Cara Memilih Bahan Bangunan dari Ahlinya

Ketika akan membangun rumah atau bangunan komersial lainnya, sebagian orang hanya mempertimbangkan mengenai desain dan kekuatan fondasi saja. Padahal agar sebuah bangunan bisa bertahan lama, diperlukan material yang berkualitas. Semakin bagus bahan yang digunakan untuk membangun rumah, semakin kokoh rumah yang akan Anda miliki.

Beberapa pakar konstruksi percaya bahwa ada langkah-langkah tertentu yang bisa Anda lakukan untuk menentukan material terbaik. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca info penting disini : Desain Rumah Modern

Pilih Material Berkualitas SNI

Pexels
Di pasaran, ada banyak sekali jenis dan merek produk. Sebut saja besi baja tulangan atau semen. Meski membebaskan Anda dalam memilih, tapi tanpa adanya standar khusus, Anda akan kesulitan menentukan mana yang kualitasnya paling baik. Karena itulah pemerintah menetapkan SNI atau Standar Nasional Indonesia untuk beberapa material bahan bangunan.

Untuk semen misalnya, BSN (Badan Standarisasi Nasional) sudah menetapkannya sejak tahun 2014 silam. Ada 6 jenis semen yang sudah sesuai dengan standar termasuk semen Portland, semen Masonry, Portland Pozzolan dan lain sebagainya. Selain semen, standar nasional juga berlaku untuk berbagai bahan bangunan lainnya seperti rangka atap.

Memilih material konstruksi yang sudah SNI akan membuat bangunan yang dihasilkan juga terstandar. Secara langsung kualitas bangunan juga akan lebih tahan lama, lebih aman dan tentu nyaman bagi para penghuninya.

Pentingnya Trial and Error
Seperti halnya pekerjaan lain, dalam dunia konstruksi trial and error juga perlu dilakukan. Ada berbagai rumus yang mungkin tidak akan Anda temukan dalam buku panduan melainkan harus dicoba sendiri. Dengan melakukan percobaan, Anda jadi tahu jenis semen apa yang paling cocok untuk plester dan bagaimana komposisi adonannya.

Selain proses trial and error, pelatihan untuk para tukang juga diperlukan. Lebih dari sekadar praktik di lapangan, beberapa materi yang sifatnya teori juga perlu dimiliki oleh para tukang. Dengan memadukan material berkualitas terbaik, pengetahuan teknis serta teori yang mumpuni, bangunan yang dihasilkan juga akan bagus dan kokoh.

Jangan Tergoda dengan Harga Murah
Ketika memilih material bangunan, banyak orang yang ingin menekan biaya serendah-rendahnya dengan memilih bahan baku yang murah. Padahal, harga yang terlalu murah belum tentu memiliki kualitas yang baik. Kalau Anda tetap memaksakan diri memakai bahan yang murahan, ini malah akan menambah biaya perbaikan karena nantinya bangunan pasti akan cepat rusak.

Alih-alih, pilihlah bahan bangunan dengan harga yang masuk akal dan terjangkau. Dengan material berkualitas, bangunan maupun rumah bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa kerusakan berarti.

Sesuaikan dengan Kondisi Lingkungan
Meski secara umum Indonesia adalah negara tropis, tapi ada beberapa daerah di Indonesia yang cenderung lebih panas atau lebih lembap. Kondisi ini secara langsung berpengaruh pada jenis material yang digunakan untuk membangun rumah.

Jika tanah di tempat Anda akan mendirikan bangunan memiliki daya dukung rendah, Anda mungkin harus menggunakan pondasi yang dalam dengan material bekisting khusus. Di daerah yang panas, beberapa jenis atap mungkin sebaiknya tidak digunakan karena bisa menaikkan suhu di dalam bangunan. Hal-hal teknis semacam ini harus diperhatikan dengan baik sebelum memilih material. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan bangunan yang fungsional dan nyaman ditempati.

Gunakan Material yang Ramah Lingkungan
Seperti industri lain, industri konstruksi juga menyumbang limbang yang cukup banyak. Baik dari sisa-sisa potongan material ataupun limbah kimia. Karena itu, Anda disarankan untuk memilih produk yang ramah lingkungan.

Untuk material kayu misalnya, usahakan untuk memilih yang nilai konsumsinya rendah dan tidak beracun. Begitu juga ketika memilih cat dan material lainnya. Meminimalisir limbah akan membuat lingkungan tetap nyaman dan penghuni bangunan tetap sehat.

Itulah beberapa tips penting dalam memilih material bangunan. Jika Anda tidak mau dipusingkan dengan pemilihan material terbaik, Anda bisa menyerahkan proses pembangunan rumah Anda pada kontraktor berpengalaman seperti Cipta Kreasi. Kami siap membantu Anda mulai dari desain, memilih material sampai proses konstruksi dan bangunan siap ditempati. Hubungi kami sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *