. Untuk menambah selera dan wangi, gula merah dicampur dengan bahan tambahan potongan nangka, nanas atau durian.

Penamaan kue Rangi berasal dari singkatan digarang wangi. Hal ini dikarenakan terdapat proses menggarang yang menuju kepada proses memasak tanpa minyak dan menggunakan arang bara api. Proses memasak ini yang membuat kue Rangi terasa gurih.

Tepung yang digunakan adalah tepung sagu aren agar menghasilkan kue Rangi yang kenyal. Proses memasak tanpa minyak ini dikarenakan kelapa parut yang ditambahkan akan menghasilkan minyak sendiri dan santan kental yang akan menyatukan adonan kue Rangi.

Biasanya orang memarut kelapa masih dengan cara manul, yang membutuhkan waktu sedikit lama. Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir anda bisa mencoba alat Mesin parut kelapa yang bisa mempermudah memarut kelapa.

Cetakan kue rangi mirip dengan cetakan kue pancong atau bandros tetapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue.

Bahan utama untuk membuat kue ini diantaranya, kelapa tua, tepung kanji atau tapioka, serta sedikit garam dan air. Adonan dari bahan kue ini tidak dapat bertahan lama karena mudah sekali basi, sehingga bahan makanan dari kue rangi ini tidak bisa digunakan terlalu lama maksimal satu hari saja.

Baca juga : Resep Bikin Nugget Ayam Yang Enak Tanpa Bahan Pengawet

Karena bahan utama dari jajanan khas betawi ini adalah kelapa yang di parut. Sekarang anda juga bisa membuat makanan dengan mudah. Berikut ini resep dan cara membuat kue rangi khas betawi yang gurih dan enak!.

Kue Rangi Khas Betawi

Bahan – Bahan :

  • 200 gram kelapa tua (diparut kasar)
  • 400 gram tepung sagu tani
  • 1 sdt garam
  • 125 ml air

Bahan Saus :

  • 150 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 5 sdt tepung sagu tani, dilarutkan dengan 5 sendok teh air

Cara Membuat Kue Rangi Khas Betawi :

  1. Campur tepung sagu tani, kelapa parut kasar, dan garam.
  2. Uleni sambil diaduk air sedikit demi sedikit, sampai teksturnya berbutir.
  3. Panasi snack maker dengan api kompor sedang.
  4. Tuang adonan kecetakan dan tutupi snack maker.
  5. Masak kurang lebih selama 5 menit sampai matang, angkat.
  6. Untuk membuat sausnya, rebus air dan gula merah sampai larut kemudian saring. Jika terasa kurang kental, larutkan menggunakan tepung sagu.
  7. Aduk hingga mendidih. hidangkan kue rangi bersama dengan sausnya.

Demikian lah penjelasan detail mengenai asal – usul kue rangi ini hingga bisa dijadikan jajanan khas betawi. Jajanan yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama.

Dengan cita rasa yang gurih dan manis dari gula aren membuat perpaduan yang enak, untuk dijadikan jajanan yang wajib anda coba saat berkunjung di daerah jakarta.

Cara membuat kue rangi khas betawi ini juga sangat mudah dan bahan yang diperlukan, juga cukup mudah untuk dicari. Bagaimana tertarik untuk mencoba membuatnya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *