Cara Membuat Nasi Jagung Enak

Cara Membuat Nasi Jagung Enak

Cara Membuat Nasi Jagung Lezat – Meski awalnya nasi jagung merupakan makanan khas desa, bukan berarti nasi jagung ini tidak enak. Nasi jagung memiliki rasa gurih dan lezat yang khas. Nasi jagung ini dibuat dengan jagung pipilan yang sudah tua, atau biasa dikenal dengan jagung pipilan.

Mengapa memilih jagung pipil tua, karena jika dilihat dari harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan jagung manis yang ada di pasaran. Jadi pada dasarnya membuat nasi jagung gurih merupakan tantangan tersendiri.

Cara membuat makanan dengan biaya yang sangat murah, namun bisa menghasilkan makanan yang enak dan disukai banyak orang. Nasi jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi di beberapa daerah, salah satunya di Madura, Jawa Timur.

Jika Anda jarang melihat penjual nasi jagung di daerah Anda, cobalah memasaknya sendiri di rumah.

Nasi jagung berasal dari biji jagung tua yang diolah dengan cara digiling. Kemudian dimasak dengan cara yang dimasak seperti membuat nasi pada umumnya. Di beberapa daerah, ada juga nasi jagung yang dicampur dengan nasi putih dan nasi merah.

Nasi jagung telah menjadi makanan pokok di berbagai daerah, seperti Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Nasi yang satu ini sering disajikan dengan berbagai lauk pauk sesuai selera. Anda bisa menambahkan telur balado, suwiran ayam, kroket kentang, lalapan, dan sambal.

Nasi jagung dipercaya lebih sehat daripada nasi putih. Karena nasi jagung memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Karena itulah tak sedikit orang yang sedang diet memilih nasi jagung sebagai pengganti nasi putih.

Meski murah dan terkesan murahan, kandungan gizi pada nasi jagung juga tidak kalah dengan nasi beras. Nasi jagung mengandung banyak vitamin antara lain vitamin A, B1, B6, B12, kalsium, fosfor, natrium, dan serat.

Kandungan yang paling melimpah dalam nasi jagung adalah magnesium yang berguna untuk mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Cara masak nya hampir sama dengan memasak nasi putih biasa.

Bedanya, ada proses perendaman yang harus dilakukan agar teksturnya lembut. dan juga kita bisa menggunakan mesin penggilingan jagung Nah, bagaimana cara membuat nasi jagung yang enak dan anti gagal?

Cara Membuat Nasi Jagung Enak

Bahan :

  • 250 gram meniran jagung
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)
  • Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk 4-6 porsi makanan.

Cara membuat :

  1. Rendam meniran jagung dengan nasi dan garam menggunakan air yang telah disediakan.
  2. Kemudian rebus campuran beras dan jagung sampai air benar-benar terserap, lalu segera angkat.
  3. Masukkan nasi jagung ke dalam steamer atau kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
  4. Siram nasi jagung menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  5. Jika sudah berarti nasi jagung siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang sudah anda siapkan. Akan lebih lezat jika disajikan dengan sambal dan sayur lalap.

Saran penyajian:

  1. Sajikan nasi jagung dengan ikan asin goreng, sambal terasi, terong goreng atau rebus, urap sayur, lontong, dan tahu kuning masak agar lengkap.
  2. Pindahkan nasi jagung ke rice cooker, agar tekstur lembutnya bisa bertahan lebih lama. Anda bisa menambahkan kerupuk untuk menambah tekstur dan rasa.

Demikian adalah cara membuat nasi jagung dan cara penyajianya. nasi jagung memang makanan yang sehat dan pengganti nasi yang bagus untuk diet dan sangat enak rasanya. Selamat mencoba

/// Baca Selengkapnya \\\

2 comments

  1. babi lumpur says:

    A person necessarily help to make significantly articles I might state.
    This is the first time I frequented your website page and up to
    now? I amazed with the research you made to make this
    particular submit amazing. Great task!

    Feel free to surf to my blog post babi lumpur

  2. fafa slot says:

    Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    gains. If you know of any please share. Many thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *