cara buat foam susu manual

Cara Buat Foam Susu Manual

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan cara lagi yaitu cara buat foam susu manual yang mudah dan dapat anda coba sendiri di rumah.

Membuat cappuccino berbusa yang lezat tidak membutuhkan peralatan yang mahal, tidak peduli apa yang dikatakan barista kepada Anda. Faktanya, yang Anda butuhkan untuk membuat busa susu yang sempurna hanyalah kocokan kawat atau stoples kaca sederhana. Mulailah dengan langkah pertama di bawah ini untuk mencari tahu caranya, dan Anda akan dapat meminum cappuccino yang terlihat mahal setiap hari!

Bagian1Menggunakan Kocokan Kawat

1Tuang susu ke cangkir atau panci. Tuang susu sebanyak yang diperlukan ke dalam cangkir tahan microwave atau panci logam, tergantung apakah Anda berniat memanaskan susu dengan menggunakan microwave atau kompor. Anda akan membutuhkan sekitar setengah cangkir susu untuk setiap cappuccino.

2Panaskan susu.

Apabila Anda menggunakan microwave, masukkan cangkir susu ke dalam microwave dan panaskan dengan suhu tinggi selama sekitar 30 detik atau sampai muncul uap dari susu.

Apabila Anda menggunakan kompor, tempatkan panci di atas kompor yang telah menyala dan setel ke api sedang. Panaskan sampai muncul uap dari susu.

3Gunakan kocokan kawat untuk membuat busa. Setelah susu dipanaskan, masukkan kocokan kawat ke dalam susu dan putar gagang kocokan menggunakan kedua telapak tangan Anda untuk membuat busa. Terus putar kocokan sampai Anda mendapatkan busa sebanyak yang Anda inginkan.

Bagian2Menggunakan Stoples

1Tuang susu ke dalam stoples kaca bertutup rapat. Tuang setengah cangkir susu ke dalam stoples kaca. Susu sebaiknya tidak lebih dari setengah stoples, karena Anda perlu menyisakan cukup ruang untuk busanya mengembang.

2Kocok stoples selama 30 detik. Tutup stoples rapat-rapat lalu kocok stoples dengan kencang sampai susunya berbusa dan hampir menjadi dua kali lipat jumlah awal. Langkah ini akan memakan waktu sekitar 30 detik.

3Buka tutup stoples dan panaskan susu dalam microwave. Buka tutup stoples dan letakkan di dalam microwave. Panaskan dengan suhu tinggi selama kurang lebih 30 detik, atau sampai mulai muncul uap dari susu. Busanya akan mulai stabil di dalam microwave dan naik ke atas permukaan susu.[1

Bagian3Membuat Cappuccino yang Sempurna

1Gunakan susu segar dingin. Semakin segar dan dingin susu yang digunakan, semakin baik. Anda akan menghasilkan busa yang lebih halus dan cappuccino-nya akan terasa lebih enak.

2Gunakan susu dengan kandungan lemak yang lebih tinggi. Susu murni atau half-and-half cenderung membusa lebih baik daripada susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, misalnya 2% atau susu skim. Susu murni juga cenderung memproduksi busa yang lebih manis rasanya dibandingkan susu rendah lemak. Namun bagaimanapun, jenis susu yang Anda gunakan merupakan pilihan Anda, dan Anda tetap dapat mendapatkan hasil yang baik dengan susu rendah lemak sekalipun.[2]

3Buat kopi kental berkualitas baik. Tentu saja kualitas cappuccino Anda tidak hanya bergantung pada busanya, melainkan juga pada seberapa baik kopi Anda. Gunakan kopi kental berkualitas baik dan pastikan kopinya enak dan panas. Sebaiknya Anda menyiapkan kopi sebelum menyiapkan susu.

4Ketuk bagian bawah cangkir, panci, atau stoples untuk menghilangkan gelembung besar. Setelah busa dipanaskan, putar sebentar cangkir, panci, atau stoples lalu ketuk pelan di meja dapur. Gerakan ini akan memecahkan gelembung besar dan memadatkan busa.[3]

5Gunakan sendok untuk menahan busa. Ketika menuang susu ke dalam kopi, Anda sebaiknya menggunakan sendok untuk menahan busa sampai 2/3 cangkir. Kemudian gunakan sendok untuk menambahkan busa di atas kopi susu.

6Selesaikan dengan cokelat bubuk. Untuk membuat cappuccino yang sempurna, taburkan sedikit cokelat bubuk atau bahkan parutan cokelat di atas busa susu. Panas cappuccino akan membuat cokelatnya agak meleleh. Selamat menikmati!(cara buat foam susu manual)

Tips

  • Waktu memasak dengan microwave bervariasi. Yang terpenting adalah untuk mencapai titik persis sebelum susu mendidih, ketika mulai muncul uap dari susu, tetapi belum terbentuk gelembung.
  • Susu segar jenis apapun –susu skim, murni, bahkan half-and-half– tidak masalah, hanya saja kualitas dan kekentalan busa akan berbeda. Susu murni memproduksi busa lebih banyak dan lebih halus, sedangkan susu skim cenderung memproduksi busa yang lebih kental atau kaku.
  • Anda bisa menggunakan panci untuk memanaskan susu. Perhatikan titik panas yang sudah dijelaskan di atas, kemudian tuangkan susu ke dalam cangkir. (Anda juga dapat membuat busa langsung di dalam panci, namun kemungkinan busa yang dihasilkan lebih sedikit.)
  • Untuk mendapatkan busa terbaik, pastikan Anda menggunakan susu segar, cangkir yang tidak terlalu besar (idealnya hanya sedikit lebih besar dari diameter kocokan kawat), dan putar dengan sangat cepat.

Bagi anda yang ingin membuat kopi dari awal proses hingga menjadi bubuk, anda dapat menggunakan mesin pembuat kopi yang dapat anda temukan di Rumah mesin.

Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *