Pentingnya Peran Tiang Lampu untuk Jalan

Jual tiang lampu besi – Lampu merupakan suatu komponen yang krusial guna menciptakan keamanan pada ruang jalan. Selain menekan kemungkinan tindak kriminalitas, lampu jalan penerangan juga dapat menghidupkan trotoar, dan membuat pejalan kaki terlihat saat malam hari. Lampu di jalur pedestrian harus dapat memastikan tingkat pencahayaan (lumen) yang sesuai dengan tempat yang akan diberi lampu.

Pada area komersial, pencahayaan semestinya lebih terang dan pada kawasan permukiman dibuat cukup terang sehingga dapat mencegah dark spoty. Kelengkapan fisik dari fasilitas penerangan diusahakan tidak menganggu ruang bebas berjalan atau tidak pula menganggu jalur disabilitas.

Untuk meningkatkan penataan ruang daerah. Baik di perkotaan maupun pedesaan, sudah banyak ruas jalan umum yang dilengkapi dengan fasilitas lampu jalan umum pada malam hari. penerangan yang penting tersebut mutlak diperlukan karena merupakan salah satu kebutuhan masyarakat ketika melewati jalanan.

Tiang lampu jalan atau dikenal sebagai PJU merupakan infrastruktur pencahayaan yang menjadi pelengkap jalan ,digunakan untuk penerangan jalan di malam hari sehingga mempermudah pejalan kaki melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilintasi pada malam hari, sehingga dapat menjamin keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Kegunaan utama pencahayaan jalan adalah memberikan pencahayaan buatan untuk orang yang melintas oleh karena itu mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari, entah itu para pejalan kaki, orang yang bersepeda dan pengguna motor. Keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan dan para pengguna jalan akan lebih aman dari kegiatan/ tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu lampu jalan juga dapat memberikan nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan dan menjadi daya pikat tersendiri bagi pengguna jalan yang melintas. Serta dapat menjadi ikon suatu daerah tersebut.

pencahayaan jalan merupakan alat elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan. Perbaikan dapat berupa penggantian lampu yang mati ataupun pengecekan kondisi PJU.
Tiang penerangan jalan, dapat dipasang dengan berbagai macam dimana jarak tiang sejajar antara 25-50m. Hal ini memastikan bahwa intensitas cahaya relatif menjalar di permukaan tanah sehingga pencahayaan lebih baik dan meminimalisir area yang tidak mendapat penerangan.

Lampu jalan ini ditempatkan di bagian jalan baik yang berhadapan maupun yang berselang dan di tengah (di bagian median jalan). Tiang lampu jalan yang diletakkan di tengah biasanya digunakan untuk jalan yang ramai dan kecepatan kendaraan tinggi (misalnya : jalan bebas hambatan, jalan utama) sementara itu penempatan lampu pada satu sisi tepi jalan lebih diperuntukan pada jalan dengan lalu lintas yang tidak macetatau bidang jalan yang tidak lebar seperti jalan lokal, jalan desa, dan jalan satu arah.

Jenis dari Tiang penerangan jalan itu sendiri bisa disesuaikan dengan image dan konsep jalan dimana Tiang lampu penerangan jalan umum itu berada. Seperti Tiang lampu penerangan jalan umum yang terdapat di kawasan malioboro, dimana malioboro menjadi ikon pusat kota di Jogjakarta dan merupakan top destinasi yang diunggulkan bahkan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan konsep klasik, unik dan estetik seperti ciri khas dari kota Yogyakarta itu sendiri ,menambah nuansa romantisme jogja dan memberikan estetika sekaligus ciri khas kota.

One comment

  1. I am a website designer. Recently, I am designing a website template about gate.io. The boss’s requirements are very strange, which makes me very difficult. I have consulted many websites, and later I discovered your blog, which is the style I hope to need. thank you very much. Would you allow me to use your blog style as a reference? thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *