fungsi santan untuk rambut

Berbagai Macam Fungsi Santan untuk Rambut Bisa untuk Semua Usia

Fungsi Santan untuk Rambut – Santan kelapa memang lebih banyak digunakan untuk memasak. Namun, tahukah Anda jika santan ternyata juga menyimpan berbagai macam manfaat bagi kesehatan rambut? Manfaat santan untuk rambut dipercaya dapat melembapkan rambut, mengurangi ketombe, hingga mencegah rambut rontok.

Ingin tahu manfaat santan untuk rambut, yuk baca penjelasan dibawah ini

Fungsi Santan untuk Rambut

1.Melembabkan rambut dan kulit kepala

Fungsi santan untuk rambut dapat melembabkan rambut tersebut beserta dengan kulit kepalanya. Santan kelapa dapat berguna untuk pelembap alami untuk rambut
Santan kelapa bisa melembapkan rambut dan juga pastinya kulit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak yang ada di dalamnya yang berfungsi untuk pelembap alami rambut dan kulit kepala.

Kandungan asam lemak tersebut juga bisa memperbaiki rambut serta kulit kepala yang kering disertai gatal, dan berperan untuk pelembap alami untuk rambut yang sudah rusak.

Bila rambut serta kulit kepala dalam kondisi lembap, maka pertumbuhan rambut juga pastinya akan lebih cepat terjadi. Dengan seperti itu, rambut Anda akan tumbuh sehat dan pastinya juga akan lebat.

2.Mengurangi ketombe

Santan kelapa tidak hanya dikenal untuk memberi efek lembap pada rambut serta kulit kepala. Secara lebih lanjut lagi, fungsi santan untuk rambut bisa untuk mengurangi ketombe karena kandungan anti radang yang ada di dalamnya.

Selain dari santan kelapa tersebut secara langsung, Anda dapat juga memperoleh manfaat ini melalui penggunaan sampo anti ketombe yang di dalamnya mengandung santan kelapa serta zat lain, misalnya seperti pyrithione zinc.

3.Mencegah rambut rontok

Santan kelapa disebut bisa memperkuat helaian pada rambut.
Fungsi santan untuk rambut bisa mencegah rambut rontok dengan cara memperkuat pada kutikula. Kegunaan ini tidak lepas dari kandungan asam laurat di dalamnya yang begitu tinggi.

Menurut studi dalam jurnal Dermatology and Therapy, di dalam santan kelapa juga terdapat banyak kandungan vitamin serta mineral yang diyakini bisa mencegah kerontokan pada rambut.

Dengan cara seperti ini, rambut Anda akan terlihat lebih kuat dan tidak mudah rontok karena kerusakan pada rambut.

Kendati demikian, masih juga diperlukan lebih banyak lagi studi untuk membuktikan fungsi santan kelapa bisa mencegah rambut rontok ini.

4.Mengatasi rambut bercabang

Sebuah studi yang dimuat pada BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan bahwa, kelapa dan semua ekstraknya, termasuk juga santan kelapa, bisa untuk mengatasi rambut bercabang serta kerusakan pada rambut lainnya.

Selain untuk itu, ekstrak santan kelapa juga dipercaya bisa mengurangi hilangnya protein dari rambut sekaligus dapat mencegah kerusakan rambut akibat dari paparan sinar Ultraviolet atau UV.

5.Menutrisi rambut

Fungsi santan bisa membuat rambut menjadi tebal dan terawat
Rambut akan menjadi tampak lebih sehat serta kuat karena masker santan
Kegunaan santan untuk rambut berasal dari berbagai macam kandungan zat yang baik untuk penggunaan kulit.

Santan kelapa kaya akan asam laurat atau asam lemak jenuh yang ternyata dikenal mempunyai kemampuan untuk memperkuat kutikula pada rambut.

Tidak hanya itu saja, santan kelapa ternyata juga tinggi akan protein yang bisa membantu menjaga rambut Anda agar supaya tetap kuat.

Ada pula beberapa macam mikronutrien, misalnya seperti zinc, fosfor, kalium, dan ragam vitamin, yang termasuk vitamin C, E, B1, B5, dan B6, digunakan untuk menjaga rambut supaya tetap sehat, kuat, serta lembap.

Demikian artikel tentang Fungsi Santan untuk Rambut, semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *