energi baru terbarukan

Potensi Energi Baru Terbarukan

PLN mencatat bahwa konsumsi listrik di luar wilayah jawa mengalami peningkatan hingga 11% namun tidak dibarengi dengan pertumbuhan infrastruktur yang tidak lebih dari 6%. Hal tersebut yang jadi salah satu penyebab utama kurangnya pemerataan pasokan listrik di luar wilayah jawa atau masih terdapat krisis energi di banyak wilayah negeri. Solusi jangka pendek yang diambil adalah dengan mencoba memanfaatkan potensi sumber energi baru terbarukan di wilayah-wilayah tersebut.

Energi baru terbarukan atau EBT merupakan salah satu energi alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan energi tak terbarukan. Penggunaan EBT bukan hanya sebagai alternatif, tapi juga diharapkan kedepannya bisa jadi sumber utama penggunaan energi. 

Energi baru terbarukan memiliki banyak potensi baik untuk jangka pendek maupun panjang. Energi terbarukan sifatnya tidak akan habis secara alamiah karena menggunakan sumber energi alam seperti arus air laut, aliran air sungai, panas bumi atau geothermal, biomassa, panas sinar matahari dan lain sebagainya sehingga tidak perlu khawatir untuk kehabisan sewaktu-waktu.

Penggunaan EBT juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan banyak polusi seperti halnya batubara, bensin, minyak bumi yang dapat menghasilkan polusi udara. 

Apabila penggunaan energi baru terbarukan sudah bisa dilakukan secara umum, maka hal tersebut akan membuat masyarakat menjadi lebih mandiri dan tidak lagi terlalu bergantung pada Perusahaan Listrik Negara (PLN). Masyarakat bisa membangun penghasil sumber energi untuk daerah mereka sehingga pemerataan pengadaan energi bisa lebih merata di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, terdapat platform yang menawarkan kemudahan anda mendapat pengalaman baru dalam pelayanan jasa ketenaga listrikan yaitu melalui PJBACCES https://www.ptpjb.com/

Namun tentu saja untuk mewujudkan hal tersebut butuh usaha yang lebih karena saat ini penggunaan energi baru terbarukan masih sangat terbatas. Penggunaan energi tersebut di dalam negeri masih dalam tahap uji coba untuk digunakan secara massal. Berbagai upaya dilakukan baik oleh pihak pemerintah maupun swasta dalam mewujudkan pemberdayaan bangsa dengan EBT dan berkelanjutan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *