Apa Itu Panel ATS? Simak Penjelasannya Disini

Kebutuhan kelistrikan tidak lepas dari yang namanya ATS Panel. Lalu sebenarnya apa itu ATS? Nah berikut ini kita akan mengenal apa itu panel ATS dan apa manfaat serta kelebihan dari pemanfaatan unit ini untuk kelistrikan.

Apa Itu Panel ATS

Panel ATS atau panel saklar transfer otomatis digunakan dalam kombinasi dengan generator siaga untuk mengotomatiskan saklar antara sumber daya utama dan generator dalam pemadaman atau pemadaman listrik.

Dengan menggunakan panel ATS, kita tidak perlu secara manual beralih ke catu daya alternatif, seperti generator cadangan jika terjadi pemadaman listrik. ATS akan secara otomatis beralih ke catu daya lain, mengurangi risiko kehilangan data, kerusakan peralatan listrik, atau gangguan apa pun pada bisnis atau fasilitas.

Fungsi dan Manfaat

Panel ATS memonitor pasokan listrik AC yang masuk sehingga jika terjadi pemadaman atau pemadaman listrik, beban listrik dialihkan ke generator siaga, dan ketika daya listrik dipulihkan, saklar ATS mengembalikan gedung kembali ke pasokan listrik, dan menutup  menurunkan generator cadangan.

Saklar transfer otomatis dipasang sebagai bagian dari setiap proyek generator di mana terdapat pasokan listrik, untuk tidak hanya melindungi data dan peralatan listrik tetapi juga untuk transfer otomatis beban listrik yang aman.  Fakta bahwa proses ini selesai secara otomatis mencegah risiko kesalahan manusia yang akibatnya bisa fatal.

Manfaat sistem otomatis daripada manual adalah panel ATS memindahkan beban listrik tanpa input dari proses manual apa pun, menghemat masalah apa pun dengan kehilangan daya. Saklar transfer otomatis dan sistem kontrol terkait mendeteksi masalah pasokan listrik dan memulai generator cadangan, jika terjadi kegagalan.

Tanpa panel ATS, kita harus berpindah secara manual dari listrik ke generator dan karena itu mengalami pemutusan pasokan listrik yang lebih lama.  Mereka juga akan bergantung pada ketersediaan insinyur yang tepat untuk melaksanakan tugas ini.

Kelebihan Panel ATS

Panel manual mungkin merupakan pilihan yang lebih murah, namun untuk efisiensi dan manfaat, panel ATS memiliki lebih banyak manfaat seperti sebagai berikut.

  1. Menghindari kerumitan menyalakan sistem saat listrik mati dan Anda membutuhkan generator
  2. Menghindari harus memulai generator secara manual
  3. Tidak ada yang harus ditempatkan di dekatnya untuk menyalakan generator saat terjadi pemadaman
  4. Pemulihan daya otomatis dalam beberapa detik
  5. Melindungi perangkat keras listrik penting yang membutuhkan catu daya berkelanjutan dan bergantung pada generator cadangan.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai panel ATS, Anda bisa mengunjungi https://galleoncy.com/ untuk mengetahui banyak hal mendetail lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *