inspirasi usaha sampingan

Inspirasi Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Siapa Saja!

Inspirasi Usaha Sampingan

Memiliki usaha sampingan yang sukses tentunya merupakan impian banyak orang. Tetapi apa saja inspirasi usaha sampingan yang menjadi kunci kesuksesan? Simak terus artikel berikut ya!

1. Jasa Jahit Non Obras

Mesin jahit bekas harga Rp2 jutaan mudah sekali untuk ditemukan, modal jarum dan benang hanya sekitar Rp200 atau Rp300 ribuan.

Untuk yang belum bisa menjahit, kamu juga bisa belajar dengan mengikuti workshop-workshop yang diselenggarakan secara online. Bisa juga mengunjungi situs-situs online yang lain.

2. Katering

Jika kamu punya hobi memasak, katering bisa menjadi insipirasi usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Usaha katering juga bisa dilakukan dengan metode pre-order lho. Kamu membutuhkan modal sekitar Rp2 juta dan tentu saja sudah banyak menu yang bisa dibuat.

3. Jual Jajanan Pasar

Selain memiliki hobi memasak, kamu pasti juga suka membuat aneka jajanan pasar seperti onde-onde, pastel, risol, lumpia dan sebagainya. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan menjualnya. Itu bisa dijadikan inspirasi usaha sampingan yang menjanjikan lho!

4. Warung Sarapan

Sesuai dengan judulnya, warung ini menjual aneka hidangan untuk sarapan. Apalagi jika bukan nasi uduk, nasi ulam, atau nasi kuning, serta lauk pauknya yang sederhana.

Dengan modal etalase dan meja, kamu sudah bisa membuka usaha ini di depan rumah. Dam tentunya ini sangat mudah kan!

5. Toko Kelontong

Saat kamu memiliki usaha toko kelontong biasanya membutuhkan modal sekitar Rp3 juta. Dan yang bisa dijual seperti snack, kopi, roti, air minum, rokok dll. Lambat laun, jika laba sudah bertambah kamu bisa mengembangkan usaha tersebut menjadi jualan sembako.

6. Waralaba Makanan dan Minuman

Kenapa usaha waralaba dipilih? Karena mereka tinggal menjual makanan atau minuman yang sudah mempunyai brand dan target pasar. Bahkan, usaha ini ada yang modal awalnya Rp2 jutaan saja.

7. Jualan Sayur

Jika kamu berkeinginan menjadi tukang sayur, sebelum subuh tiba tentu sudah harus ada di pasar untuk belanja dan borong sayuran. Setelah itu, lanjut ngelapak di depan rumah bermodalkan etalase. Tetangga-tetangga yang ingin mencari sayur-mayur tentu sangat terbantu dengan daganganmu.

8. Frozen Food

Semenjak wabah virus Covid-19 menyebar di Indonesia, banyak bisnis rumahan frozen food yang sudah dirintis.

Selain mudah dan sangat praktis, makanan yang satu ini juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga menjadi pilihan sebagian orang yang malas atau takut pergi mencari makanan keluar rumah.

9. Pembuatan Konten

Ini merupakan usaha online yang terbilang menguntungkan karena cukup banyak ditawarkan para freelance di situs Sribulancer. Artinya, persaingannya memang cukup ketat, tapi jika kamu yakin bisa kenapa harus ragu untuk mencoba? Modal yang dibutuhkan yaitu komputer atau laptop.

Konten yang dibuat sifatnya beragam. Tetapi, yang paling umum adalah tulisan blog. Berbeda dengan tulisan dimedia, tulisan diblog-blog situs yang baru saja dibuat tentunya harus bersifat SEO friendly.

Tujuannya, supaya tulisan disitus tersebut mudah muncul dalam mesin pencarian Google. Dan ketika banyak orang yang sudah meng-klik tulisan itu, traffic atau jumlah pengunjung situs baru tersebut akan bertambah.

10. Menyediakan Jasa Penerjemah

Jasa yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi usaha sampingan karyawan tanpa modal yang menguntungkan. Untuk mencari klien, terlebih dahulu kamu perlu mendatangi situs-situs freelancer yang ada.

Baca Juga : Jenis Usaha Sampingan bagi Pemula Yang Mudah Dicoba!

11. Jasa Desain Grafis dan Multimedia

Kurang lebih, usaha ini tidak jauh beda dengan pembuatan konten. Hanya saja, mereka yang bekerja dibidang ini memang harus bisa menggambar, edit foto, dan juga memanfaatkan software-software editing lainnya.

12. Jasa Pembayaran Online

Peluang seorang karyawan untuk bisa mendapat persetujuan pembuatan kartu kredit umumnya lebih besar ketimbang seorang pengusaha.

Itu sebabnya, ketika kartu kredit sudah ada ditangan, manfaatkanlah saja untuk membuka jasa pembayaran online untuk rekan-rekanmu.

13. Kursus Online

Apakah kamu jago marketingsalesdigital marketing, atau yang lainnya? Buka saja kursus online yang bersifat webinar disaat waktu luang di kantormu. Pastinya seru juga bisa sharing ilmu dengan orang lain, bisa jadi tenar juga!

14. Jasa Jual Properti

Apakah kamu kebetulan berkecimpung didunia marketing atau jago merayu konsumen? Pilihan usaha sampingan yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Modalnya juga tidak banyak, tetapi hasil kerjanya luar biasa. Kamu bisa mendapat komisi yang menggiurkan jika sukses menjual satu unit rumah.

15. Jasa Fotografer

Jika kamu mempunyai bakat sebagai fotografer jangan tidak dikembangkan. Pasalnya, jasa fotografi saat ini sangat dibutuhkan, apalagi untuk mereka yang ingin menggelar pernikahan. Dengan memberi penawaran harga yang terjangkau, dijamin jasa kamu sebagai fotografer akan dibutuhkan.

16. Jasa Agen Asuransi

Jasa yang satu ini sangat potensial melihat jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan asuransi terbilang masih sangat kecil dibandingkan negara lainnya. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mencoba usaha sampingan ini!

17. Influencer

Hampir semua mahasiswa tidak pernah lepas dari apa yang namanya medsos. Kenapa tidak menjadi selebgram saja atau influencer?

Kamu bisa mendapat penghasilan lewat endorsement lho. Dengan syarat, akun medsosmu juga harus terlihat rapi dan followers-mu juga harus banyak.

18. Instruktur Olahraga

Kamu memiliki hobi olahraga, berbadan atletis, dan punya banyak waktu luang untuk latihan dan istirahat? Daripada waktu luang dimanfaatkan buat nongkrong dan menghabiskan uang, lebih baik kamu memanfaatkannya untuk mengajar.

Modalnya hanya pakaian olahraga yang mumpuni. Tujuannya, supaya klien menjadi percaya latihan bersama kamu.

19. Jasa Titip (jastip)

Karyawan kerap menjalani usaha satu ini. Namun, karena waktu yang fleksibel, kamu yang masih menjadi mahasiswa bisa mulai meliriknya.

Jasa ini tidak mesti berbentuk jastip luar negeri, tetapi bisa jastip ke Bogor, outlet-outlet ritel, atau pameran pun bisa.

20. Reseller Pakaian

Jika kamu merupakan mahasiswa yang punya waktu cukup fleksibel maka tidak sulit untuk blusukan ke pasar mencari pakaian untuk nantinya dijual lagi.

Pakaian yang bisa dijual seperti pakaian muslim, batik, atau kaos-kaos oblong juga bisa. Jangan salah, sudah banyak yang sukses dengan usaha ini lho!

Itu tadi beberapa contoh dari inspirasi usaha sampingan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *