Kekurangan Dalam Berkompetisi di Website Kontes Desain

Kekurangan Dalam Berkompetisi di Website Kontes Desain

Sebagai seorang desainer pemula, Anda biasanya mengikuti kontes di beberapa website agar karya Anda dilihat atau dibeli orang lain. Kompetisi mendorong performa kita menjadi lebih baik. Bersaing dengan orang-orang yang memiliki pengalaman lebih dari Anda adalah faktor yang biasanya akan memberi Anda dorongan untuk menjadi lebih baik.

Agar seimbang, selain kelebihan, kita juga harus berbicara tentang kekurangan yang harus dihadapi artis pemula ketika berkompetisi di web desain.

Menjatuhkan Semangat

Sebagai pemula, ikut kompetisi desain bisa sangat menjatuhkan semangat. Sebagian besar orang yang mengikuti kontes sudah memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak daripada Anda. Beberapa dari mereka sangat berbakat dan sudah menghasilkan karya seni yang luar biasa. Malah sepertinya sudah mudah bagi mereka untuk membuat desain. Tetapi yang harus diingat adalah kebanyakan dari mereka mulai dari bawah seperti Anda.

Hal lain yang terasa menyakitkan sebagai desainer pemula adalah kritik. Sekecil apapun terasa keras. Ternyata ada orang-orang di luar sana yang akan menolak desain Anda hanya karena mereka ingin berkomentar, padahal tidak mengerti desain. Dan Anda harus bisa mengatasi ini jika Anda ingin melanjutkan karir di dunia desain.

Penilaian Tidak Objektif

Ada manusia orang yang menyelenggarakan kontes ini. Mereka yang memahami desain biasanya memiliki preferensi sendiri. Jadi penilaian selalu didasarkan pada faktor subyektif, bukan objektif.

Beda lagi jika ada tahap cetak sablon kaos sebagai merchandise kompetisi. Anda benar-benar menyadari bahwa ada lebih banyak faktor yang berperan, seperti branding perusahaan. Ada juga fakta bahwa desain juga harus layak dijual nantinya. Jadi jangan heran jika desain Anda mendapat skor yang cukup baik, namun tidak dipilih untuk dijadikan desain sablon kaos.

Kembali ke sistem pemungutan suara. Yang paling populer memungkinkan Anda memberi nilai dari 1 ke 5, atau dari 1 hingga sepuluh dan pilihan tombol “Saya akan membeli kaos ini”. Ada variasi pada cara ini, tetapi sebagian besar situs kontes menggunakan sistem ini.

Sistem Pemilihan Pemenang Tidak Sempurna

Kerugian terbesar yang mungkin Anda temui ketika berpartisipasi dalam kontes adalah sistem pemungutan suara yang tidak sempurna. Yang umum ditemui adalah bukan penilaian yang adil. Orang-orang meminta teman mereka untuk memilih. Tentu saja administrator situs dapat melihat apakah beberapa anggota baru memberikan suara seperti ini dan dapat memilih untuk mengabaikan suara itu. Inilah sebabnya mengapa komentar feedback yang lebih baik dalam kasus ini.

Kalah Tenar

Aspek negatif dari kompetisi desain sebagai pemula adalah adalah bahwa biasanya orang-orang sudah merupakan desainer yang lebih terkenal dari Anda. Mereka sudah punya reputasi baik di komunitas. Meskipun desainer kita juga harus pandai berjejaring sosial.

Percuma menjadi artis hebat, tetapi bertingkah buruk. Anda akan kehilangan dukungan orang lain yang dapat memberikan suara. Orang-orang yang pandai dalam bidang seni dan memiliki keterampilan sosial, biasanya jauh lebih baik diterima dan memiliki basis penggemar yang cukup solid. Ini cukup membantu mereka ketika mereka membutuhkan suara dukungan dari orang lain.

Beberapa hal yang saya sebutkan dapat ditingkatkan, beberapa yang lain tidak perlu perbaikan. Bagaimana pendapat Anda mengenai kompetisi desain seperti ini? 

sumber: Konveksi Kaos Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *