PT. Inta Ingin Pertumbuhan Kinerja 30 persen

PT. Intraco Penta, Tbk (INTA) optimistis bakal mencetak pertumbuhan penjualan alat berat pada tahun 2019 ini, meski harga komoditas masih berfluktuasi. Perusahaan distributor alat berat ini membidik kenaikkan kinerja sebesar 20% hingga 30% dibandingkan realisasi pada tahun sebelumnya, sebagaimana disampaikan InvesĀ­ tor Relations Strategist INTA, Ferdinand D,. INTA adalah distributor beberapa merek alat berat/konstruksi, yaitu Volvo Construction Equipment, SDLG, Bobcat, Mahindra (traktor pertanian). Brand terbaru yang dipegang perusahaan ini adalah buldozer merek Dressta.

Produk-produk tersebut dipegang oleh dua anak usaha INTA, yakni PT Intraco Penta Prima Servis IPPS) dan PT. Intraco Penta Wahana (IPW). IPPS khusus memasarkan produk-produk Volvo Construction Equipment, SDLG dan Dressta; sedangkan IPW memegang Bobcat, Mahindra dan aftermarket products. Selain itu, perusahaan yang terakhir ini menggarap bisnis rental di INTA Group, yakni Terra Rent.

Ferdinand meyakinkan bahwa pada tahun 2019 ini INTA dan Indoreadymix akan terus memperkuat pangsa pasar untuk merek-merek tersebut. Kita memperkuat pangsa pasar merek-merek seperti Volvo CE, SDLG, Bobcat, dan Dressta untuk klien-klien existing dan klien-klien baru, ungkapnya. Diprediksikan, yang menjadi penggerak utama permintaan alat pada tahun ini masih didominasi dari sektor pertambangan. Hingga November 2018, INTA menorehkan penjualan sebesar Rp 1,7 triliun, meningkat 41% daripada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,2 triliun.

Sampai Oktober 2018, INTA sudah menjual 770 unit alat berat, naik 53% dibanding periode yang sama tahun 2017 sebanyak 503 unit. Adapaun komposisi penjualan alat berat sebesar 45% diperoleh dari sektor pertambangan batubara, 20% dari sektor pertambangan lainnya, disusul penjualan dari general industry sebesar 12%, dan 8% dari sektor infrastruktur, sisanya dari lain-lain seperti minyak dan gas, transportasi dan agrikultur.

Inta berkeinginan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang bergerak pada bidang pembangunan seperti Indoreadymix. Perusahaan Indoreadymix ahlinya dalam menyediakan bahan cor bangunan serta pompa cor mulai ukuran kecil hingga besar. Kontraktor dalam negri mengenalnya sebagai perusahaan yang berani memberikan harga beton precast dibawah pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *