5 Ide Menu Buka Puasa Berkuah

Ide Menu Buka Puasa Berkuah Yang Segar Dan Mengenyangkan

Selain minum air putih, hal lain yang dapat menyegarkan saat buka puasa adalah makanan berkuah. Kamu bisa membuat menu buka puasa berkuah yang segar dan mengenyangkan untuk keluarga di rumah di sela-sela menu masakan lainnya selama Ramadhan. Salah satu jenis makanan yang cocok untuk buka puasa adalah masakan berkuah, simak ide menu buka puasa berkuah untuk anda.

Masakan berkuah tidak hanya menyegarkan namun juga menghangatkan perut yang seharian kosong. Masakan berkuah juga tidak akan membuat perut sakit, justru dapat memberikan manfaat untuk tubuh, apalagi jika ditambahkan sayuran yang segar didalamnya. 

Yuk, intip 5 ide menu buka puasa berkuah yang segar dan mengenyangkan dibawah ini :

  1. Soto Lamongan

Selain terkenal dengan cita rasa gurih dari kuah bening yang terbuat dari kaldu ayam kampungnya, Soto Lamongan juga terkenal karena dapat disajikan dengan serbuk kerupuk udang dalam kuahnya atau yang lebih dikenal dengan nama koya. Ini bisa menjadi rekomendasi menu buka puasa berkuah yang segar, lezat, dan mengenyangkan.

ide menu buka puasa berkuah

Soto Lamongan memiliki isian yang cukup lengkap. Ada suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, bihun, kentang, dan irisan telur ayam. Isian tersebut dapat membuat menu buka puasa berkuah kamu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. 

  1. Sup Daging

Jika kamu suka daging, berbagai pilihan sup daging berkuah bening akan sangat cocok dihidangkan sebagai menu buka puasa berkuah. Ternyata masakan yang kerap menjadi pilihan ini memiliki banyak kandungan protein, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. 

ide menu buka puasa berkuah

Selain itu, sup daging juga biasanya mengandung asam amino sistein, glukosamin, dan sebagainya yang merupakan antivirus, anti pembengkakan, serta antioksidan. Bahkan, menu ini juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan supaya tidak mudah sakit saat puasa. 

  1. Sop Buntut

Sop dari bahan utama ekor sapi ini dulunya hanya bisa ditemukan di restoran-restoran mewah saja. Namun, sekarang kamu sudah bisa menemukannya diberbagai tempat. Masakan dengan aroma dari rempah yang dapat menghangatkan perut ini juga menjadi pilihan terbaik menu buka puasa lezat lainnya. 

ide menu buka puasa berkuah

Buntut sapi yang diolah bersama bahan serta rempah pilihan ini akan menjadi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Buntut sapi yang menjadi bahan utama pembuatan sop buntut ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang membantu tubuh tetap kuat dan sehat selama puasa. 

  1. Sup Keriting Asparagus

Menu buka puasa berkuah yang berasal dari Tiongkok Selatan ini merupakan campuran sup krim asparagus dengan putih telur dan daging kepiting. Rasanya yang pekat, gurih, dan sedikit manis ini akan cocok disantap saat berbuka puasa. 

ide menu buka puasa berkuah

Tidak hanya enak, bahan-bahan yang digunakannya juga bernilai gizi tinggi. Kepiting dan putih telur mengandung protein tinggi. Sementara asparagus mengandung antioksidan, vitamin A, B, dan K yang dapat melindungi dari sinar matahari, menjaga kesehatan murah, serta memperkuat tulang.

  1. Bakso

Menu buka puasa berkuah yang satu ini memang sudah menjadi makanan favorit berbagai kalangan. Bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bakso yang terbuat dari daging giling berbentuk bulat ini memang sangat enak dan kaya protein yang dibutuhkan tubuh juga. 

ide menu buka puasa berkuah

Selain itu, adanya tambahan lauk seperti mie keriting atau bihun, daun seledri, bawang goreng, kecap, sambal, dan kerupuk pangsit tidak hanya membuat bakso semakin enak saja, namun juga kaya akan karbohidrat. 

Supaya menu buka puasa berkuah ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, sebaiknya hindari bakso dengan bumbu yang mengandung banyak garam, karena dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *