kandungan dalam cengkeh

Kandungan Dalam Cengkeh yang Bermanfaat

Kandungan Dalam Cengkeh  – Cengkih merupakan tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa dan sebagai bahan utama rokok kretek Indonesia.

Cengkih adalah rempah serbaguna dengan rasa pahit dan aroma yang khas. Cengkih biasa dipakai untuk bumbu untuk memanggang, untuk menambah cita rasa minuman , dan untuk memperkuat aroma kue.

Tapi ternyata dalam kandungan nutrisi dalam cengkeh juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cengkeh yang dapat kita rasakan? Kandungan nutrisi penting dalam cengkeh Meski bertubuh kecil, jangan remehkan kandungan nutrisi dalam cengkeh.

Satu sendok teh cengkeh sama dengan (2 gram) terdapat 21 kalori energi, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutuhan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C kebutuhan harian tubuh.

kandungan dalam cengkeh

Cengkih juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski dalam jumlah sedikit. Berbagai vitamin dan mineral penting ini mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh Anda. Namun tidak hanya itu, cengkeh juga memiliki berbagai manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti di bawah ini:

1. Menghilangkan Mual

Anda cukup mengkonsumsi segelas air rebusan cengkeh dan jika rasanya kurang enak, Anda bisa menambahkannya dengan madu. Bergizi Cengkih adalah gudang nutrisi penting mulai dari vitamin yang baik hingga nutrisi penting seperti kalsium dan magnesium. Cengkih bahkan dapat memberi Anda jumlah energi yang baik dan mengandung serat makanan.

2. Mencegah Peradangan

(Inflamasi) Flavonoid ditemukan dalam minyak cengkeh. Ini cukup baik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa bermanfaat untuk pasien rematik.

3. Cengkih juga dapat digunakan sebagai ekspektoran

untuk mengobati berbagai kondisi saluran pernapasan ringan. Baik untuk Kesehatan Jantung Eugenol yang terkandung dalam cengkeh berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah dan mencegah stroke. Hingga saat ini, para peneliti masih melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh untuk kesehatan jantung.

4. Anti Bakteri Dan Jamur

Cengkih bisa menjadi cara alami untuk melawan bakteri yang merugikan lambung dan melawan kuman di mulut. Selain itu, eugenol yang terkandung dalam cengkeh telah terbukti memiliki sifat antijamur dan efektif dalam memerangi penyakit kulit yang disebabkan oleh kurap.

5. Mengobati Batuk

Tak hanya bisa meredakan bau mulut, mengunyah cengkeh juga bisa menyembuhkan batuk. Ini mungkin terasa sedikit pahit dan memiliki sisa rasa pahit, tetapi bahan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

6. Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai obat sakit gigi. Eksperimen terbaru telah membuktikan sifat analgesik cengkeh. Jadi jika suatu saat Anda sakit gigi, Anda bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai obatnya. Bagian cengkeh yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bunga cengkeh. Caranya, sangrai 5 sampai 10 siung lalu ditumbuk sampai halus. Bubuk cengkeh yang dihasilkan kemudian ditaburkan pada gigi yang sakit.

7. Penambah libido

Cengkih secara tradisional dianggap memiliki sifat afrodisiak/viagra alami. Sayangnya belum banyak penelitian tentang hal ini. Selain itu, cengkeh juga terbukti membantu dalam kasus ejakulasi dini.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Cengkih merupakan sumber beta-karoten yang baik untuk tubuh. Pigmen karoten dalam cengkeh merupakan antioksidan dan provitamin yang penting. Pigmen karoten bisa diubah menjadi vitamin A, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata kita.

9. Menghambat Radikal Bebas 

Eugenol pada cengkih juga termasuk sumber antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan membantu tubuh buat melawan radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel dan dapat menyebabkan penyakit. 

10. Peningkatan Fungsi Hati

Cengkih juga dapat meningkatkan fungsi hati. Eugenol yang ditemukan dalam cengkih bisa membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati dan penyakit hati berlemak. Tak hanya itu saja, cengkih juga bisa meningkatkan fungsi hati sehingga bekerja lebih baik.

Demikian adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam cengkeh, yang termasuk sangat bermanfaat juga bagi kesehatan dan tidak hanya dimakanan saja. Kita bisa menggunakan mesin perontok cengkeh untuk produksi atau panen tanaman cengkeh agar lebih efektif. Selamat mencoba!

/// Baca Selengkapnya \\\

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *