Manfaat Gerakan Senam Wajah untuk Kesehatan Kulit

Gerakan Senam Wajah

Saat ini masih banyak orang yang belum memahami pentingnya senam wajah dan mengabaikannya. Padahal, jika kamu lakukan secara rutin dan dengan langkah yang benar maka gerakan-gerakan senam wajah dapat memperkuat otot wajah.

Selain itu, senam wajah juga dapat menunjang memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi dan memperlambat munculnya keriput, dan banyak lagi. Nah buat kamu yang ingin melakukannya tapi belum memahami harus mulai dari mana, selanjutnya adalah lebih dari satu gerakan yang dapat kamu ikuti secara berurutan.

1. Mulailah dengan Tersenyum

Gerakan pertama yang dapat kamu lakukan adalah tersenyum. Yes, walaupun senyum telah menjadi gerakan yang amat biasa kita lakukan, tapi manfaatnya tidak dapat kita abaikan. Berikut langkah-langkahnya:

Cobalah berdiri tegak di depan cermin, atau jika sedang berada di meja rias maka pastikan kamu duduk dengan posisi punggung yang tegak. Rilekskan otot-otot yang ada di wajahmu, kebanyakan tindakan ini juga dapat membuat bagian tubuh yang lain ikut menjadi rileks.

Dengan gerakan yang perlahan, mulailah tersenyum dengan merenggangkan sudut bibir, tapi jangan sampai terlalu lebar. Tahan selama 5 sampai 10 detik. Selanjutnya kembalikan posisi bibir seperti semula dan tunggu selama 3 sampai 5 detik. Lalu mulai lagi kembangkan senyummu, tapi kali ini dengan lebih lebar sampai gigi yang ada di bagian tepi menjadi lebih terlihat. Tahan selama 5 sampai 10 detik.

Kembalikan ke posisi semula dan tunggu sejenak sebelum memulai gerakan selanjutnya
Langkah paling akhir adalah coba sebabkan senyum dengan posisi bibir yang menyerupai persegi, supaya bagian atas dan bawah gigi di bagian depan menjadi lebih muncul jelas. Tahan 10 detik dan ulang ke posisi semula.

Gerakan ini dapat membuat otot yang di sekitar mulut akan merenggang sehingga bagus ketika kamu lanjutkan dengan gerakan lainnya. Ulangi gerakan ini selama lebih dari satu kali sampai kamu mulai otot-otot yang di sekitar mulut lumayan merenggang.

2. Gerakan Mengucap Huruf ‘O’

Setelah mulai dengan gerakan tersenyum, maka sesudah itu gerakkan bibir kedepan seperti saat mengucapkan huruf ‘O’ tapi dengan lebih dimajukan lagi.

Saat membuat posisi ini, coba untuk menahannya sekitar 5 detik dan lantas ulang ke posisi normal. Lakukan kira-kira lima sampai delapan kali pengulangan.

3. The Chipmunk Cheek Squeeze

Setelah melakukan gerakan sebelumnya, tunggulah selama beberapa detik dan lantas langsung lanjut dengan gerakan The Chipmunk Cheek Squeeze. Tenang saja, dikarenakan gerakan ini tidak serumit namanya. Berikut caranya:

  • Langkah pertama, pastikan badan kamu telah berdiri tegak dengan pandangan mengarah ke depan.
  • Dengan perlahan-lahan angkat kepala agar melihat ke atas dan dagu mengarah ke depan.
  • Setelahnya mulailah menyedot pipi sebanyak mungkin, gerakannya sama seperti saat kita menghisap sedotan.
  • Buang napas perlahan-lahan dan lalu kembalikan kepala ke posisi semula setelah 5 detik.

Kamu dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 8 sampai 10 kali, atau pun lebih banyak sesuai dengan keinginanmu.

Gerakan yang satu ini mempunyai banyak manfaat, mulai dari mengencangkan otot pipi, membantu menghalau lemak di bawah dagu dan juga membuat leher bagian belakang kamu menjadi lebih nyaman.

4. Gerakan Mengunyah

Kamu pasti pernah mengunyah permen karet bukan? Nah gerakan ini pun mempunyai manfaat tersendiri. Gerakan mengunyah dapat membantu mengencangkan otot yang ada di pipi, dan juga dapat membuat sendi rahang menjadi lebih lega, apalagi jika selama lebih dari satu jam kamu membiarkannya terdiam dan kaku.

Selain itu ketika kamu melakukan gerakan mengunyah, hormon kortisol dapat berkurang sehingga mood kamu akan menjadi lebih baik. Ada juga beberapa yang mengklaim bahwa gerakan mengunyah dapat membuat pipi menjadi lebih tirus. Namun, belum ada fakta ilmiah yang membuktikannya. Jadi, setelah melakukan gerakan sebelumnya maka lanjutkan dengan gerakan mengunyah permen sebanyak 20 kali atau lebih.

5. Gerakan Membentuk Paruh

Disebut gerakan membentuk paruh dikarenakan yang kamu lakukan kali ini adalah mengerutkan pipi sehingga tampak seperti paruh burung. Gerakan ini akan membantu untuk mengencangkan kulit muka jika dikerjakan dengan teratur, setidaknya tiap malam sebelum tidur dan di pagi hari setelah mandi. Berikut caranya:

  • Angkat muka ke atas, sampai tatapan matamu lurus ke atas
  • Lanjutkan langsung dengan mengerutkan pipi sebisa mungkin sambil menarik nafas
  • Keluarkan nafas dengan perlahan-lahan kembalikan ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang, antara 8 sampai 16 kali.

6. Gerakan Menggembungkan Pipi

Gerakan yang sering dikerjakan anak-anak saat ngambek ini juga disebut sebagai the puffer fish press. Dengan melakukan gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi maupun menghambat kerutan yang kebanyakan terdapat di sekitar garis ketawa. Berikut adalah caranya:

  • Tutup mulut kamu dan mulai ambil nafas melalui hidung perlahan-lahan
  • Masih didalam posisi mulut tertutup, pindahkan udaranya ke mulut supaya pipi menjadi gembung
  • Pindahkan hawa yang ada di mulut ke sisi kanan, dan lantas ke sisi kiri
  • Lakukan berulang-ulang

7. Check Bone Lift

Selanjutnya ada Check Bone Lift atau gerakan mengangkat tulang pipi. Gerakan senam muka satu ini bertujuan untuk mengencangkan dan juga mengurangi lemak yang ada di pipi, dan juga dapat membuat pipi menjadi tirus. Berikut adalah caranya:

  • Tempatkan jari-jari (selain ibu jari) pada tiap tulang pipi
  • Dorong ke atas dengan perlahan-lahan dan tahan pada posisi tersebut saat kulit mulai kencang
  • Buka mulut dengan membentuk huruf ‘O’, tapi dengan lebih memanjang
  • Saat melakukan ini, pastikan tiap otot pada posisi mengencang
  • Tahan selama 5 sampai 8 hitungan dan ulang ke posisi semula
  • Ulangi sebanyak 8 atau 10 kali

8. Gerakan Mengangkat Dahi

Gerakan yang paling akhir ini dapat bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang ada di dahi, dan juga mengurangi maupun menghambat kerutan yang sering ada di daerah ini.

Berbeda dengan sebelumnya, gerakan ini amat sederhana, yaitu kamu hanya perlu mengangkat alis setinggi mungkin sehingga dahi menjadi tampak mengerut dan mata terbuka lebar. Ulangi gerakan ini sebanyak beberapa kali. Setelahnya, kamu dapat memijit-mijit bagian dahi dengan lembut untuk mendapat hasil yang lebih baik.

One comment

  1. Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://www.binance.info/cs/join?ref=IJFGOAID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *