cara membuat minyak kelapa agar tidak tengik

Cara Membuat Minyak Kelapa agar Tidak Tengik untuk Memasak!

Cara Membuat Minyak Kelapa agar Tidak Tengik – Berdasarkan informasi yang diterima, minyak kelapa bisa disimpan di tempat yang sejuk dan gelap supaya tidak beraroma tengik. Minyak kelapa juga dapat disimpan di dalam kulkas. Akan tetapi, harus dihangatkan kembali jika akan menggunakan minyak tersebut. Cukup masukkan minyak kelapa ke dalam microwave sampai kembali berbentuk cair atau panaskan sebentar bisa dengan menggunakan panci.

Cara menyimpan minyak kelapa tersebut akan bisa membuat minyak ini tahan sampai tiga tahun ke depan. Sebelum menggunakan minyak kelapa, pastikan bahwa minyak kelapa tersebut warnanya tidak terlalu kuning sekali, mengandung jamur, serta aromanya tengik. Bila minyak kelapa tidak mempunyai ciri-ciri di atas, Anda dapat langsung menggunakannya digunakan untuk memasak.

Minyak kelapa dapat digunakan untuk membuat aneka sajian, contohnya seperti kue, kukis, popcorn, atau pun kari. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk menumis serta memanggang. Sebaiknya menggunakan suhu sedang bila ingin membuat makanan berbahan minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa agar Tidak Tengik

1.Memakai Kelapa yang Sudah Tua

Menurut pendapat seseorang, kelapa yang bagus jika dibuat minyak kelapa adalah jenis kelapa yang sudah berumur tua. Jadi Anda harus memilih kelapa dengan kualitas yang bagus dan pastinya juga sudah tua.

Kondisi kelapa seperti itu biasanya mempunyai jumlah atau hasil santan yang banyak serta tidak akan berbau. Terkadang jika ada kelapa yang sudah berbau basi, jika akan dibuat santan maka akan menghasilkan juga santan yang basi. Jika digunakan untuk memasak akan membuat aroma masakan yang tidak enak dan tidak bagus dari minyak kelapa itu sendiri.

Sebenarnya mudah membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, agar bisa meringankan pekerjaan Anda. Sebaiknya Anda menggunakan Mesin Pengupas Kelapa untuk mengupas supaya lebih mudah dan pastinya juga lebih cepat.

2.Masak Santan Menggunakan Api yang Kecil

Santan yang berasal dari buah kelapa yang sudah tua juga harus dimasak selama beberapa jam agar mendapatkan minyak kelapa. Seseorang pernah mengatakan jika ingin membuat minyak kelapa harus menggunakan api kompor dalam keadaan kecil sekali.

Karena jika menggunakan api yang besar, itu akan menghasilkan santan gosong. Sehingga si minyak tersebut juga akan berubah warna, menjadi warna kecoklatan. Maka dari itu, wajib sekali jika membuat minyak kelapa dari santan menggunakan api yang sekecil-kecilnya saja.

Tips Menyimpan Minyak agar Tidak Tengik dan Tahan Lama

1.Menyimpan Minyak di dalam Ruangan yang Gelap

Cahaya termasuk salah satu musuh utama membuat minyak menjadi berbau. Anda mungkin sudah memperhatikan jika banyak produk minyak dikemas dalam botol yang botolnya sangat gelap. Menggunakan wadah plastik atau pun kaca gelap membantu menjaga minyak agar tetap supaya segar dan tahan lebih lama.

Anda dapat juga menyimpan minyak di dalam lemari atau pantry yang gelap untuk mencegah bau pada minyak kelapa Anda. Simpan kemasan minyak dan jauhkan dari cahaya apapun itu.

2.Minyak Dibekukan

Dinginkan atau bekukan terlebih dahulu minyak agar bisa memperpanjang umur simpan. Bila minyak mengental, biarkan hangat sampai mencapai suhu ruang sebelum digunakan untuk memasak. Minyak kelapa atau coconut oil merupakan pilihan yang bagus untuk memasak serta untuk memanggang.

Minyak kelapa dapat disimpan di dalam lemari es dan memiliki umur simpan lebih lama jika Anda bandingkan dengan minyak lainnya karena merupakan lemak jenuh. Bekukan minyak lalu simpan di tempat yang khusus. Selain hal tersebut, jangan simpan minyak di simpan atau terkena suhu panas.

3.Catat Tanggal Pemakaian Minyak

Tips menyimpan minyak supaya tidak bau tengik yang selanjutnya ialah dengan cara mencatat tanggal Anda membeli minyak dan menggunakannya dengan teratur. Ketika sudah mencapai tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan minyak, mungkin telah terlalu tengik untuk digunakan.

Bila Anda tidak terlalu sering menggunakan minyak tersebut, belilah botol yang lebih kecil sehingga Anda tidak perlu lagi terlalu lama untuk menyimpannya.

Minyak berbau tengik di dalamnya mengandung radikal bebas yang diketahui menjadi faktor peradangan serta penghancuran sel dan jaringan. Bila Anda sudah menimbun beberapa botol minyak, Anda perlu melakukan rotasi yang ketat sesuai dengan umur minyak sampai minyak tersebut habis. Sebaiknya menggunakan produk minyak yang sudah dibeli terlebih dahulu.

4.Jauhkan Oksigen dari Minyak yang Disimpan

Cobalah untuk menyimpan minyak di dalam toples, lalu menggunakan perangkat Food Saver untuk mengekstrak oksigen dari toples tersebut.

Anda perlu mencatat konsumsi minyak di rumah Anda, menentukan wadah ukuran apa yang paling cocok jika digunakan untuk menyimpan minyak. Beberapa keluarga ada yang bisa menghabiskan satu galon minyak zaitun hanya dalam beberapa bulan saja. Sebaiknya, membeli minyak dalam wadah yang akan habis dalam kurun waktu 2 bulan atau bahkan bisa kurang dari 2 bulan.

Pentingnya Menyimpan Minyak

Minyak kelapa dapat dengan cepat meningkatkan jumlah kalori dalam harian. Bila Anda sedang dalam program diet, Anda mungkin menghindari minyak. Akan tetapi, bayangkan bila Anda berada dalam situasi darurat dan 100% bergantung pada penyimpanan makanan, khususnya Anda harus menggunakan minyak.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Minyak Kelapa agar Tidak Tengik, semoga bisa memberikan manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *