Pentingnya Tiang Lampu

Tiang lampu jalan minimalis – Penerangan jalan merupakan salah satu komponen yang penting yang menciptakan keamanan di jalan. Selain menekan kemungkinan tindak kriminalitas, lampu jalan penerangan juga dapat menghidupkan jalur pedestrian, dan membuat pejalan kaki terlihat saat malam hari. lampu jalan di trotoar harus dapat memastikan tingkat pencahayaan (lumen) yang sesuai dengan peruntukan Kawasan.
Pada daerah padat kota, lampu jalan semestinya lebih terang dan pada area permukiman dibuat cukup terang sehingga dapat mencegah dark spoty. Kelengkapan fisik dari fasilitas penerangan diusahakan tidak menganggu ruang bebas pejalan kaki atau tidak pula menganggu guiding block.

Untuk meningkatkan penataan ruang daerah. Baik di perkotaan maupun pedesaan, sudah banyak ruas jalan umum yang dilengkapi dengan fasilitas pencahayaan pada waktu malam. penerangan yang penting tersebut mutlak diperlukan karena merupakan salah satu kebutuhan masyarakat ketika melalui jalanan.

Pencahayaan Jalan atau dikenal sebagai penerangan jalan umum adalah infrastruktur lampu yang merupakan pelengkap jalan ,digunakan untuk pencahayaan jalan di malam hari sehingga membuat pejalan kaki melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat menjamin keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Peran utama lampu PJU adalah memberikan pencahayaan buatan untuk pengguna jalan agar membuat mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari, entah itu para pejalan kaki, orang yang bersepeda dan pengendara kendaraan. Keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan dan para pejalan kaki akan lebih aman dari kegiatan/ tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu pencahayaan jalan juga dapat memberikan nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pejalan kaki yang melintas. Serta dapat menjadi ikon suatu daerah tersebut.

penerangan jalan merupakan komponen elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat meliputi penggantian lampu yang mati ataupun pengecekan kondisi PJU.
Tiang lampu PJU, bisa diletakkan dengan jenis dimana jarak tiang sejajar antara 25-50m. Hal ini memastikan bahwa intensitas cahaya relatif merata di permukaan jalan sehingga penerangan lebih efektif dan meminimalisir area yang tidak tersinari (blank spot).

Lampu penerangan bisa dipasang di wilayah jalan baik yang berhadapan maupun yang berselang dan di tengah (di bagian median jalan). Tiang penerangan jalan yang dipasang di tengah biasanya diperuntukan untuk jalan yang hiruk pikuk dan kecepatan kendaraan tinggi (misalnya : jalan bebas hambatan, jalan utama) sementara itu pemasangan lampu pada satu sisi tepi jalan lebih digunakan pada jalan dengan lalu lintas yang tidak ramaiatau bidang jalan yang tidak lebar seperti jalan lokal, jalan desa, dan jalan satu arah.

Bentuk dari Tiang lampu PJU itu sendiri bisa disesuaikan dengan image dan konsep jalan dimana Tiang lampu penerangan jalan umum itu berada. Seperti Tiang lampu jalan yang ada di daerah malioboro, dimana malioboro menjadi ikon pusat kota di Jogjakarta dan merupakan top destinasi yang diunggulkan bahkan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan menggunakan seperti ciri khas dari kota Yogyakarta itu sendiri ,menjadikan kesan romantisme jogja dan memberikan estetika sekaligus ikonik kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *