cara membuat keripik singkong balado pedas manis

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis Bikin Candu

Cara membuat resep keripik singkong balado pedas manis yang mudah dan praktis. Singkong adalah sumber utama dari karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya.

Kandungan karbohidrat yang berada dalam singkong sangat tinggi setelah beras dan jagung. Tidak heran jika singkong sering dijadikan makanan pokok.

Camilan renyah yang terbuat dari singkong ini memang sangat cocok dimakan kapan saja.

Keripik singkong ini banyak di jumpai di berbagai pinggiran jalan. Jika kalian tertarik mencicipi keripik singkong, kalian bisa membuatnya di rumah sendiri dengan berbagai inovasi dan rasa yang kalian suka.

Baca juga : Ide Bisnis, Resep Keripik Singkong Pedas Manis Untuk Jualan

Untuk mencicipi singkong dengan cara berbeda, kalian bisa membuat keripik singkong sendiri di rumah. caranya mudah sekali dan bahan yang diperlukan sangat gampang untuk dicari.

Kalian Ingin tahu bagaimana cara membuat keripik singkong balado pedas manis yang pedasnya bikin nagih? yuk simak artikel berikut ini.

Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis

cara membuat keripik singkong balado pedas manis

1. Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 250 gr singkong
  • 100 gr cabe merah giling sampai halus
  • Secukupnya minyak goreng
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • Ambil 2 siung bawang putih
  • 1/2 lembar daun kunyit berukuran sedang dan buang tulang daunnya

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis :

  1. Kupas singkong dan cuci bersih. Kemudian parut singkong menggunakan parutan kripik. Cuci bersih singkong yang sudah diparut tadi. Bilas berkali-kali hingga air cuciannya menjadi berwarna tidak keruh.
  2. Goreng singkong yang sudah diparut tadi hingga berwarna kuning kecoklatan dan kering lalu tiriskan.
  3. Goreng cabe merah giling halus tadi bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga beraroma wangi dan matang. Setelah matang, angkat dan diamkan agak dingin.
  4. Setelah agak dingin, masukkan kripik singkong tadi ke dalam wadah yang sudah di sediakan. Aduk-aduk kembali sampai tercampur merata keripik singkong dan bumbu cabenya.
  5. Masukkan kedalam toples dan tutup rapat, keripik singkong siap untuk di sajikan.

Tips Cara Membuat Keripik Singkong Balado Pedas Manis

  1. Resep keripik singkong  ini sudah mempunyai takaran pas untuk 350 gram keripik singkong pedas, kalian bisa menambahkan beberapa bahan lain yang ingin kalian gunakan dalam proses pembuatan keripik singkong pedas ini, atau kalian bisa mengganti rasa pedas mengunakan bumbu pedas lain nya sesuai dengan selera kalian.
  2. Jika kalian ingin membuat keripik singkong rasa pedas ini dalam jumlah yang lebih banyak, kalian hanya perlu mengalikan semua jumlah bahan nya dalam beberapa kali lipat saja sehingga dapat tercukupi .
  3. Untuk perendaman dengan menggunakan kapur sirih, hal ini di lakukan untuk membuat keripik menjadi lebih gurih dan lebih renyah pastinya. Sehingga kalian harus merendamnya dalam waktu yang sudah disarankan, yaitu 30 menit.
  4. Sebaiknya tidak lebih atau tidak kurang dari 30 menit karena jika kurang dari waktu yang disarankan maka akibatnya keripik akan bertekstur agak keras, dan jika lebih maka rasa nya juga tidak akan sama.
  5. Pemberian kapur nya juga jangan terlalu banyak, dikarenakan pemberian kapur yang terlalu banyak akan membuat rasa dari keripik nantinya menjadi pahit.

Demikian lah suputar pembahasan menarik yang membahas tentang cara membuat keripik singkong balado pedas manis yang mudah dan tips membuat keripik singkong balado pedas manis.

Dengan disertai beberapa resep yang sudah di rekomendasikan diatas, semoga bisa menambah inspirasi kalian dalam menyajikan camilan yang unik dan menarik untuk dinikmati bersama keluarga kalian. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *