manfaat minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Jika Digunakan untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa – Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk keperluan memasak saja. Ada berbagai macam manfaat minyak kelapa yang juga baik untuk kesehatan tubuh kita semua, bisa mulai dari menurunkan berat badan sampai bisa juga menjaga kesehatan jantung.

Buah kelapa tidak hanya bisa diolah untuk dijadikan beberapa macam jenis makanan, namun juga menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang baik yaitu minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa yang sudah olahan.

Minyak kelapa murni biasanya diekstrak dari kelapa yang tentunya masih segar tanpa diolah terlebih dahulu menggunakan bahan kimia tambahan atau pun diproses tanpa menggunakan suhu tinggi. Hal tersebut mempunyai tujuan supaya kandungan alami, misalnya seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau pun juga rusak. Senyawa phenolic berguna untuk antioksidan.

Selain itu, senyawa pada minyak kelapa misalnya seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat, bisa mendukung pertumbuhan probiotik pada saluran pencernaan yang berguna untuk melawan bakteri jahat.

Manfaat Minyak Kelapa

1.Menurunkan berat badan

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan Anda. Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk minyak untuk memasak atau pun bisa untuk campuran salad.

Kandungan nutrisi pada minyak kelapa murni dipercaya bisa meningkatkan metabolisme, jadi lemak pada tubuh akan semakin cepat terbakar sehingga akan diubah menjadi energi.

Selain dari itu, penggunaan minyak kelapa juga bisa memberikan efek kenyang lebih yang lama, maka bisa menekan rasa lapar serta mencegah Anda yang akan mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Meski dikatakan baik untuk orang yang ingin mengurangi berat badan atau diet, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk program diet masih terbatas jadi masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Tetapi, perlu diketahui jika dalam hal menurunkan berat badan, Anda tidak hanya dapat mengandalkan dengan penggunaan minyak kelapa saja. Anda harus tetap perlu berolahraga dengan rutin dan menjalani pola makan sehat serta seimbang.

2.Menjaga kesehatan jantung

Kegunaan minyak kelapa bisa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui bisa mencegah terjadinya aterosklerosis, ialah pengerasan dinding pembuluh darah diakibatkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Dengan hal ini, risiko terjangkit penyakit jantung pun akan semakin menurun.

Akan tetapi, bila mempunyai riwayat penyakit jantung, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan para dokter terlebih dahulu terkait konsumsi minyak kelapa supaya jelas semuanya.

3.Mengurangi kadar lemak jahat

Manfaat minyak kelapa lain yang juga dikatakan baik untuk kesehatan tubuh kita semua yaitu bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada tubuh.

Efek ini bisa memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan jika mengonsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik saja. Namun tidak memberikan dampak signifikan dalam penurunan kolesterol total dan lemak jahat di dalam darah.

Maka dari itu, kegunaan minyak kelapa yang satu ini masih perlu diteliti lagi untuk lebih lanjut.

4.Mencegah diabetes

Asam lemak di dalam minyak kelapa di ketahui bisa memperbaiki toleransi glukosa pada tubuh. Dalam kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa terpercaya bisa memperbaiki sensitivitas insulin. Tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut jika ingin membuktikan manfaat ini.

Saat ini, telah banyak produk minyak kelapa murni yang terjual di pasaran serta mudah diperoleh. Dengan harga yang bermacam-macam atau bervariasi. Tetapi, sebelum Anda membelinya, sebaiknya selalu perhatikan petunjuk penggunaan serta tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa tersebut. Supaya Anda tidak salah untuk membeli.

Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter bila Anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk bahan alami untuk menunjang dan memelihara kesehatan. Terlebih, bila Anda mempunyai kondisi medis tertentu.

Sekian artikel tentang Manfaat Minyak Kelapa, semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *