Cara Menyuling Serai Wangi

Kawan kawan bertemu lagi, pada kesempatan ini saya akan memberikan artikel tentang cara menyuling serai wangi, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak serai sendiri yuk simak sampai selesai.

Cara menggunakan minyak serai

Menggunakan diffuser

Apakah Anda berencana menggunakan minyak serai sebagai aromaterapi? Aroma yang dimiliki oleh serai dapat membantu meringankan stress, sakit kepala, dan kelelahan. Coba gunakan diffuser untuk mendapatkan manfaatnya.

Sebagai aromaterapi, Anda dapat mencampur minyak serai dengan minyak esensial lainnya seperti geranium, peppermint, lavender, atau lemon. Caranya sederhana, Anda hanya perlu menambahkan 2 hingga 3 tetes minyak serai ke dalam diffuser.

Gunakan baskom berisi air

Jika Anda tidak memiliki diffuser, menggunakan baskom berisi air hangat adalah alternatif yang murah dan mudah untuk menghirup minyak esensial ini. Isi baskom dengan air hangat dan tambahkan 3 tetes minyak ini.

Anda bisa langsung menghirup uap yang dihasilkan dari kolam. Selain itu, campuran ini juga dapat digunakan untuk merendam kaki selama 10 hingga 15 menit untuk menghilangkan rasa sakit dan kelelahan.

Sebagai minyak pijat

Untuk menggunakannya sebagai minyak pijat, sebaiknya tidak dioleskan langsung ke kulit. Minyak atsiri adalah minyak yang harus diencerkan sebelum digunakan.

Anda dapat mencampur minyak serai dengan minyak pembawa seperti almond manis, jojoba, atau minyak alpukat.

Tambah dan campurkan 6 tetes dari minyak serai dengan 1/2 sdt minyak pembawa. Baru setelah itu Anda bisa mengaplikasikannya langsung ke kulit.

Anda juga bisa mengoleskannya pada lengan bawah terlebih dahulu untuk mengecek apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jangan mengoleskan minyak ini ke area kulit lainnya jika Anda mengalami kemerahan, rasa terbakar atau gatal.

Bercampur di kamar mandi

Kalian bisa menggunakan minyak serai dengan cara di masukan ke dalam kamar mandi agar aromanya membuat relaks. Masukkan 6 hingga 12 tetes minyak ini ke dalam bak berisi air. Rasakan sensasi kesegaran saat mandi berkat aroma serai.

Cara menyaring serai

cara menyuling serai wangi

Di bawah ini merupakan cara penyulingan minyak atsiri serai :

  1. Siapkan satu set peralatan stasioner atau diam
  2. Siapkan bahan baku berupa daun serai wangi. Daun yang digunakan sebaiknya diambil dari tanaman yang sudah mencapai tinggi 1 sampai 1,5 meter dan berumur 6 sampai 9 bulan
  3. Daun serai yang sudah dipanen sebaiknya dicincang atau dipotong dengan panjang sekitar 10 sampai 15 cm. Keringkan daun dengan ventilasi.
  4. Tuang jumlah air yang diinginkan ke dalam wadah. Air ini mungkin berbeda dengan air yang cocok untuk hidroponik. Tambahkan air ke sistem distilasi di dekat saluran filter. Kemudian masukkan daun serai ke dalam wadah seruling. Pastikan semua sambungan dan lubang pada perangkat tertutup rapat. Hal ini penting untuk mencegah kebocoran uap agar uap minyak atsiri dapat terbuang percuma
  5. Nyalakan api sampai dengan suhu yang kalian tuju.
  6. Saat air mendidih, minyak esensial kental akan mulai muncul di tabung pemisah. Durasi proses sangat tergantung pada jumlah bahan yang digunakan dan kinerja boiler.
  7. Setelah proses ini selesai, minyak atsiri yang diperoleh dari penyulingan serai wangi dapat digunakan. Minyak berbeda dengan jenis minyak yang dihasilkan oleh sistem energi yang dapat menghasilkan bahan bakar sebagai pengganti bensin.

Okelah kawan itu adalah cara menyuling serai wangi, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak atsiri dari serai ini bisa menggunakan mesin destilasi agar lebih mudah, gunakan mesin yang sudah terbukti kualitasnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *