cara membuat amplang ikan bandeng

Cara Membuat Amplang Ikan Bandeng Yang Rasanya Gurih Dan Renyah

Cara Membuat Amplang Ikan Bandeng – Seperti yang sudah Anda lihat pada judulnya, disini saya akan mengkreasikan amplang dari yang biasanya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Kali ini saya ubah menjadi ikan bandeng mari simak cara membuat amplang ikan bandeng.

Tetapi sebelumnya apakah Anda sudah tau kalau kerupuk amplang memiliki peluang usaha yang bagus? Itu karena masyarakat Indonesia sangat menggemari cemilan satu ini salah satunya adalah kerupuk amplang. Nah anda bisa membaca resep asli amplang serta analisis usahanya pada artikel cara membuat amplang.

Peluang ini memiliki keuntungan yang besar loh, bagi Anda yang tertarik tetapi memiliki modal yang kecil jangan khawatir karena Anda hanya perlu membeli satu alat saja kok, yaitu hand sealer. Kenapa harus hand sealer dan apa kegunaan dari hand sealer? Kegunaan dari alat ini yaitu untuk merekatkan plastik pada pembungkusan. Manfaatnya yaitu kerupuk tidak akan terkena udara luar yang menyebabkan kerupuk tidak renyah lagi.

Selain alat tersebut Anda dapat menggunakan alat masak yang terdapat pada dapur rumah Anda. Sebelum kita ke resepnya ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari ikan bandeng tersebut. Selain memiliki rasa yang enak ternyata ikan bandeng juga memiliki manfaat yang cukup banyak, yuk simak pembahasannya:

10 Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Ikan Bandeng:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol ‘baik’ (HDL) serta kolesterol ‘jahat’ (LDL). Apabila kolesterol ‘baik’ diperlukan tubuh maka sebaliknya terjadi pada kolesterol ‘jahat’ yaitu tidak berguna bagi tubuh bahkan condong ke bahaya. Bahkan, kolesterol ‘jahat’ jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang sangat serius seperti stroke dan juga jantung.

Manfaat ikan bandeng selanjutnya yaitu untuk menekan kadar kolesterol ‘jahat’ supaya tidak melebihi kadar kolesterol ‘baik’ pada tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena ikan bandeng ini mengandung sejumlah nutrisi seperti asam lemak omega-3, EPA, dan DHA. Kandungan asam lemak esensial sudah terbukti secara ilmiah bisa mengendalikan kadar lemak LDL pada tubuh anda.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan mengonsumsi ikan bandeng secara rutin bisa membuat daya tahan tubuh anda selalu terjaga, jadi tubuh tidak akan mudah untuk terserang penyakit. Manfaat ikan bandeng yang ini karena didalam ikan bandeng terkandung nutrisi, vitamin seperti zat besi dan juga vitamin A, yang mana kedua vitamin tersebut merupakan elemen yang penting untuk menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

3. Sumber Energi

Pada ikan bandeng terkandung 123 kalori pada setiap 100 gram-nya. Hal tersebut menjadikan ikan bandeng sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh anda. Sebagaimana diketahui, bahwa tubuh sangat membutuhkan kalori sebagai ‘bahan bakar’ agar bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

Namun perlu di perhatikan asupan kalori harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai agar kalori tidak menumpuk dan akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat menaikkan barat badan anda.

4. Merawat Tulang dan Gigi

Manfaat ikan bandeng selanjutnya adalah merawat kesehatan tulang serta gigi anda. Hal tersebut karena ikan bandeng mengandung mineral yaitu kalsium dan juga fosfor, kedua mineral tersebut berfungsi sebagai pembentuk serta menjaga kesehatan dan kekuatan, baik tulang maupun gigi anda. Tidak ketinggalan, manfaat ikan bandeng  ini diperkuat dengan adanya kandungan vitamin D yang memiliki fungsi sama bagi tulang dan gigi.

5. Mencegah Radang Sendi

Kekurangan asupan asam lemak omega-3 menjadi salah satu pemicu munculnya peradangan atau inflamasi pada persendian tubuh anda. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anda, mengonsumsi ikan bandeng secara rutin menjadi salah satu cara alami yang terbaik yang dapat dilakukan.

Karena sudah jelas, bahwa ikan bandeng mengandung banyak kandungan asam lemak tak jenuh, bahkan mencapai kurang lebih 60 persen dari total kandungan lemak yang ada di dalam ikan bandeng.

6. Meminimalisir Penyakit Jantung Koroner

Kandungan asam lemak omega-3, omega-6, EPA, dan DHA pada ikan bandeng juga mampu untuk meminimalisir penggumpalan darah pada pembuluh darah koroner, dimana kondisi tersebut menjadi pemicu utama munculnya penyakit jantung koroner yang sangat mematikan tubuh. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi ikan bandeng ini apabila anda tidak ingin memiliki penyakit jantung koroner yang mengancam nyawa anda.

7. Merawat Fungsi Ginjal

Vitamin B12 yang terkandung pada ikan bandeng bermanfaat untuk mencegah dan juga mengatasi masalah pada organ ginjal. Vitamin B12 sendiri  berfungsi untuk membantu proses pembuangan limbah yang ada pada tubuh yang berasal dari makanan, limbah tersebut apabila terus-menerus ada di dalam tubuh akan berubah menjadi racun yang sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Selanjutnya, kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng bisa menjadi sumber energi yang baik bagi ibu hamil, juga dapat mencegah ibu hamil dari rasa stres atau bahkan depresi, dimana hal tersebut sangat tidak baik khususnya bagi perkembangan janin yang ada di dalam perutnya.

Protein pada ikan bandeng juga bermanfaat untuk bayi, yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang tulang serta otak pada janin. Sedangkan kandungan asam lemak omega-3 dan juga omega-6 berperan untuk pembentukan sistem saraf.

9. Merawat Fungsi Mata

Jangan lupakan kalau ikan bandeng merupakan sumber vitamin A. Pada setiap 100 gram ikan bandeng terkandung kurang  45 mikrogram vitamin A. Dengan begitu, mengonsumsi ikan bandeng secara teratur akan merawat kesehatan dan juga fungsi mata anda.

Selagi mata yang anda miliki masih sehat serta belum bermasalah, sering-seringlah untuk mengonsumsi ikan bandeng supaya risiko mata untuk mengalami masalah kesehatan di masa yang aka\datang dapat diminimalisir.

10. Mencegah Penyakit Saraf

Menurut ahli teknologi pangan dari ITB, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, dengan mengonsumsi ikan bandeng secara teratur atau rutin bisa mencegah terjadinya penyakit pada saraf, juga meminimalisir tingkat stres pada diri seseorang.

Manfaat ikan bandeng yang satu ini tak lepas dari kandungan DHA dan EPA yang terdapat didalam ikan bandeng, yang mana kedua kandungan tersebut merupakan asam lemak esensial yang sangat baik untuk kesehatan saraf.

Cara Membuat Amplang Ikan Bandeng

cara membuat amplang ikan bandeng

Bahan-bahan:

  • 200 mililiter air.
  • ½ kilogram ikan bandeng, bersihkan.
  • 21 gram garam.
  • 8 siung bawang putih.
  • 2 bungkus tepung tapioka.
  • 126 gram gula pasir.
  • 2 butir telur ayam.
  • Soda secukupnya dan penyedap rasa.

Cara Membuat Amplang Ikan Bandeng:

  1. Bawang putih, gula pasir, garam, ikan dan tambahkan air lalu blender sampai menjadi halus. Masukkan bumbu ke dalam sebuah wadah. Tambah soda, setelah itu aduk-aduk sampai merata semua.
  2. Masukkan tepung tapioka kedalam wadah tadi sedikit demi sedikit, sembari di uleni sampai adonan kalis. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil atau sesuaikan dengan selera dan keinginan anda.
  3. Goreng amplang di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai amplang mengembang dan berubah warna menjadi kekuningan. Angkat dan tiriskan amplang, gunakan tissue makan untuk mengurangi minyak yang menempel.
  4. Amplang ikan bandeng siap dinikmati. Jika Ingin tahan lama, Anda perlu menyimpan di ruangan tertutup atau bisa menggunakan alat Hand Sealer untuk mencegah udara masuk pada plastik.

Itulah cara membuat amplang ikan bandeng dan 10 manfaat ikan bandeng bagi kesehatan tubuh. Bahan dari amplang memang beragam, mulai dari ikan tenggiri, udang, bandeng, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak suka bandeng Anda bisa mengganti dengan bahan lain. Terima kasih sudah mampir dan jangan lupa share ke teman atau saudara Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *