Jenis-Jenis Cymbal

Mengenal Jenis-Jenis Cymbal yang Perlu Diketahui

Cymbal adalah salah satu alat musik yang sudah dimainkan sejak Zaman Kuno. Dimana, cymbal termasuk alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus.

Bahkan, alat musik ini juga tergolong ke dalam alat musik tempo cepat. Untuk membuatnya menggunakan logam dengan campuran bahan yang masih dirahasiakan.

Instrumen ini sangat identik dengan drum dan sering dimasukkan ke dalam drum set. Cukup banyak orang yang membuat alat musik ini, namun yang paling banyak berasal dari Turki. 

Jenis-Jenis Cymbal

Berikut ini beberapa cymbal yang perlu diketahui, antara lain yaitu:

1.Crash Cymbal

Crash cymbal adalah salah satu cymbal dengan suara bunyi yang rendah. Biasanya,  setiap pemain drum menyediakan alat musik ini dalam 1 set drum dengan disesuaikan jumlah pemainnya.

Untuk ukurannya sekitar 14 inchi yang paling kecil.atau disebut dengan splash cymbal. Sedangkan ukuran terbesar dari alat musik ini sekitar 24 inchi.

2. Chinese Cymbals

Jenis cymbal selanjutnya yaitu china cymbal yang fungsinya sama dengan crash cymbal, perbedaanya bisa dilihat dari bentuknya.

Dimana, alat musik ini memiliki bentuk seperti cymbal yang di balikan dan ukurannya sekitar 8 hingga 20 cm. Alat musik ini sengaja diciptakan, sebab pengaruh dari musik China.

3. Hit Hat Cymbal

Hi-Hat adalah cymbal yang selalu ada di satu set drum standar. Dimana, alat musik ini menggunakan stand khusus yang mempunyai pedal hingga dapat membuka atau menutup simbalnya.

Biasanya diletakkan di sebelah kiri atau bersebelahan dengan Snare. Untuk ukurannya bervariasi mulai dari 13, 14 dan 15 inci, namun yang sering digunakan yaitu ukuran 14 inci.

Sementara itu, alat musik ini memiliki 2 cymbal yang dipasang secara bertumpuk. Akan tetapi, bagian bawah alat musik ini lebih tebal dibandingkan dengan bagian atas.

Nah, itulah beberapa jenis alat musik cymbal yang dapat dimainkan dalam pertunjukan. Bagi pecinta musik, jangan pernah lelah untuk mengenali dan mempelajari setiap instrumen dan teknik pendukungnya.

Semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih banyak jenis alat musik lainnya, silahkan kunjungi https://genemil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *