distributor pipa HDPE

Mengenal Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE

Bingung memilih antara distributor pipa HDPE atau PVC? Kebingungan ini yang biasanya terjadi ketika sedang mengerjakan instalasi saluran air adalah memilih pipa air yang tepat. Banyak juga yang masih tidak mengerti apa perbedaan dari kedua pipa tersebut.

Pipa HDPE dan PVC ternyata memiliki beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari beberapa sisi. Bahkan dari namanya saja sudah terlihat bahan apa yang digunakan. Mau tau informasi selengkapnya? Simak perbedaan dari pipa PVC dan pipa HDPE berikut ini.

Beberapa Perbedaan Antara Pipa PVC dan Pipa HDPE

1. Dari Bahan Pembuatan

Dari namanya, Anda sudah dapat mengetahui bahan pembuatan pipa HDPE dan PVC. Pipa PVC atau Polivinyl Chloride adalah pipa yang terbuat dari plastik atau paralon. Sedangkan pipa HDPE atau High Density Polyethylene adalah pipa yang dari pengembangan PE yang lebih elastis.

Dari bahan yang digunakan, pipa PVC lebih kuat dan anti karat sedangkan pipa HDPE lebih tahan bahan kimia. Anda bisa memilih kedua pipa tersebut sesuai dengan kebutuhan.

2. Kelenturan

Kedua pipa yang bisa Anda temukan di distributor pipa HDPE dan PVC ini juga memiliki perbedaan dalam hal kelenturan. Pipa PVC dianggap lebih kaku dan kurang fleksibel dibandingkan pipa HDPE. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa sambungan yang harus sesuai dengan ukuran pipa PVC dalam proses penyambungan.

Sedangkan pipa HDPE lebih lentur sehingga Anda hanya perlu mengecilkan atau melebarkan ujung pipa dalam proses penyambungan.

3. Kekuatan

Pipa PVC memiliki kekuatan yang cukup baik dan tahan terhadap sinar matahari secara langsung untuk waktu yang lama. Sayangnya, pipa ini tidak tahan dengan adanya lumut. Berbeda dengan pipa PVC, pipa air HDPE memiliki ketahanan fisik yang kuat dan tahan sinar UV tetapi juga tahan terhadap lumut sehingga banyak digunakan untuk saluran air minum.

4. Harga

Kedua pipa tersebut tentu juga memiliki perbedaan dalam perihal harga. Biasanya perbedaan harga kedua pipa tersebut mencapai sekitar 30 hingga 40%. Yang dimana harga pipa air HDPE lebih mahal karena beberapa kelebihan yang dimiliki. 

Itu tadi adalah perbedaan yang bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk memilih antara distributor pipa HDPE atau PVC. Jika Anda masih bingung, bisa langsung saja cek informasi lebih lengkap mengenai berbagai jenis merek pipa air di https://www.wintara-corp.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *