Tari Tradisional Sumatera Barat

Kenali Berbagai Jenis Tari Tradisional Khas Sumatera Barat

Mayoritas penduduk Sumatera Barat banyak suku Minangkabau. Oleh sebab itu banyak tarian daerah yang berasal dari suku tersebut. Menariknya lagi, setiap tari tradisional mempunyai makna filosofinya masing-masing.

Dimana, tujuannya untuk menyambut tamu, hiburan, pengisi acara adat, mengucap syukur dan lain sebagainya.

Jenis Tari Tradisional Khas Sumatera Barat

Adapun beberapa jenis tari tradisional yang berasal dari Sumatera Barat dengan memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri, yaitu:

1. Tari Rantak

Tari rantak merupakan tari dengan gerakan dinamis yang terinspirasi dari pencak silat. Dimana, tari ini berfokus pada penegasan dan ketajaman gerakan hingga menjadi daya tarik tersendiri.

Biasanya, tari ini dibawa oleh beberapa penari pria dan wanita, kemudian baju yang digunakan berwarna merah dengan hiasan serat emas. Namun bisa juga dikombinasikan dengan pakaian berwarna cerah.

2. Tari Piring

Tari khas Sumatera Barat selanjutnya yaitu tari piring. Dimana, penari akan mengayunkan tangannya sambil memegang piring dengan gerakan yang cukup cepat. Dulu, tari ini berfungsi untuk ritual dalam upacara kesuburan.

Dengan berjalannya waktu, tari ini pun berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur kepada para dewa saat sedang panen. 

3. Tari Payung

Tari yang menggunakan payung ini termasuk dalam tarian Melayu versi Minangkabau yang dulunya menjadi bagian dari pertunjukan sandiwara. Dulunya, tarian ini sering dimainkan dalam acara besar kerajaan Belanda.

Biasanya, tari ini dibawakan oleh tiga hingga empat penari yang berpasangan wanita dan pria.

Hal itu dilakukan sebab tarian ini cerminan dari pergaulan muda-mudi, jadi payung dalam tarian ini berfungsi sebagai pelindung diri mereka sendiri dari hal negatif. Nanti, gerakan penari laki-laki seperti sedang melindungi kepala penari wanita.

Sementara itu, selendang penari wanita menggambarkan sebuah ikatan cinta suci yang sedang terjalin Tengah viral.com.

Beberapa tarian di atas sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Akan tetapi, ada juga tarian yang sedikit demi sedikit terlupakan. Jadi sebaiknya perlu usaha dari pemerintah dan masyarakat agar ikut melestarikan tarian-tarian adat in, sehingga tidak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *