Cara Membuat Kerupuk Bakso Goreng

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan kali saya akan membagikan resep cara membuat kerupuk bakso goreng. Iya anda tidak salah baca kok, bakso yang biasanya dinikmati dengan kuah kaldu yang panas ini ternyata bisa dibuat menjadi kerupuk loh teman-teman. 

Tapi bagaimana ya cara membuat kerupuk bakso goreng yang enak dan juga renyah. Makanya simak terus ya teman-teman. Namun sebelum ke resepnya yuk simak terlebih dahulu mengenai bakso. 

Sejarah Bakso 

cara membuat kerupuk bakso goreng

Meskipun banyak sekali masayarakat Indonesia yang menyukai makanana ini, namun ternyata bakso berasal dari negar China loh teman-teman semuanya. Kuliner yang lezat ini adalah hasil seni kuliner Tionghoa pada abad ke-17. Kata Bakso itu sendiri terdiri dari dua suku kata yang dalam bahasa Hokkien kata bak artinya babi dan kata so berartu makanan. Jadi, arti dari kata Bakso adalah olahan makanan yang terbuat dari daging babi. 

Ada juga sebauah cerita yang menceritakan asal mula dari makanan bakso ini. Pada zaman dahulu, ada seorang anak yang prihatin kepada ibunya yang tidak mendapatkan makanan olahan dari daging. Sang anak pun kemudian berjuang supaya ibunya bisa memakan daging tanpa kerepotan. Dan sang anak mempunyai ide untuk menggiling bakso tersebut dan kemudian membuatnya menjadi bulat-bulat. Ide anak tersebut pun ternyata berhasil, dan karena kemudahan dalam memakannya bakso pun dengan cepat digemari oleh orang-orang dan menjadi populer. 

Pada awalnya, bakso pun terbuat dari daging babi, namun dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam mka daging babi pun kemudian diganti dengan menggunakan daging sapi, ayam, atau juga bisa menggunakan ikan. 

Jenis-jenis Bakso Yang Bisa Kita Jumpai Di Indonesia 

cara membuat kerupuk bakso goreng
1. Bakso Cuanki

Cuanki sendiri adalah singkatan dari cari uang jalan kaki. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas Bandung ini bukan? 

Makanan ini biasanya dijual dengan cara keliling dengan menggunakan gerobak. Cuanki biasanya disajikan dengan bakso, siomay kering, siomay kukus, dan juga tahu rebus yang disajikan dengan kuah panas serta beraneka ragam bumbu. 

2. Bakso Ikan Ekor Kuning 

Bakso yang berikutnya ini berasal dari daerah Karimunjawa. Dan sesuai dengan namanya bakso yang satu ini terbuat dari ikan ekor kuning yang menjadikannya berwarna putih. Bakso ini memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal, dan biasanya disajikan tanpa mie hanya diberi taburan daun bawang saja. 

3. Bakso Malang 

Sama halnya dengan namanya, bakso yang berasal dari Malang ini merupakan hidangan bakso yang paling lengkap. Bakso malang biasanya disajikan dengan bakso sapi, siomay kukus, tahu rebus, dan juga pangsit kering. Jenis bakso yang satu ini merupakan salah satu hidangan yang paling mengenyangkan dikarenakan isiannya yang teridir dari berbagai macam makanan. 

4. Bakso Solo 

Salah satu jenis bakso yang berasa dari Solo ini memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa kuah kaldu yang kuat. Hal yang menjadikan bakso ini spesial adalah bukan hanya disajikan dengan mie dan bakso saja, tetapi ditambahkan dengan irisan tetelan daging yang akan membuat rasanya menjadi semakin nikmat.

5. Bakso Aci 

Jenis bakso yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita bukan? Iya baso aci, bakso yang satu ini kini menjadi populer sebagai jajanan hits yang berasal dari daerah Garut. Hidangan bakso ini berisikan bakso aci, tahu, cuanki, sukro cikur, siomay kering, dan dicampur dengan perasan air jeruk nipis, dan terkadang ada juga yang menambahkannya dengan ceker ayam.

6. Bakso Balungan 

Bakso yang satu ini berasal dari daerah Demak dan disajikan dengan balungan atau tulang yang masih berbalut dengan daging. Sehingga memiliki rasa yang lebih gurih dan juga nikmat. Jenis bakso yang satu ini juga biasanya dilengkapi pula dengan bahan lain seperti bakso daging pada umumnya. 

Resep Cara Membuat Kerupuk Bakso Goreng 

cara membuat kerupuk bakso goreng

Bahan-bahan : 

  • 300 gr (atau secukupnya) Bakso Sapi 
  • Secukupnya bumbu tabur bubuk 
  • Secukupnya minyak goreng 

Cara membuat : 

  1. Langkah yang pertama potong-potong bakso dengan ukuran sesuai selera, semakin tebal potongan bakso maka semakin lama pula menggoregnya. 
  2. Panaskan minyak, dan goreng sebagian bakso sampai mengapung saja, kemudian angkat tiriskan dan kemudian sisihkan, lakukan sampai habis. 
  3. Goreng kembali bakso dengan minyak yang panas dan juga api besar. Dan setelah bakso agak mengering kemudian kecilkan apinya. Goreng bakso sambil diaduk sampai terasa ringan dan garing serta warnanya berubah menjadi keemasan. Angkat dan kemudian tiriskan. 
  4. Setelah bakso dingin taburi dengan bubuk tabur sesuai selera atau juga bisa polos saja juga sudah enak. 
  5. Dan keripik bakso goreng pun siap untuk disantap. Anda juga bisa menggunakan hand sealer jika hendak dijadikan ide usaha supaya lebih awet garingnya. Anda bisa mendapatkan hand sealer tersebut di rumah mesin yang memiliki kualitas yang terbaik dan terjamin.

Bagaimana? Tertarik? 

Nah itu tadi teman-teman topik pembahasan pada artikel kita kali ini yaitu mengenai cara membuat kerupuk bakso goreng yang tentunya resep diatas bisa anda ikuti di rumah masing-masing. 

Semoga resep diatas bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk berkreasi di rumah atau juga bisa dijadikan ide untuk jualan yang keuntungannya lumayan juga. Terimakasih sudah membaca artikel ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *