Kegunaan Palm Kernel Shell

Salah satu bahan pakan yang potensial adalah pemanfaatan Palm Kernel Shell. Merupakan bagian keras dari inti sawit yang berwarna coklat. Ini adalah produk sampingan dari minyak sawit dan bahkan mencapai 45% dari pengolahan sawit.

Dan juga, memiliki banyak kegunaan antara lain arang aktif, material paving, dan manfaat lainnya di bidang industri. Indococo merupakan salah satu industri minyak sawit yang menghasilkan Palm Kernel Shell berkualitas tinggi. Selain itu, Indococo juga menyediakan produk minyak sawit lainnya.

Upaya peningkatan produksi ternak tidak cukup hanya dengan menyediakan rumput alami, tetapi diperlukan pakan tambahan. Mahalnya harga pakan impor mendorong peternak memanfaatkan berbagai sumber daya lokal sebagai alternatif sumber bahan pakan.

Terutama bahan baku sumber protein dan energi. Bahan baku diharapkan tersedia terus menerus, melimpah, murah, tidak bersaing dengan kebutuhan manusia. Dan juga, menguntungkan secara ekonomi, dan diterima secara sosial oleh masyarakat.

Manfaat Palm Kernel Shell
Jika dilihat dari nilai unsur kimianya, Palm Kernel Shell memiliki kandungan protein 14-17%, serat kasar 12-18%, dan lemak 10,5%. Oleh karena itu pemanfaatan Palm Kernel Shell memiliki manfaat sebagai campuran pakan ternak yang bernutrisi.

Proses fermentasi Palm Kernel Shell untuk pakan ternak dilakukan dengan jamur dan bakteri. Seperti Rhizopus oligospars, Aspergilus niger, atau Eupenicilium javanicum.

Fermentasi bertujuan untuk menurunkan nilai serat kasar, dan tentunya meningkatkan nilai protein Palm Kernel Shell. Hal tersebut juga membuat tingkat kecernaan Palm Kernel Shell meningkat. Jika peternak kesulitan mendapatkannya, mereka dapat menggunakan probiotik yang dijual di pasaran seperti Suplemen Organik Cair.

Proses fermentasi ini meningkatkan nilai protein Palm Kernel Shell dari 14% menjadi 23%. Jika kita menambahkan lebih banyak enzim perusak serat pada ransum ayam yang memiliki 30% cangkang inti sawit, maka dapat meningkatkan performa ayam lebih baik dibandingkan dengan ayam yang diberi ransum biasa.

Pada sapi perah, peternak dapat memberikan 65% dari total bahan ransum, 25% jagung, dan 10% bungkil kedelai. Sementara itu, sapi potong dapat menggunakan hingga 70% Palm Kernel Shell dari seluruh ransum pakan ternak.

Untuk domba, peternak bisa memberikan sebanyak 30%, dengan campuran rumput. Komposisi tersebut dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ternak dari 30g dalam satu hari. Sedangkan dengan pemberian Palm Kernel Shell, berat badan domba dapat meningkat menjadi 70g/ekor/hari. Pada unggas, pemanfaatan Palm Kernel Shell berkisar 5-15%, karena serat kasarnya yang sangat tinggi dan sistem kecernaannya yang rendah.

Untuk ayam petelur, peternak dapat menambahkan 10-15% Palm Kernel Shell. Pasalnya, sistem pencernaan ayam petelur lebih baik dibandingkan ayam pedaging. Penggunaan Palm Kernel Shell pada ayam juga bermanfaat sebagai pengontrol bakteri jahat Salmonella.

Ketersediaan dan Harga
Selain kandungan nutrisinya yang tinggi untuk pakan ternak, harga penggunaan Palm Kernel Shell dan palm kernel expeller juga cukup murah karena ketersediaannya juga melimpah.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara penghasil minyak sawit terbesar nomor satu di dunia. Menyumbang sebanyak 48% dari total volume produksi minyak sawit dunia. Sumatera menyumbang 78% dan Kalimantan 18% dari total produksi minyak sawit Indonesia.

Jangan ragu untuk menghubungi tim Indococo untuk informasi lebih lanjut tentang Palm Kernel Shell melalui WhatsApp. Anda juga dapat mengakses informasi lebih lanjut tentang Palm Kernel Shell dengan mengunjungi situs web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *