manfaat minyak cengkeh

17 Manfaat Air Rebusan Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah cengkeh dipanen menggunakan mesin prontok cengkeh, kemudian cengkeh diolah menjadi beberapa olahan. Olahan cengkeh tentunya mengandung banyak manfaat. Salah satu olahan cengkeh adalah air rebusan cengkeh. Manfaat air rebusan cengkeh banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti merawat muka dari risiko jerawat, hingga menjaga performa kesehatan pada jantung.

Namun ada manfaat lain dari cengkeh, yaitu sebagai suplemen untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat cengkeh, Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan. Aroma cengkeh yang khas membuat siapapun langsung mengenali rempah jenis ini hanya dengan menciumnya dari jarak jauh.

Selain itu, satu sendok teh cengkeh juga bisa memenuhi kebutuhan 300% mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C yang dibutuhkan tiap harinya. Dalam sekuncup cengkeh mengandung kalsium, magnesium, dan Vitamin E, meskipun jumlahnya tidak banyak.

Manfaat Air Rebusan Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

1. Penguat Tulang Dalam

Cengkeh mengandung ekstrak hidrokarbon yang termasuk ke dalam senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya. Rangkaian ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mineral tulang, sehingga dapat menguatkan tulang para penderita osteoporosis.

2. Penawar Sakit Maag

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan minyak cengkeh bermanfaat bagi produksi lendir lambung. Kegunaan cengkeh ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, serta sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

3. Memperkuat Proteksi Diri dari Kanker

Air Rebusan Cengkeh diperkaya antioksidan eugenol. Air rebusan ini bisa melawan radikal bebas pada tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu, vitamin C pada rebusan cengkeh bisa menjadi antioksidan yang membantu menetralisir lebih baik, dibandingkan vitamin E dan jenis antioksidan umumnya.

4. Membasmi Bakteri Berbahaya

Manfaat air rebusan cengkeh yang selanjutnya yaitu, berpotensi membunuh bakteri berbahaya. Cengkeh mempunyai sifat antimikroba yang bisa membantu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme yang berbahaya. Contohnya, bakteri yang menyebabkan kram, kelelahan, serta diare.

5. Penyegar Nafas

Salah satu manfaat cengkeh yaitu penyegar aroma serta menjaga kesehatan mulut. Hal itu disebabkan sifat antibakteri pada cengkeh mampu mengekang pertumbuhan bakteri pada penyakit gusi. Bagi Anda yang sedang berpuasa, bisa mencoba meminum ramuan ini untuk menghilangkan aroma tak sedap pada mulut.

6. Menjadi Multivitamin bagi Penderita Diabetes

Air rebusan cengkeh bisa mengatur kadar gula dalam darah, karena dalam setiap bunga cengkeh mengandung senyawa yang bisa disebut nigericin. Senyawa inilah yang membantu pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes. Nigericin juga dipercaya dapat meningkatkan kapasitas sel dalam menyerap gula dari darah, selanjutnya meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghasilkan insulin.

7. Meningkatkan Vitalitas Pria

Bagi para pria yang sedang mengalami gangguan pada ejakulasi dini, rebusan air cengkeh bisa menjadi penawar penyakit tersebut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa air rebusan mampu menguatkan kejantanan pria, tak hanya itu krim yang mengandung sari pati cengkeh juga bisa membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini.

8. Mengobati Nyeri Tenggorokan

Tak hanya meredakan batuk berdahak dan anti bakteri, cengkeh juga efektif dalam mengatasi nyeri tenggorokan. Manfaat air rebusan cengkeh yang satu ini bisa membantu menghilangkan sensasi gatal saat radang tenggorokan menyerang.

9. Sebagai Antiseptik Alami

Antiseptik yang tekandung pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi. Oleskan minyak cengkeh ini pada infeksi jamur, area tubuh yang memar ataupun luka. Agar tidak memicu iritasi, kamu bisa mencampurkannya bersama dengan air.

10. Penawar Stres

Aroma dari rebusan air cengkeh bermanfaat sebagai penenang bagi penghirupnya. Manfaat air rebusan tak hanya itu, Anda bisa mengurangi stres dengan menghirup aromanya saja. Hal itu terjadi karenya adanya kandungan eugenol pada cengkeh yang efektif dalam relaksasi otot yang tegang akibat stres.

11. Suplemen Kesehatan Hati

Cengkeh juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan hati. Hal itu disimpulkan dari penelitian laboratorium terhadap seekor tikus setelah dibubuhi dengan minyak cengkeh.

12. Menanggulangi Pertumbuhan Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai kendala dengan jerawat, air rebusan cengkeh bisa menjadi solusinya. Guratan-guratan yang ada pada kulit juga bisa diobati dengan air rebusan cengkeh ini.

13. Perkuat Imunitas Tubuh

Rempah cengkeh mengandung banyak zat gizi penting termasuk mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, vitamin E, dan serat. Vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

14. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat lainnya dari rebusan cengkeh adalah untuk bagian gigi. Cengkeh yang mengandung senyawa eugenol dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri di gusi dan gigi. Hal ini cukup efektif dalam mengatasi peradangan dan infeksi pada gusi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan cengkeh ini untuk mengatasi sakit pada gigi.

15. Menghilangkan Guratan Kasar dari Kulit

Air rebusan cengkeh bisa disuling sehingga menjadi minyak. Nah, minyak ini diyakini efektif dalam menghilangkan noda dan guratan yang ada pada kulit. Noda atau guratan yang disebabkan luka yang kemudian mengering dan meninggalkan bekas, bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak herbal dari cengkeh ini.

16. Menjadi Kondisioner Alami dan Cegah Kebotakan

Bagi Anda yang takut atau sedang mengalami kerontokan rambut dan berimbas pada kebotakan, maka air rebusan cengkeh bisa membantu mengatasinya. Cara membuat olahan cengkeh untuk diaplikasikan pada rambut sebagai kondisioner terbilang sangat mudah. Cukup aplikasikan air rebusan cengkeh pada kulit selama kurang lebih 5-15 menit, kemudian bilas sampai benar-benar bersih.

17. Pengusir Nyamuk

Biasanya masyarakat mengenal tanaman lavender atau jeruk nipis sebagai pengusir nyamuk, tapi cengkeh juga dipercaya memiliki manfaat yang serupa. Caranya yaitu, pilihlah beberapa cengkeh, lalu taburkan (tancapkan) cengkeh-cengkeh tersebut di bagian atas jeruk nipis yang telah diiris sebelumnya. Selanjutnya, letakkan di tempat atau ruang-ruang yang sering dihampiri nyamuk, seperti ruang gelap, di bawah kolong tempat tidur dan ruangan lainnya yang sering menjadi sarang nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *